|
Welcome To My Website Kebajikan (De 德)......KEBAJIKAN ( De 德 ) Mengucapkan Xin Nian Kuai Le (新年快乐) 2571 / 2020...Xīnnián kuàilè, zhù nǐ jiànkāng chángshòu, zhù nǐ hǎo yùn..Mohon Maaf Blog ini masih dalam perbaikan....Dalam era kebebasan informasi sekarang, hendaknya kita dapat lebih bijak memilah, mencerna dan memilih informasi yang akurat. Kami menempatkan kepentingan pembaca sebagai prioritas utama. Semangat kami adalah memberikan kontribusi bagi pembaca agar dapat meningkatkan Etika dan Moral dalam kehidupan serta meningkatkan Cinta kasih tanpa pamrih pada sesama baik dalam lingkup lingkungan sekitar maupun lingkup dunia dan menyajikan keberagaman pandangan kehidupan demi meningkatkan pemahaman dan penghargaan terhadap kehidupan. Tanpa dukungan Anda kami bukan siapa-siapa, Terima Kasih atas kunjungan Anda

Minggu, 22 Juli 2012

Ketika Dikritik, Seharusnya Kita Berterima Kasih

 

Menjadi orang yang berterima kasih ketika dikritik adalah contoh teladan yang merupakan intisari dari kebudayaan Tiongkok kuno.

Kritik dan komentar dari orang lain tidak ditangkis untuk melindungi diri, melainkan digunakan untuk mengoreksi dan memperbaiki diri.


Seperti kata Perenungan Master Cheng Yen, " 受人批評, 應感恩對Ketika dikritik orang, kita seharusnya berterima kasih padanya." Dibawah ini adalah beberapa contoh nyata dari teladan tersebut.

Setelah mendengar orang lain menunjukkan kesalahan kita, kita perlu untuk menghadapi kesalahan-kesalahan dengan kepala dingin dan memiliki ketabahan dan keberanian untuk belajar dari orang lain. Jika kita dapat menyadarinya serta dapat keluar dari pola berpikir yang menyimpang, maka seseorang akan sangat berterima kasih kepada orang yang mengkritiknya.

Dapat menyadari dengan menerima kekurangan dan kelemahan diri sendiri, maka seseorang akan menjadi seekor kuda yang dapat berlari dengan cepat ribuan mil, bahkan dalam proses pertumbuhan dapat maju dengan pesat. Sejarah berfungsi sebagai cermin.

Hanya dengan menjadi pendengar yang baik kita bisa menjadi bijaksana. Hanya dengan memperbaiki kesalahan kita, melakukan perbuatan baik, dan terus menerus melihat ke dalam, kita bisa memiliki pemahaman yang matang tentang diri kita dan dunia di sekitar kita.

Kaisar Shun, abad 23-22 SM pemimpin Tiongkok kuno, memberi contoh prilaku senang jika rakyatnya mengkritik kesalahan-kesalahannya. Di bawah kepemimpinannya, ia mengantarkan era baru pemerintahan yang efektif dan reformasi sosial yang harmonis.

Ia memerintahkan menanam berbagai benih biji-bijian berdasarkan perhitungan kondisi musim.

Dia memperkenalkan irigasi dengan membangun saluran dan sistem drainase. Dia mengeruk sungai, mengendalikan banjir, ia menunjuk pejabat yang berpengetahuan dalam bidangnya untuk mengawasi pertamanan, pertanian, pendidikan, keadilan, dan aspek penting lain dari masyarakat.

Kaisar Shun menjadi kaisar persatuan terbesar suku di Tiongkok tengah. Secara historis, suku ini dianggap sebagai salah satu nenek moyang pertama peradaban Tiongkok yang menekankan kebajikan dan keselarasan dengan hukum alam.

Mencius, seorang filsuf mengajarkan para siswa tentang Kaisar Shun, Konfusius, dan Zilu, seorang murid Konfusius, mereka mengatakan tiga kalimat, bagaimana baiknya menghadapi kritik dan memperbaiki diri.

Mencius mengatakan kepada murid-muridnya: "Kaisar Shun memberi hormat dan respek kepada orang lain saat mereka menunjukkan kelemahannya. Dia tidak pernah berhenti belajar dari orang lain dan memperbaiki diri. Sejak dari muda saat ia masih bertani, menjadi pengerajin gerabah dan menjadi nelayan, Shun meniti karir untuk menjadi kaisar.

Dia mendengarkan sungguh-sungguh keluhan dan masukan dari rakyat kecil untuk memperbaiki pemerintahan agar rakyatnya sejahtera, dan seumur hidupnya dia tetap terbuka untuk belajar dari orang lain.. "

Li Shimin, yang dikenal sebagai Kaisar Tang Taizong, 599-649, juga seorang kaisar bijak - baik hati. Selama pemerintahan Dinasti Tang (627-649), Tiongkok mencapai kegemilangan, yang dikenal sebagai Tahun Emas Zhenguan.



Suatu hari pada tahun kedelapan belas dari era Zhenguan, Kaisar Taizong mengadakan sidang dengan berbagai menteri di pengadilan kekaisaran. Dia berkata: "Saya ingin mendengarkan komentar Anda tentang kesalahan saya. Harap hanya fokus pada kesalahan saya dan berbicara dengan bebas."


Li Ji, seorang pejabat peringkat menengah tidak setuju dan berkata, "Baru-baru ini seseorang menyampaikan saran tertulis yang tidak berkenan di hati Yang Mulia. Anda memarahi dan menginterogasi pejabat tersebut di depan semua orang. Pejabat akhirnya mundur dengan rasa malu. Pendekatan ini tidak mendorong pejabat untuk memberikan kritik yang membangun. " Taizong senang dan berkata, "Apa yang Anda katakan adalah benar. Kesalahan tersebut akan saya perbaiki!"

Tidak ada komentar:
Write komentar