|
Welcome To My Website Kebajikan (De 德)......KEBAJIKAN ( De 德 ) Mengucapkan Xin Nian Kuai Le (新年快乐) 2571 / 2020...Xīnnián kuàilè, zhù nǐ jiànkāng chángshòu, zhù nǐ hǎo yùn..Mohon Maaf Blog ini masih dalam perbaikan....Dalam era kebebasan informasi sekarang, hendaknya kita dapat lebih bijak memilah, mencerna dan memilih informasi yang akurat. Kami menempatkan kepentingan pembaca sebagai prioritas utama. Semangat kami adalah memberikan kontribusi bagi pembaca agar dapat meningkatkan Etika dan Moral dalam kehidupan serta meningkatkan Cinta kasih tanpa pamrih pada sesama baik dalam lingkup lingkungan sekitar maupun lingkup dunia dan menyajikan keberagaman pandangan kehidupan demi meningkatkan pemahaman dan penghargaan terhadap kehidupan. Tanpa dukungan Anda kami bukan siapa-siapa, Terima Kasih atas kunjungan Anda

Jumat, 10 Agustus 2012

Jasa Besar Xiao He

 

Kaisar Dynasty Han Liu Bang berkata bahwa semua anak buahnya memainkan peran penting. Namun, menurutnya, Xiao He ( 萧何 ) adalah yang paling menonjol.

Suatu ketika saat dinasti Qin runtuh, Tiongkok dalam  pemberontakan heroik. Liu Bang memimpin dan menyerang Kota Xianyang. Semua orang berebutan ke gudang pemerintah, merampok emas dan sutera. Hanya Xiao He yang menyimpan dokumen tentang hukum, atlas geografis, dan dokumen pendaftaran kependudukan.

Liu Bang dan Xiang Yu kemudian bersaing untuk memperebutkan daratan Tiongkok. Dari dokumen yang diselamatkan Xiao He, Liu Bang dapat mengetahui secara rinci pengaturan penduduk, jumlah penduduk dan janda, berbagai hasil produksi daerah berikut keunggulan dan kelemahannya, mendapatkan semua rahasia Tiongkok.

Han Xin adalah seorang  yang  berbakat, tapi selalu tidak dipandang mata oleh Liu Bang. Setelah Xiao He tahu Han Xin kabur, Xiao He mengejar Han Xin semalaman untuk mengajak dia kembali. Atas saran Xiao He, Liu Bang mengangkat Han Xin jadi Panglima Besar, sejak itu Liu Bang selalu menang, dan akhirnya juga memenangkan perang  dengan Xiang Yu yang kuat.

Dunia telah damai, Liu Bang memberi hadiah kepada pejabat berjasa dan hadiah untuk Xiao He paling banyak. Sekelompok pejabat lain tidak terima, dan berkata, ”Kami berpakaian militer, mempertaruhkan hidup atau mati, ikut dalam berbagai peperangan, baru negara bisa sukses begini. Xiao He tidak pernah ke garis depan,cuma di belakang meja menulis mengapa diberi hadiah melebihi kami?”

Liu Bang pun menjelaskan, ”Saat berburu, mengejar buruan pasti ada jasa, tapi orang yang tahu buruan ada dimana, jasanya lebih besar, kalian tidak bisa dibandingkan dengan Xiao He".

Tidak ada komentar:
Write komentar