|
Welcome To My Website Kebajikan (De 德)......KEBAJIKAN ( De 德 ) Mengucapkan Xin Nian Kuai Le (新年快乐) 2571 / 2020...Xīnnián kuàilè, zhù nǐ jiànkāng chángshòu, zhù nǐ hǎo yùn..Mohon Maaf Blog ini masih dalam perbaikan....Dalam era kebebasan informasi sekarang, hendaknya kita dapat lebih bijak memilah, mencerna dan memilih informasi yang akurat. Kami menempatkan kepentingan pembaca sebagai prioritas utama. Semangat kami adalah memberikan kontribusi bagi pembaca agar dapat meningkatkan Etika dan Moral dalam kehidupan serta meningkatkan Cinta kasih tanpa pamrih pada sesama baik dalam lingkup lingkungan sekitar maupun lingkup dunia dan menyajikan keberagaman pandangan kehidupan demi meningkatkan pemahaman dan penghargaan terhadap kehidupan. Tanpa dukungan Anda kami bukan siapa-siapa, Terima Kasih atas kunjungan Anda

Minggu, 22 Desember 2013

Pepatah Cina, Hai ren zhi xin bu ke you, Fang ren zhi xin bu ke wu ( 害人之心不可有, 防人之心不可无 )

 


Ada sebuah ungkapan Pepatah Cina yang mengatakan, "Hai ren zhi xin bu ke you, Fang ren zhi xin bu ke wu ( 害人之心不可有, 防人之心不可无 )," yang artinya Manusia tidak boleh mempunyai niat untuk mencelakakan orang lain, tapi tetap harus punya dan memelihara kewaspadaan setiap waktu.
Sebagai manusia yang memiliki etika moral standar sebagai manusia, maka kita dilarang untuk mempunyai niat jahat sekecil apapun dalam pergaulan sehari-hari, walaupun demikian kita juga dianjurkan untuk selalu waspada (Bukan curiga) terhadap semua tingkah laku orang lain yang punya niat jahat dan tidak punya aturan.

Jadi kalau saja setiap orang sudah selalu punya niat yang baik terhadap orang lain, apa lagi sudah dilandasi dengan sikap tanpa pamrih, maka walaupun dihujat atau disanjung bagi dirinya akan terasa sama saja, tidak ada arti khusus apa-apanya lagi.  

Dalam hal ini memang jelas lebih gampang ngomong daripada melaksanakan, namun tetap saja bisa, kalau anda mau dan bertekad untuk melakukannya dalam kehidupan sehari-hari.
 
Yang terjadi sekarang ini kan, "DUNIA KEMUNAFIKAN," banyak manusia-manusia yang sudah kotor hati nuraninya, sehingga sering muncul orang-orang yang, "INGIN MENYAPU LANTAI YANG SUDAH BERSIH DENGAN SAPU KOTOR MEREKA SENDIRI."  

Bagaimana bisa bersih lantainya, justru lantai yang tadinya bersih malah jadi kotor oleh kotoran hati nurani orang-orang itu sendiri. Makanya ada nasehat yang mengatakan bahwa, "BILA KAMU INGIN MEMBERSIHKAN ORANG LAIN, MAKA BERSIHKAN DULU DIRIMU SENDIRI."

Jadi intinya adalah jangan usil pada orang lain, kalau masih belum mampu untuk bersikap tanpa pamrih. Karena akibatnya begitu kena hujat sedikit saja, maka pasti sudah tidak bisa tidur sampai berhari-hari lamanya. Hendaknya kita bisa bersikap bijak dalam menghadapi dan menjalani kehidupan di jaman sekarang ini.


Jika anda merasa artikel ini bermanfaat dan menurut Anda bisa mengilhami orang untuk menjadi baik dan berbuat kebajikan, maka anda dipersilahkan untuk mencetak dan mengedarkan semua artikel yang dipublikasikan pada Blog Kebajikan ( De 德 ) ini. Mengutip atau mengcopy artikel di Blog ini harus mencantumkan Kebajikan ( De 德 ) sebagai sumber artikel.

Tidak ada komentar:
Write komentar