|
Welcome To My Website Kebajikan (De 德)......KEBAJIKAN ( De 德 ) Mengucapkan Xin Nian Kuai Le (新年快乐) 2571 / 2020...Xīnnián kuàilè, zhù nǐ jiànkāng chángshòu, zhù nǐ hǎo yùn..Mohon Maaf Blog ini masih dalam perbaikan....Dalam era kebebasan informasi sekarang, hendaknya kita dapat lebih bijak memilah, mencerna dan memilih informasi yang akurat. Kami menempatkan kepentingan pembaca sebagai prioritas utama. Semangat kami adalah memberikan kontribusi bagi pembaca agar dapat meningkatkan Etika dan Moral dalam kehidupan serta meningkatkan Cinta kasih tanpa pamrih pada sesama baik dalam lingkup lingkungan sekitar maupun lingkup dunia dan menyajikan keberagaman pandangan kehidupan demi meningkatkan pemahaman dan penghargaan terhadap kehidupan. Tanpa dukungan Anda kami bukan siapa-siapa, Terima Kasih atas kunjungan Anda

Minggu, 07 September 2014

Cara Makan Kue Bulan (月饼) yang Sehat

 


KEBAJIKAN (De 德) -  Kue bulan (Yue bing / 月饼) adalah salah satu makanan tradisional Tionghoa yang biasanya dimakan pada perayaan Festival Pertengahan Musim Gugur, yang dalam bahasa Mandarin disebut dengan ZhongQiu Jie.  


Kue bulan tradisional pada dasarnya berbentuk bulat, melambangkan kebulatan dan keutuhan. Namun seiring perkembangan zaman, bentuk-bentuk lainnya muncul menambah variasi dalam komersialisasi kue bulan.


Di Indonesia, kue bulan biasanya dikenal dengan sebutan Tiong Ciu Pia. Festival ini dirayakan setiap tanggal 15 bulan 8 penanggalan Imlek, yaitu antara bulan September atau Oktober. Pada tahun ini, jatuh pada tanggal 8 September 2014.

Biasanya festival ini dirayakan dengan berkumpul bersama keluarga sambil memakan kue bulan dan menikmati indahnya bulan purnama. Kue bulan tradisional berbentuk bulat dan biasanya dimakan dalam potongan-potongan kecil dan disajikan dengan Minum Teh sambil makan kue bulan di bawah sinar bulan purnama bersama keluarga akan menginspirasi anda dengan cita rasa klasik yang elegan dan sistem kekeluargaan yang erat dalam budaya cina.

Dulu, sudah menjadi kebiasaan bagi ibu rumah tangga untuk membuat kue bulan di rumah menjelang perayaan. Tapi, karena sekarang sudah banyak tersedia di pasaran, maka jarang sekali orang membuat kue bulan di rumah. Bahkan restoran-restoran pun turut meramaikan festival ini.

Isi dari kue bulan berbeda-beda tergantung dari masing-masing tradisi suatu tempat. Tapi isi yang paling sering dipakai adalah : biji bunga teratai (lian rong),kacang-kacangan yaitu kacang merah, kacang hijau dan kacang hitam yang biasanya di sebut tau sa (dou sha), dan kuning telur yang ditaruh di tengah kue yang melambangkan bulan purnama.

Namun seiring dengan perkembangan zaman telah bermunculan berbagai macam bentuk dan rasa baru, seperti kue bulan dalam bentuk es krim, kue bulan yang berisi coklat, sayur dan buah-buahan seperti melon, nanas, stawberry, jeruk, lychee.
 

A. Bagaimana memilih kue bulan yang enak dan menyehatkan?


 

Pada dasarnya memakan kue bulan semua jenis isian dan rasa, tidak mengganggu kesehatan asal tidak berlebihan, namun untuk menyehatkan badan tidak ada salahnya anda lebih selektif memilih rasa dan isi dari kue bulan yang kamu makan.

1. Untuk Anak anak

Semua jenis rasa dan isian adalah baik karena mereka dalam masa pertumbuhan sehingga nutrisi apapun yang dimakan akan berguna dan tidak merusak kesehatan.

2. Untuk Dewasa

Lebih baik memilih isian berupa biji bijian (almond, Teratai, Kacang tanah, Kacang Hitam, dll) yang mengandung mineral dan vitamin yang baik untuk kecantikan untuk isian keju, daging, telor boleh dimakan tapi sepotong kecil saja (tidak lebih dari 1/4 kue), Bagi orang dewasa lebih baik memakan isi yang vegetarian karena sehari hari bisanya kita lebih suka memakan daging dari pada sayur.

3. Untuk yang Sudah Berumur

 
Hindari kue bulan yang berisi Kuning Telor karena meskipun kuning telur kaya vitamin A, E yang memiliki fungsi antioksidan. Namun, kuning telur juga kaya kolesterol, dimana orang-orang tua harus menghindari.

4. Untuk Penderita Diabetes

 
Untuk setiap 1/4 kue bulan yang anda makan, lebih baik anda meminum 2 gelas air putih untuk mengencerkan glukosa dari kue yang manis agar tidak terjadi kenaikan gula darah yang tinggi, dan anda harus berjalan sedikitnya 1000 langkah sebagai konsekuensi dari kenekatan anda menyantap SI MANIS.

B. Pantangan Makan Kue Bulan

1. Jangan makan kue bulan lebih dari 1 kue dalam sehari.

Beberapa pecinta kue bulan, terutama kaum muda, yang suka kue bulan akan mengambil kue bulan sebagai makan malam dan makan beberapa kue dalam satu hari. Berdasarkan prinsip makan sehat hal adalah tidak pantas untuk makan lebih dari satu kue bulan dalam satu hari. Tidak peduli berapa besar Anda mencintai kue bulan dan berapa lama anda harus menunggu Si Moon Cake muncul lagi tahun depan.

2. Kenapa anda tidak boleh makan lebih dari 1 kue sehari ?

 
Karena gula dan lemak satu kue bulan mengandung lebih tinggi daripada nasi. Asupan harian gula pada rata rata orang normal tidak boleh lebih dari 10 sendok teh dan isi gula dalam satu kue bulan dapat mencapai 14 sendok teh yang lebih dari kebutuhan tubuh sepanjang hari.

Asupan lemak harian yang dapat diterima tidak lebih dari 13 sendok teh, sedangkan isi lemak dalam satu kue bulan bisa mencapai 6 sendok teh. Hal ini direkomendasikan oleh ahli yang satu tidak akan makan kue bulan yang berlebihan.

Saat makan kue bulan, lebih baik untuk membagi kue untuk potongan-potongan yang lebih kecil dan berbagi dengan keluarga dan teman-teman untuk menghindari asupan berlebihan lemak dan gula. Kue bulan juga tidak boleh disajikan sebagai pencuci mulut setelah makan karena mengandung serat terlalu sedikit untuk menjadi pengganti buah.

C. Minumlah teh


Minum teh setelah makan kue bulan berguna untuk menyeimbangkan asupan serat yang minim pada kue bulan. Para dokter menyarankan makan kue bulan tiga jam setelah makan.

Makan kue bulan sebelum perut benar-benar mencerna makanan akan menyebabkan gastrectasia dan menyebabkan pencernaan yang buruk. Hal ini sangat dianjurkan untuk tidak makan kue bulan untuk camilan tengah malam.
Salam kebajikan

Tidak ada komentar:
Write komentar