|
Welcome To My Website Kebajikan (De 德)......KEBAJIKAN ( De 德 ) Mengucapkan Xin Nian Kuai Le (新年快乐) 2571 / 2020...Xīnnián kuàilè, zhù nǐ jiànkāng chángshòu, zhù nǐ hǎo yùn..Mohon Maaf Blog ini masih dalam perbaikan....Dalam era kebebasan informasi sekarang, hendaknya kita dapat lebih bijak memilah, mencerna dan memilih informasi yang akurat. Kami menempatkan kepentingan pembaca sebagai prioritas utama. Semangat kami adalah memberikan kontribusi bagi pembaca agar dapat meningkatkan Etika dan Moral dalam kehidupan serta meningkatkan Cinta kasih tanpa pamrih pada sesama baik dalam lingkup lingkungan sekitar maupun lingkup dunia dan menyajikan keberagaman pandangan kehidupan demi meningkatkan pemahaman dan penghargaan terhadap kehidupan. Tanpa dukungan Anda kami bukan siapa-siapa, Terima Kasih atas kunjungan Anda

Jumat, 15 Mei 2015

Teknik-Teknik Pernafasan untuk Tingkatkan Stamina Bag.2

 


KEBAJIKAN ( De 德 ) Tahukah Anda bahwa kesehatan dan kebugaran dapat ditingkatkan hanya dengan belajar bernafas dengan benar. Bernafas dengan benar akan mengoptimalkan oksigenasi ke otot dan organ internal.

Bahaya bernafas berlebihan

 
Berlawanan dengan kepercayaan orang pada umumnya, karbondioksida bukanlah sekedar gas buangan. Meskipun kita bernafas untuk membuang kelebihan CO2, namun sangat penting volume pernafasan Anda normal, untuk dapat mempertahankan kadar CO2 tertentu dalam aliran darah Anda.

Seperti yang dijelaskan oleh Patrick, jika bernafas terlalu banyak, Anda akan kehilangan karbondioksida, yang menyebabkan otot-otot halus di sekitar saluran udara mengerut. Hal ini menciptakan umpan balik negatif yang dapat menyebabkan hiperventilasi kronis dan berpotensi asma.

Meskipun Anda mungkin percaya bahwa mengambil nafas lebih dalam melalui mulut akan memungkinkan Anda mengambil lebih banyak oksigen ke dalam tubuh, yang semestinya dapat membuat Anda merasa lebih baik, namun justru sebaliknya yang terjadi. Anda dapat mengujinya dengan mengambil lima atau enam nafas besar keluar masuk melalui mulut. Kebanyakan orang akan mulai mengalami sedikit pusing atau pening.

Hal ini terjadi karena Anda telah menghilangkan terlalu banyak karbondioksida dari aliran darah, yang menyebabkan pembuluh darah Anda terbatasi, maka terjadilah pusing. Jadi, lebih berat Anda bernafas, semakin sedikit oksigen yang diantarkan ke seluruh tubuh karena kurangnya karbondioksida, yang menyebabkan pembuluh darah menyempit. Hilangnya karbondioksida yang disebabkan oleh nafas berat juga mengurangi aliran darah ke jantung, yang dalam beberapa kasus bisa menyebabkan serangan jantung.

Pelajari diafragma pernafasan untuk mengatasi stres


Seperti tercantum dalam Men’s Health Magazine, jika Anda terlalu stres, latihan relaksasi pernafasan diafragma mungkin yang terbaik untuk Anda lakukan pada saat itu. Pelatih kebugaran Geoff Neupert menulis:

“Di sini adalah beberapa manfaat penting berlatih pernafasan diafragma secara teratur. Anda dapat melakukannya untuk menggantikan olahraga ketika terlalu stres ... atau dapat melakukannya di akhir latihan Anda ... Berikut cara untuk melakukannya: Pilih posisi yang nyaman untuk berbaring, baik di perut ataupun punggung. 


Kemudian tutup mata Anda, pikirkan tentang liburan favorit Anda, dan selanjutnya hanya bernafas selama 5 menit atau lebih. Anda tidak hanya akan terkejut dengan seberapa hal baik yang dirasakan setelah melakukannya, namun juga seberapa baik Anda akan tidur malam itu dan bagaimana Anda akan merasa pulih untuk latihan berikutnya. Tentu saja, pernafasan diafragma mungkin bukanlah ‘obat’, tapi itu mungkin yang Anda butuhkan untuk mengakhiri hari-hari yang menyiksa.”

Sekali lagi, di saat melakukan hal ini, pastikan untuk bernafas melalui hidung. Pernafasan hidung memiliki efek samping otomatis yang membantu Anda bernafas lebih ringan, tidak hanya dapat membantu rhinitis dan hidung tersumbat kronis, yang sering kali hasil dari pernafasan mulut, tetapi juga membantu mengurangi kecemasan dan panik. Ingatlah, lebih dalam dan lebih cepat Anda bernafas, semakin terbatas pembuluh darah Anda, yang berarti lebih sedikit oksigen yang akan dikirimkan ke dalam jaringan otot, termasuk jantung dan otak.

Jadi trik ini adalah bernafas secara ringan dan merata, melalui hidung, dengan fokus pada pernafasan diafragma Anda daripada dada. Hal ini akan memperlambat dan mengatur sirkulasi pernafasan Anda, meningkatkan oksigenasi, dan memiliki efek menenangkan karena mengaktifkan sistem saraf parasimpatis. Salam kebajikan (Sumber)

Tidak ada komentar:
Write komentar