|
Welcome To My Website Kebajikan (De 德)......KEBAJIKAN ( De 德 ) Mengucapkan Xin Nian Kuai Le (新年快乐) 2571 / 2020...Xīnnián kuàilè, zhù nǐ jiànkāng chángshòu, zhù nǐ hǎo yùn..Mohon Maaf Blog ini masih dalam perbaikan....Dalam era kebebasan informasi sekarang, hendaknya kita dapat lebih bijak memilah, mencerna dan memilih informasi yang akurat. Kami menempatkan kepentingan pembaca sebagai prioritas utama. Semangat kami adalah memberikan kontribusi bagi pembaca agar dapat meningkatkan Etika dan Moral dalam kehidupan serta meningkatkan Cinta kasih tanpa pamrih pada sesama baik dalam lingkup lingkungan sekitar maupun lingkup dunia dan menyajikan keberagaman pandangan kehidupan demi meningkatkan pemahaman dan penghargaan terhadap kehidupan. Tanpa dukungan Anda kami bukan siapa-siapa, Terima Kasih atas kunjungan Anda

Minggu, 21 Februari 2016

Perayaan Cap Go Meh (十五暝)

 


KEBAJIKAN ( De 德 ) -  Perayaan Cap Go Me (十五暝) atau Yuan Xiaojie (元宵节) yang jatuh pada tanggal 15 bulan pertama Lunar Tionghoa (22 Februari 2016) merupakan hari ke 15 yang menandakan masa berakhirnya seluruh perayaan Tahun Baru Imlek yang berlangsung selama lima belas hari bagi orang Tionghoa di seluruh dunia. Istilah ini berasal dari dialek Hokkien dan secara harafiah berarti hari kelima belas dari bulan pertama (Cap = Sepuluh, Go = Lima, Meh = Malam).

Bulan Pertama (Zhen Yue [正月]) dalam penanggalan Imlek disebut juga dengan istilah “Yuan Yue [元月]”. Dalam bahasa Mandarin, Malam disebut juga dengan istilah “Xiao [宵]”. Jadi Yuan Xiao artinya adalah Malam dengan Bulan Purnama pertama dalam Tahun yang baru. Festival “Yuan Xiao” disebut juga dengan Festival “Shang Yuan [上元节].

Menurut tradisi rakyat Tiongkok, Cap Go Me adalah salah satu hari raya tradisional Tiongkok. Baca: Cerita Rakyat Tentang Perayaan Cap Go Me 

Pada malam itu, rakyat Tiongkok dan Taiwan mempunyai kebiasaan memasang lampion berwarna-warni, maka festival ini juga disebut sebagai “hari raya lampion”.  Baca: Tradisi Festival lampion, Tarian Lampu Naga dan Tradisi Festival Lampion, Menebak Teka Teki Lampion (灯谜)  

Makan onde-onde juga merupakan bagian penting pada hari raya Cap Go Meh. Baca: Tradisi Makan Yuanxiao (元宵) dan Legenda Yuanxiao (元宵)
 
Di Asia Tenggara Cap Go Meh dikenal sebagai hari Valentine Tionghoa, masa ketika wanita-wanita yang belum menikah berkumpul bersama dan melemparkan jeruk ke dalam laut - suatu adat yang berasal dari Penang, Malaysia.

Selamat merayakan Cap Go Me....Salam kebajikan

Tidak ada komentar:
Write komentar