|
Welcome To My Website Kebajikan (De 德)......KEBAJIKAN ( De 德 ) Mengucapkan Xin Nian Kuai Le (新年快乐) 2571 / 2020...Xīnnián kuàilè, zhù nǐ jiànkāng chángshòu, zhù nǐ hǎo yùn..Mohon Maaf Blog ini masih dalam perbaikan....Dalam era kebebasan informasi sekarang, hendaknya kita dapat lebih bijak memilah, mencerna dan memilih informasi yang akurat. Kami menempatkan kepentingan pembaca sebagai prioritas utama. Semangat kami adalah memberikan kontribusi bagi pembaca agar dapat meningkatkan Etika dan Moral dalam kehidupan serta meningkatkan Cinta kasih tanpa pamrih pada sesama baik dalam lingkup lingkungan sekitar maupun lingkup dunia dan menyajikan keberagaman pandangan kehidupan demi meningkatkan pemahaman dan penghargaan terhadap kehidupan. Tanpa dukungan Anda kami bukan siapa-siapa, Terima Kasih atas kunjungan Anda

Sabtu, 28 Mei 2011

Kesempurnaan Adalah Kebajikan Jalan Tengah

 

Apa yang dianugerahkan langit disebut alam . Mengikuti sesuatu yang alami adalah jalan . Mengembangkan dan menjelaskan jalan disebut pendidikan . Jalan tak boleh diabaikan meskipun hanya sesaat ! Jika sesuatu bisa diabaikan maka itu bukan jalan .

Orang mulia selalu berhati-hati meskipun tak seorang pun melihatnya, dan selalu waspada meskipun tak ada yang mencuri dengar pembicaranya . Tak ada yang lebih terbuka daripada rahasia seseorang . Tak ada yang lebih tampak jelas daripada hal kecil yang dilakukan seseorang . Karena itu , orang mulia sangat berhati=hati bila sedang sendirian.

Ada keseimbangan sebelum terjadi kegembiraan , kemarahan, kesedihan / kesenangan .
Ada keharmonisan apabila emosi bergerak sesuai situasi dan kondisi. Keseimbangan adalah sifat asli semua benda di bawah langit . Keharmonisan adalah jaln bagi semua manusia di bawah langit . Apabila keseimbangan dan keharmonisan tercapai , langit dan bumi akan tenang dan semua benda akan mendapatkan makanan dan akan tumbuh .

Kong hu cu berkata : Orang mulia selalu bertindak dijalan tengah , orang licik biasanya bertindak diluar jalan tengah. Orang mulia dapat bertindak di jalan tengah , karena kehidupannya sederhana dan seadanya. Sebaliknya , orang licik bertindak menyimpang dari jalan tengah , karena tidak hati-hati . Mereka suka bertindak ceroboh.

Kong hu cu berkata : Kesempurnaan adalah kebajikan jalan tengah ! Namun , sekarang manusia sudah lama tak melakukannya Saya tahu mengapa jalan tengah tak mudah dijalani ! Orang pintar sering melewati , karena mengira naskah itu tak patut diperhatikan . Orang bodoh segan melakukannya karena tidak memahami naskah itu . Saya tahu mengapa jalan tengah tidak dilaksanakan : Orang pandai melewatinya dan orang bodoh tak bisa memahaminya. Semua orang makan , tetapi hanya sedikit yang menikmatinya.

Semua orang berkata : Kami tahu . Tetapi mereka tidak bisa menghindar dari jaring / perangkap . Semua orang berpikir dirinya bijaksana . Tetapi mereka tak bisa bertahan sampai sebulan , meskipun sudah memutuskan akan mengikuti jalan tengah, Meskipun sudah tahu keuntungan mengikuti jalan tengah , tetapi orang pintar sering tak melaksanakannya . Mereka tahu , tetapi tak bisa melakukan . Apakah mereka benar-benar tahu ?

Yen Hui adalah salah seorang yang memilih mengikuti jalan tengah. Ketika berhasil menemui jalan tengah , dia memegangnya erat-erat dan mematrikannya di kalbunya agar tak hilang. Apabila kamu sudah menemukan jalan tengah , peganglah jalan tengah itu erat-erat , karena jika kamu melaluinya kamu akan menemukan ketenangan.
Kong hu cu berkata : Kerajaan yang agung dan keluarga besar dapat diatur dengan baik . jabatan tinggi dan hadiah besar dapat ditolak . Baja yang tajam dan pisau penutup dapat diinjak dengan kaki telanjang . Namun , betapa sulitnya mencapai jalan tengah . Tujuan jalan tengah , begitu sulitkah untuk mencapainya ? Hal itu seperti seseorang melewatinya / seseorang tak dapat mencapainya .

Beberapa orang sengaja menguak misteri yang tersembunyi dan menciptakan keajaiban agar namanya disebut-sebut oleh generasi mendatang , aku takkan melakukan hal itu . Beberapa orang mengikuti jalan tengah dan berhenti ditengah jalan . aku juga tak melakukan hal itu . Orang mulia akan tetap bertahan di jalan tengah . ia tak akan pernah menyesal , meskipun harus hidup seperti pertapa . hanya oarang bijak yang dapat melakukan hal ini .

Jalan orang mulia luas , tetapi tetap bersembunyi. Biasanya , lelaki dan perempuan bodoh tahu hal itu. Namun , dalam proses penyempurnaannya , orang bijak pun akan menemukan hal-hal yang tidak dipahaminya. Dalam praktek , biasanya pria dan wanita yang tak berpendidikan bisa melaksanakannya. Namun , dalam proses penyempurnaannya orang bijak pun akan menemukan hal-hal yang tak bisa diprakteknnya. Pengetahuan dan praktek jalan tengah , siapa yang dapat mencapainya ? Bukankah hal ini tergantung pada sifat dan usaha seseorang ?

Tidak ada komentar:
Write komentar