|
Welcome To My Website Kebajikan (De 德)......KEBAJIKAN ( De 德 ) Mengucapkan Xin Nian Kuai Le (新年快乐) 2571 / 2020...Xīnnián kuàilè, zhù nǐ jiànkāng chángshòu, zhù nǐ hǎo yùn..Mohon Maaf Blog ini masih dalam perbaikan....Dalam era kebebasan informasi sekarang, hendaknya kita dapat lebih bijak memilah, mencerna dan memilih informasi yang akurat. Kami menempatkan kepentingan pembaca sebagai prioritas utama. Semangat kami adalah memberikan kontribusi bagi pembaca agar dapat meningkatkan Etika dan Moral dalam kehidupan serta meningkatkan Cinta kasih tanpa pamrih pada sesama baik dalam lingkup lingkungan sekitar maupun lingkup dunia dan menyajikan keberagaman pandangan kehidupan demi meningkatkan pemahaman dan penghargaan terhadap kehidupan. Tanpa dukungan Anda kami bukan siapa-siapa, Terima Kasih atas kunjungan Anda

Senin, 30 Mei 2011

Menolak Hadiah Emas di Tengah Malam

 

Di zaman Dinasti Donghan (25-220 AD) hiduplah seorang Sarjana kuno Zhen Yang, yang tinggal di Daerah Hongnong. Dia sangat rajin dalam studi dan akumulasi kekayaan pengetahuan. Zhen Yang mengajar selama lebih dari dua puluh tahun dan dikenal sebagai sarjana dipelajari. Ketika ia mencoba untuk mengejar posisi resmi, semua orang mengira bahwa ia sudah terlalu tua, tapi dia sangat ditentukan.
Ketika pejabat umum Deng Zhi mendengar reputasinya yang baik, maka dia pun mempekerjakannya meskipun Zhen Yang  sudah berumur lima puluh tahun. Belakangan, Zhen Yang menjadi Kepala Dinas di Jinzhou County dan kota Donglai.
 
Ketika Zhen Yang melewati kota Changyi dalam perjalanan untuk menerima posisi di kota Donglai, pejabat di Changyi, Wang Mi telah mengetahui rekomendasi Zhen Yang, maka dia pun membawa £ 11 emas padanya sekitar tengah malam. Tuan Zhen Yang menolak hadiahnya dan mengatakan, "Sebagai teman lama Anda, saya mengerti tetapi Anda tidak mengerti saya, mengapa begitu?"
Wang Mi menjawab, "Ini sudah tengah malam dan tak akan ada seorang pun yang akan tahu."
Yang Zhen menjawab serius, "Langit tahu, bumi tahu, Anda tahu, dan aku tahu;? Bagaimana bisa Anda mengatakan bahwa tidak ada yang tahu" Wang Mi merasa malu dan membawa emasnya kembali.
 
Belakangan, Zhen Yang bertanggung jawab atas kota Zhuo. Dia sangat jujur dan adil, seluruh keluarganya pun hidup sederhana. Mereka selalu berjalan ketika akan keluar. Teman-temannya berusaha untuk membujuk dia untuk meninggalkan beberapa properti untuk keturunannya. Dia menjawab sambil tersenyum, "Saya meninggalkan reputasi saya sebagai seorang pejabat yang bersih, sudah sebagai warisan untuk anak-anakku, bukankah itu cukup sebagai kekayaan?"
 

Tidak ada komentar:
Write komentar