|
Welcome To My Website Kebajikan (De 德)......KEBAJIKAN ( De 德 ) Mengucapkan Xin Nian Kuai Le (新年快乐) 2571 / 2020...Xīnnián kuàilè, zhù nǐ jiànkāng chángshòu, zhù nǐ hǎo yùn..Mohon Maaf Blog ini masih dalam perbaikan....Dalam era kebebasan informasi sekarang, hendaknya kita dapat lebih bijak memilah, mencerna dan memilih informasi yang akurat. Kami menempatkan kepentingan pembaca sebagai prioritas utama. Semangat kami adalah memberikan kontribusi bagi pembaca agar dapat meningkatkan Etika dan Moral dalam kehidupan serta meningkatkan Cinta kasih tanpa pamrih pada sesama baik dalam lingkup lingkungan sekitar maupun lingkup dunia dan menyajikan keberagaman pandangan kehidupan demi meningkatkan pemahaman dan penghargaan terhadap kehidupan. Tanpa dukungan Anda kami bukan siapa-siapa, Terima Kasih atas kunjungan Anda

Kamis, 02 Juni 2011

Membina Bathin Diri Dan Jangan Bersikap Arogan

 

Di Cina kuno, ada seorang pengusaha yang bernama Ma Wenan tinggal di kota Xinghua, Provinsi Jiangsu. Mr Ma berpendidikan dan memiliki sikap yang baik. 

Istrinya, Bu Wu, cerdas, cantik, dan baik dalam melakukan pekerjaan rumah tangga. Tapi dia adalah seorang yang suka arogan dan kritis terhadap orang lain. Bu Wu tidak rukun dengan ibu mertuanya. 

Setiap kali Ma Wenan pulang dari perjalanan bisnis, maka istri dan ibunya akan saling menyalahkan satu sama lain tentang masalah mereka dan menolak untuk mendengarkan satu sama lain.

Hal ini membuat Ma Wenan sangat gelisah. Dia tahu bahwa istrinya tidak menghormati ibunya, yang diinginkannya istrinya berubah.

Suatu hari ia mempunyai sebuah ide untuk membuat istrinya mengakui kesalahannya sendiri. Kebetulan Bu Wu mulai mengeluh lagi tentang ibu mertuanya di depan Ma Wenan. Mr Ma berkata, "Aku tahu ibu tua saya banyak bicara, jadi saya telah membuat keputusan bahwa kita harus bergerak keluar. Tapi kerabat dan teman-teman tidak tahu bahwa ibu saya adalah orang yang sulit.. Jika kita tiba-tiba keluar, orang akan mengkritik kita ( Ini adalah tradisi Cina yang membantu generasi muda yang lebih tua.). 

Jadi saya mendorong Anda menoleransi nya untuk satu atau dua bulan. Sebelum kita melanjutkan, Anda tentu harus memikul tanggung jawab untuk merawat ibuku dengan sepenuh hati. Dengan cara itu , semua orang akan tahu dari kesalehan besar berbakti Anda dan bagaimana ibu saya yang tidak masuk akal. Kemudian kita akan bergerak dan.tidak seorang pun akan dapat berkata apa-apa. "
 
Istrinya Wu kurang setuju idenya. Ma Wenan melanjutkan, "Kita akan segera pindah. Selama beberapa minggu berikutnya, Anda harus memperlakukan ibu saya sebagai tamu..Perlakukanlah dia dengan hormat. Mengapa begitu sulit, sih?" Bu Wu pun akhirnya setuju. Sejak hari itu, ia menjadi sangat bagus dan taat kepada ibu mertuanya. Sang ibu mertua melihat perubahan pada diri menantunya dan ia pun senang. Sang ibu mertua sekarang mendapat perhatian dari-anak menantunya. Tentu saja, gesekan itu pergi dan hubungan mereka menjadi baik.
 
Beberapa hari kemudian, Ma Wenan memperhatikan bahwa istrinya tidak lagi bermulut buruk pada ibunya. Dia bertanya, "Bagaimana anda telah merawat ibuku belakangan ini?" "Lebih baik," jawabnya. Mr Ma berkata, "Sekarang dia semakin lebih baik, Anda harus menurut padanya, bahkan lebih hati-hati Anda harus menunjukkan kepada semua orang bagaimana taat Anda dan bagaimana ibu saya yang tidak masuk akal. Hanya dengan begitu yang dapat membuat kita bisa bergerak keluar." Bu Wu mengangguk setuju. 
 
Beberapa hari kemudian, Ma Wenan bertanya kepada istrinya, "Bagaimana ibu saya memperlakukan Anda?" Bu Wu berkata, "Ibu mertua memperlakukan saya sangat baik sekarang saya tidak ingin pindah lagi.. Saya senang tinggal di sisinya dan merawatnya atas nama Anda."
 
Ma Wenan berkata, "Aku harus memberitahu Anda bahwa maksud saya sebenarnya adalah untuk memiliki Anda merawat ibu saya, tidak mendorong Anda untuk bergerak. Sekarang aku telah berbicara pikiran saya, saya harap Anda dapat melihat dilema saya. Di masa lalu , Anda selalu mengeluh tentang bagaimana latah dan sulitnya ibuku, aku tahu bahwa selama ini Anda tidak merawat ibu saya  

Tapi karena kau marah, kritis terhadap orang lain dan tidak mau mengakui kesalahan sendiri, aku tidak ingin menunjukkan kekurangan Anda, karena Anda tidak akan setuju. aku tidak bisa memaksa anda untuk menenangkan ibu saya, jadi saya harus datang dengan trik ini untuk membuat Anda disiapkan sementara dengan dia, berharap bahwa Anda akan mengubah sikap arogan Anda. Saya minta maaf karena telah berbohong kepada Anda, saya tidak menikmati melakukan hal itu ".
 
Ma Wenan melanjutkan, "kata orang Kuno, 'Seorang anak perempuan-baik, dihukum tidak akan pernah gagal untuk membawa keluar yang baik dalam dirinya pada ibu mertuanya" Ini. Fakta yang terbukti. Mulai sekarang, saya berharap Anda selalu fokus pada kesalahan Anda sendiri dan tidak selalu menyalahkan orang lain. 

Orang-orang kuno juga berkata, "Cinta orang lain dan orang lain akan mengasihi Anda, menghormati orang lain dan orang lain akan menghormati Anda.'. Ini adalah prinsip yang berlaku dalam hubungan manusia dalam bermasyarakat, tetapi juga berlaku dalam keluarga ". 

Ma Wenan bercerita tentang keutamaan yang besar dan nikmat yang orang tua berikan kepada anak-anak mereka. Dia juga mengatakan kisah klasik tentang anak-anak menghormati orang tua mereka di Cina kuno. Setelah itu, ibu mertua dan anak menantunya pun akur dan baik. Semua orang memuji keluarga mereka sebagai panutan untuk saling menghormati antara dua generasi.
 
Orang Kuno memberikan perhatian khusus untuk introspeksi, mereka percaya pada "mengoreksi kesalahan jika Anda telah melakukan kesalahan dan menjaga terhadap kesalahan jika Anda belum." Selama konflik, jika masing-masing pihak menyalahkan yang lain, konflik hanya akan meningkat. 

Pendekatan berbudi luhur dan praktis Ma Wenan layak mendapat tepuk tangan kita. Tapi sebenarnya dalam cerita tentang "pemeriksaan diri dan introspeksi" lebih merangsang pemikiran. Bagaimana seharusnya kita melakukan diri kita sendiri selama konflik?
"Kami juga telah mengatakan bahwa jika setiap orang dari kita memupuk dari dalam dirinya, menguji Xinxing sendiri untuk mencari penyebab kesalahan sehingga untuk berbuat lebih baik waktu berikutnya dan menganggap orang lain pertama saat mengambil tindakan apa pun, masyarakat manusia akan menjadi lebih baik dan standar etika akan naik, Peradaban spiritual juga akan menjadi lebih baik., begitu juga keamanan publik.
Mungkin tidak akan ada polisi apapun. Tidak ada yang akan perlu diatur, karena semua orang akan mendisiplinkan dirinya sendiri dan mencari diri batin mereka. Anda katakan ini akan menjadi besar, Anda tahu bahwa hukum menjadi lebih komprehensif dan sempurna.? Namun mengapa ada orang yang masih melakukan perbuatan buruk? Mengapa mereka tidak mematuhi hukum.
Hal ini karena Anda tidak bisa mengatur hati mereka. Ketika mereka tidak terlihat, mereka masih akan melakukan perbuatan buruk Jika setiap orang memupuk diri dari dalam, maka akan benar-benar berbeda.. " ( Zhuan Falun , Maret 2000)
Dalam kutipan di atas dari Zhuan Falun, Guru Li Hongzhi menjelaskan esensi dari "mencari alasan dalam diri Anda" dan "memupuk batin Anda sendiri." Inilah sebabnya, setelah berlatih Falun Gong, banyak praktisi berubah menjadi orang yang sangat toleran dan hubungan keluarga mereka sangat meningkat.

Tidak ada komentar:
Write komentar