|
Welcome To My Website Kebajikan (De 德)......KEBAJIKAN ( De 德 ) Mengucapkan Xin Nian Kuai Le (新年快乐) 2571 / 2020...Xīnnián kuàilè, zhù nǐ jiànkāng chángshòu, zhù nǐ hǎo yùn..Mohon Maaf Blog ini masih dalam perbaikan....Dalam era kebebasan informasi sekarang, hendaknya kita dapat lebih bijak memilah, mencerna dan memilih informasi yang akurat. Kami menempatkan kepentingan pembaca sebagai prioritas utama. Semangat kami adalah memberikan kontribusi bagi pembaca agar dapat meningkatkan Etika dan Moral dalam kehidupan serta meningkatkan Cinta kasih tanpa pamrih pada sesama baik dalam lingkup lingkungan sekitar maupun lingkup dunia dan menyajikan keberagaman pandangan kehidupan demi meningkatkan pemahaman dan penghargaan terhadap kehidupan. Tanpa dukungan Anda kami bukan siapa-siapa, Terima Kasih atas kunjungan Anda

Jumat, 08 Juli 2011

Ambil Hal Ringan dan Tahu Standar Anda

 

Yan Junping tinggal di daerah Shu, kota Qiongzhou Zaman Dinasti Xi'an Cina kuno (206 SM-8 M). Selama hidupnya, ia tidak mencari ketenaran dan keuntungan pribadi dan tidak ingin menjadi pejabat pemerintah.

Di awal hidupnya sebagai peramal di Kota Chengdu, di mana ia mengajar orang untuk berperilaku dengan loyalitas, berbakti, kepercayaan, dan persahabatan.

Setiap hari, setelah ia telah mendapatkan cukup uang untuk mempertahankan kehidupan yang sederhana, ia menutup pintu dan menolak untuk menerima pengunjung lagi.

Dia kemudian dengan santai menulis buku dan mengajar Dao De Jing (Tao Te Ching) di sekolah rumahnya. Karena Yan Junping memiliki standar moral yang tinggi dan tidak bergaul dengan orang-orang yang bernilai moral rendah, ia menjadi sangat dihormati orang, sehingga ia semakin menjadi lebih terkenal.

Pada waktu itu, Mu Liqiang dari Yizhou, Jenderal Wang Feng, dan lain-lain semua telah mendengar bahwa Yan Junping adalah seorang yang berkebijaksanaan agung dan kebajikan. Mereka semua ingin berteman dengan dia dan mengajaknya mengambil posisi dalam pemerintah. Namun, Yan menolak semua undangan mereka.

Suatu ketika, orang kaya dari kampung yang bernama Luo Yan Chong bertanya padanya, "Kenapa kau tidak mengambil suatu jabatan dalam pemerintahan?" Yan menjawab, "Saya tidak cukup mampu." Luo Yan berpikir mungkin karena dia tidak punya cukup uang. Dia kemudian mempersiapkan wagonloads penuh gandum dan pakaian untuk mendukung Yan sehingga ia bisa mengambil posisi pemerintah.

Tetapi Yan mengatakan, "Ini merupakan suatu beban tambahan untuk saya, saya tidak kekurangan uang.. Selain itu, saya punya uang berlebih dan Anda adalah orang yang benar-benar kekurangan uang. Bagaimana aku bisa membiarkan orang yang kekurangan uang, untuk membantu orang yang kelebihan uang? " Luo menjawab, "Saya punya banyak emas dan Anda bahkan tidak memiliki keranjang barang berharga. Bagaimana Anda bisa mengatakan bahwa Anda memiliki uang berlebihan. Bukankah itu suatu hal yang konyol?."

Yan menjawab, "Hal itu tidak akan terjadi. Selama ini aku tinggal di rumah Anda, ketika semua orang pergi tidur, Anda masih mengerjakan banyak hal yang harus dilakukan. Kau setiap hari sangat sibuk dari pagi sampai malam, cemas dan gelisah. Anda tidak pernah puas dengan apa yang telah Anda miliki.

Sekarang, saya mencari hidup sebagai peramal. Setiap hari saya memiliki beberapa uang tambahan untuk cadangan. Debu bahkan menumpuk pada uang tambahan dan saya bahkan tidak tahu bagaimana untuk membelanjakannya. Bukankah itu suatu kebenaran bahwa saya memiliki uang lebih dan Anda tidak punya uang yang cukup? "

Setelah mendengar hal itu, Luo pun menjadi malu. Yan mengatakan lebih lanjut pada Luo, "Dengan memberi saya uang atau barang, hanya akan mengikis semangat saya dan membuat saya terkenal juga membunuh saya. Itulah alasan saya untuk tidak mengambil posisi sebagai pejabat pemerintah.."
 
Yan Junping tidak pernah menurunkan standarnya dalam hal tentang uang, keuntungan, atau ketenaran. Dia selalu puas dengan apa yang ia miliki dan sangat senang. Selama waktu itu, sangat banyak orang yang menghormatinya. Dalam rangka untuk mengingat jasanya, orang-orang memberi nama jalan tempat tinggalnya dengan nama "Jalan Junping."

Tidak ada komentar:
Write komentar