|
Welcome To My Website Kebajikan (De 德)......KEBAJIKAN ( De 德 ) Mengucapkan Xin Nian Kuai Le (新年快乐) 2571 / 2020...Xīnnián kuàilè, zhù nǐ jiànkāng chángshòu, zhù nǐ hǎo yùn..Mohon Maaf Blog ini masih dalam perbaikan....Dalam era kebebasan informasi sekarang, hendaknya kita dapat lebih bijak memilah, mencerna dan memilih informasi yang akurat. Kami menempatkan kepentingan pembaca sebagai prioritas utama. Semangat kami adalah memberikan kontribusi bagi pembaca agar dapat meningkatkan Etika dan Moral dalam kehidupan serta meningkatkan Cinta kasih tanpa pamrih pada sesama baik dalam lingkup lingkungan sekitar maupun lingkup dunia dan menyajikan keberagaman pandangan kehidupan demi meningkatkan pemahaman dan penghargaan terhadap kehidupan. Tanpa dukungan Anda kami bukan siapa-siapa, Terima Kasih atas kunjungan Anda

Kamis, 07 Juli 2011

Jiaozhou Bay, Jembatan Terpanjang di Dunia

 

Ambisi China menjadi yang terbesar, terus terwujud nyata. Negeri Tirai Bambu baru saja membuka jembatan terpanjang dunia, menyebrangi lautan.
Jembatan itu terbentang sepanjang total 42,4 km yang menghubungkan kota pelabuhan di China Timur, Qingdao, dengan Pulau Huangdao. Jembatan yang lebarnya 33,5 meter ini menelan biaya satu miliar poundsterling atau sekitar Rp13,7 triliun.

China meresmikan penggunaan jembatan yang diklaim terpanjang di dunia. Jembatan tersebut resmi dibuka dan sebuah terowongan bawah air juga akan segera dioperasikan. Membutuhkan empat tahun untuk membangun jembatan yang ditopang lebih dari lima ribu pilar ini.

Klaim jembatan terpanjang di dunia dianggap benar, karena pihak Guinness World Records telah memverifikasinya.Rekor jembatan terpanjang yang selama ini dipegang Jembatan Danau Pontchartrain Causeway di Louisiana (AS), sudah terkalahkan. Struktur jembatan China ini sebenarnya dua jembatan yang saling berdampingan.

Dua kelompok pekerja membangun dari kedua sisi yang berbeda sejak 2006. Akhirnya pada 22 Desember lalu, ujung kedua jembatan ini bertemu. “Kalkulasi dan model komputernya amat tepat. Tapi kami tak bisa santai hingga benar-benar terhubung,” ujar seorang pekerja.

Meleset beberapa centimeter saja, lanjut si pekerja, bisa menjadi sebuah bencana besar. Kabar baiknya, ambisi China untuk membangun jembatan terpanjang, tak berhenti sampai di sini. Sebuah rencana besar telah menanti dan sedang dimatangkan.

Pada dekade mendatang, sebagaimana diumumkan akhir 2010 lalu, pekerja telah memulai konstruksi jembatan yang menghubungkan Provinsi Guangdong di China Selatan dengan Hong Kong dan Makau. Ahli memperkirakan, proyek itu akan rampung pada 2016.

Biaya untuk membangun jembatan itu kira-kira 6,5 miliar poundsterling dan panjangnya akan mencapai sekitar 45 km. Jembatan tersebut didesain tahan gempa hingga 8,0 SR, badai kuat dan gempuran kapal induk atau mother vessel seberat 30 ribu ton.

Tidak ada komentar:
Write komentar