|
Welcome To My Website Kebajikan (De 德)......KEBAJIKAN ( De 德 ) Mengucapkan Xin Nian Kuai Le (新年快乐) 2571 / 2020...Xīnnián kuàilè, zhù nǐ jiànkāng chángshòu, zhù nǐ hǎo yùn..Mohon Maaf Blog ini masih dalam perbaikan....Dalam era kebebasan informasi sekarang, hendaknya kita dapat lebih bijak memilah, mencerna dan memilih informasi yang akurat. Kami menempatkan kepentingan pembaca sebagai prioritas utama. Semangat kami adalah memberikan kontribusi bagi pembaca agar dapat meningkatkan Etika dan Moral dalam kehidupan serta meningkatkan Cinta kasih tanpa pamrih pada sesama baik dalam lingkup lingkungan sekitar maupun lingkup dunia dan menyajikan keberagaman pandangan kehidupan demi meningkatkan pemahaman dan penghargaan terhadap kehidupan. Tanpa dukungan Anda kami bukan siapa-siapa, Terima Kasih atas kunjungan Anda

Sabtu, 06 Agustus 2011

Perayaan Hari Valentine China ( Qi Qiao Jie 牛郎织女)

 





Orang di China mempunyai hari yang dikhususkan untuk mencintai tetapi sangat berbeda dari festival Hari Valentine seperti yang terlihat di bagian  lain dunia. 
 
Cina Hari Valentine jatuh pada tanggal 7 bulan 7 bulan dalam kalender Cina. Oleh karena itu hari ini juga disebut sebagai 'Festival Sevens Double atau Qi Xi -' Malam dari Tujuh '. 


Legenda Hari Valentine China

Ada sebuah legenda yang sangat menarik di balik perayaan Hari Valentine di China. Pernah ada tinggal seorang anak yatim piatu miskin yang disebut Niu Lang dengan adik dan adik iparnya. Anak laki-laki tampan yang memiliki seekor lembu tua yang bekerja di lapangan sehari-hari. Lembu dikatakan menjadi abadi dari Firdaus yang dihukum karena kesalahan dalam surga dan mengirimnya ke bumi sebagai seekor sapi jantan. Gembala sapi menyukai dan satu hari ia berkata kepada Niu Lang, "Kamu adalah orang yang baik, jika Anda ingin menikah pergilah ke sungai dan keinginan Anda akan terwujud.."

Ketika gembala sapi pergi ke sungai, ia melihat Tujuh orang Putri Kaisar yang cantik, yang telah turun dari surga untuk mandi. Niu Lang terpikat dengan keindahan putri bungsu Zhi Nu dan diam-diam mengambil pakaian peri. Tanpa baju peri putri bungsu tidak dapat terbang kembali ke surga bersama dengan kakak-kakaknya. Gembala sapi meminta pada peri, bahwa ia akan kembalikan pakaiannya jika dia berjanji untuk menikah dengannya. Gadis itu malu-malu setuju untuk menikah dengan gembala sapi tersebut. Mereka tinggal dengan bahagia selama menikah beberapa tahun dan punya dua anak.


Suatu hari, sapi itu merasa bahwa hari terakhirnya sudah dekat. Dia mengatakan kepada gembala bahwa ia harus menjaga kulitnya untuk situasi yang mendesak setelah ia meninggal. Sementara itu, Kaisar mulai merindukan anak ketujuh. Dia mengirim Ratu langit untuk membawa Zhi Nu kembali dari bumi. Ratu berhasil membawa Zhi Nu kembali ke surga. Sementara ketika Putri 7 sedang dibawa ke langit, maka Niu Lang dengan menyembunyikan sapi juga membawa dua anaknya dalam dua keranjang bambu dengan pakaian tua istrinya peri dan mengejar istrinya ke langit.

Untuk menjaga pecinta itu dipisahkan selamanya maka sang Ratu menciptakan Bima Sakti antara mereka. Putri ketujuh dipindahkan ke bintang Vega dalam konstelasi (Harpa) Lyra sedangkan gembala dengan dua anaknya tinggal di bintang Altair (Flying satu) dalam konstelasi (Eagle) Aquila. Bintang Vega karena itu dikenal dengan nama Star Pembantu Tenun sedangkan bintang Altair sebagai Bintang gembala sapi di Cina. Ibu Peri kasihan dan keduanya diizinkan untuk bertemu hanya sekali setahun pada hari 7 bulan 7 lunar. Hal ini diyakini bahwa pada hari tertentu burung gagak membentuk jembatan dengan sayap mereka untuk Zhi Nu menyeberang untuk bertemu dengan suaminya.

Perayaan Hari Valentine Tionghoa
 
Perayaan Hari Valentine atau Cina Qi Qiao Jie - malam ketujuh adalah sangat berbeda dari perayaan Hari Valentine yang biasa yang kita lihat di seluruh dunia. Ada ritual khusus dan berwarna-warni untuk hari itu selain pertukaran biasa bunga, kartu dan cokelat sebagai tanda cinta antara sepasang kekasih.

Mengikuti tradisi, pecinta mengunjungi Kuil Matchmaker pada Hari Valentine Cina dan berdoa untuk cinta dan kebahagiaan juga pernikahan mereka nanti. Yang jomblo juga mengunjungi kuil pada hari itu dan meminta untuk keberuntungan mereka dalam kasih.

Hari Valentine Cina juga dikenal sebagai Festival Anak Perempuan. Gadis Cina selalu berharap untuk mempelajari keterampilan handcrafting baik seperti pembantu tenun. Pada malam hari Valentine China, gadis yang belum menikah berdoa dengan bintang Maid Tenun dan berusaha untuk menjadi pintar. Ketika bintang Vega tinggi di langit, gadis-gadis melakukan tes dengan meletakkan jarum di permukaan air.

Jika jarum tidak tenggelam, itu tanda kedewasaan dan kecerdasan gadis itu menunjukkan bahwa ia memenuhi syarat untuk menemukan suami. Gadis yang lulus uji dapat meminta apa pun yang mereka inginkan. Hal ini juga disebut sebagai tradisional untuk gadis-gadis muda di Cina untuk menunjukkan seni domestik mereka, terutama ukiran melon, pada hari ini. Oleh karena itu Hari Valentine Cina itu juga dikenal sebagai Festival untuk Mohon Keterampilan, Birthday Suster Ketujuh dan Malam Keterampilan.

Di beberapa provinsi di Cina, orang menghiasi tanduk sapi dengan bunga di Hari Valentine Cina dalam keyakinan bahwa ritual itu akan menyelamatkan mereka dari bencana. Mengikuti tradisi wanita usia tua juga mencuci rambut untuk membuat mereka terlihat segar dan bersinar. Anak-anak mencuci muka pagi berikutnya dengan menggunakan air semalam untuk melihat lebih alami dan indah.

Stargazers merayakan festival dengan menatap bintang Vega di sebelah timur dari Bima Sakti yang mewakili Zhi Nu, dan di rasi Aquila, di sisi barat dari Bima Sakti, dimana Niu Lang menunggu kekasihnya untuk bergabung dengannya.

Tidak ada komentar:
Write komentar