|
Welcome To My Website Kebajikan (De 德)......KEBAJIKAN ( De 德 ) Mengucapkan Xin Nian Kuai Le (新年快乐) 2571 / 2020...Xīnnián kuàilè, zhù nǐ jiànkāng chángshòu, zhù nǐ hǎo yùn..Mohon Maaf Blog ini masih dalam perbaikan....Dalam era kebebasan informasi sekarang, hendaknya kita dapat lebih bijak memilah, mencerna dan memilih informasi yang akurat. Kami menempatkan kepentingan pembaca sebagai prioritas utama. Semangat kami adalah memberikan kontribusi bagi pembaca agar dapat meningkatkan Etika dan Moral dalam kehidupan serta meningkatkan Cinta kasih tanpa pamrih pada sesama baik dalam lingkup lingkungan sekitar maupun lingkup dunia dan menyajikan keberagaman pandangan kehidupan demi meningkatkan pemahaman dan penghargaan terhadap kehidupan. Tanpa dukungan Anda kami bukan siapa-siapa, Terima Kasih atas kunjungan Anda

Selasa, 31 Januari 2012

Berhati - Hati Pada Penyanjung

 

Menurut Laut Shishuoxinyu, Kaisar Tang Taizong masa Dinasti Tang, suatu hari melewati pohon saat akan menuju gedung pengadilan. Kaisar menikmati daun dan ranting pohon tersebut. Seorang bawahan Yuwenshiji, berdiri mendekat dan berusaha menyanjung kaisar dengan mengatakan hal yang baik tentang pohon itu. Tang Taizong mencela pujiannya, "Wei Zheng mengajarkan saya untuk menjauhi mereka yang berkarakter rendah itu. Meskipun Anda mungkin satu diantara mereka, tetapi saya tidak yakin hingga kini." Yuwenshiji menjatuhkan diri dan memohon maaf.

Konfisius mengatakan, "Saya menganggap mereka yang berkarakter rendah yang berlidah tajam akan membahayakan negaranya, tapi kita juga harus menjaga jarak dari orang yang berusaha menyanjung. Orang yang suka menyanjung adalah orang licik yang dapat mengetahui apa yang diinginkan atasannya dan bagaimana membuat mereka senang. 

Pada akhirnya, orang ini akan membumbui sesuatu, memutar kebenaran dan membahayakan untuk orang yang jujur dan lurus. Oleh karena itu, berhati-hati pada seorang penyanjung!" Kritikan terbuka yang diterima Yuwneshiji merupakan contoh yang baik dari masalah ini. 

Pesan Moral : Tidak sulit untuk mengetahui seseorang yang berkarakter rendah. Seorang yang bicara jujur, berani mengutarakan apa yang ada dalam pikiran, adalah orang yang lurus. Orang yang berusaha menjilat dan menyanjung adalah orang yang licik dan berkomplot. 

Tidak ada komentar:
Write komentar