|
Welcome To My Website Kebajikan (De 德)......KEBAJIKAN ( De 德 ) Mengucapkan Xin Nian Kuai Le (新年快乐) 2571 / 2020...Xīnnián kuàilè, zhù nǐ jiànkāng chángshòu, zhù nǐ hǎo yùn..Mohon Maaf Blog ini masih dalam perbaikan....Dalam era kebebasan informasi sekarang, hendaknya kita dapat lebih bijak memilah, mencerna dan memilih informasi yang akurat. Kami menempatkan kepentingan pembaca sebagai prioritas utama. Semangat kami adalah memberikan kontribusi bagi pembaca agar dapat meningkatkan Etika dan Moral dalam kehidupan serta meningkatkan Cinta kasih tanpa pamrih pada sesama baik dalam lingkup lingkungan sekitar maupun lingkup dunia dan menyajikan keberagaman pandangan kehidupan demi meningkatkan pemahaman dan penghargaan terhadap kehidupan. Tanpa dukungan Anda kami bukan siapa-siapa, Terima Kasih atas kunjungan Anda

Rabu, 11 Juli 2012

Pertempuran di Pinggir Sungai

 

Kisah "Pertempuran di Hulu Sungai" berarti bahwa jika seseorang memiliki tekad berjuang untuk hidup, maka ia akan berhasil.

Han Xin ( 韓信 ) adalah Jenderal dan ahli strategi dari Liu Bang, kaisar pendiri Dinasti Han. Liu Bang ingin menguasai seluruh China tengah. Han Xin mengalahkan saingan utamanya Liu Bang, Xiang Yu, dan menyeberangi Sungai Kuning untuk menangkap Raja Wei yang berada di bawah Xiang Yu.

Han Xin kemudian berbaris ke timur untuk menyerang negara bagian Zhao. Pasukan Han Xin harus melewati gunung yang sangat sempit disebut “Pembukaan Jingxing”. Seseorang di kamp musuh menyarankan bahwa mereka mengirim pasukan untuk memblokir pembukaan Jingxing, dan pada saat yang sama memotong jalur suplai bagi pasukan Han. Jenderal Zhao tahu bahwa mereka memiliki lebih banyak tentara dari tentara Han dan bersikeras bahwa mereka akan melawan secara langsung.
Pasukan Han mendirikan tenda mereka 30 mil dari pembukaan Jingxing. Han Xin mengatur 10.000 tentara untuk mengambil posisi depan di tepi sungai untuk memancing musuh. Pada saat yang sama, dua ribu tentara, berpakaian ringan, akan menyelinap ke perkemahan musuh ketika tak seorang pun ada di sana dan akan mengganti bendera Zhao dengan bendera Han.
Pertempuran di pinggir sungai itu strategi yang berisiko dan tidak satu pun yang direkomendasikan dalam buku tentang cara untuk memenangkan pertempuran. Jenderal Zhao senang dan berpikir ini adalah kesempatan yang baik bagi mereka untuk menang, karena tentara Han tidak akan punya tempat untuk lari.
Pagi berikutnya, tentara Han mulai serangan pertama dan kedua belah pihak berjuang penuh semangat. Tentara Han berpura-pura kalah dan lari kembali ke tepi sungai. Tentara Zhao semua bergabung dalam pengejaran, meninggalkan kamp.
Saat itu, Han mengirimkan pasukan terbaiknya untuk menyerang tentara musuh di pinggir sungai, berperang sekuat yang mereka bisa, karena mereka tidak punya tempat untuk berlari, mereka harus memenangkan pertempuran atau mati. Tentara Zhao tidak bisa menang dan mundur kembali ke perkemahan mereka.
Ketika mereka sampai di perkemahan, mereka menemukan bahwa semua bendera mereka telah diganti dengan bendera Han. Mereka begitu panik sehingga mereka lari ke segala arah. Tentara Han mengejar dan mereka memenangkan pertempuran besar.
Beberapa waktu kemudian, para jenderal itu bertanya kepada Han Xin, "Dalam semua buku tentang seni perang, dikatakan bahwa seseorang dapat berperang di depan gunung, namun tidak di pinggir sungai. Namun, Anda berhasil menang. Apa jenis strategi itu?"
Han Xin berkata sambil tertawa, "Strategi saya adalah juga dalam buku ini. Dengan menempatkan tentara dalam situasi dimana mereka tidak punya tempat untuk melarikan diri, mereka harus berjuang untuk hidup mereka. Jika semua orang mampu untuk mundur, bagaimana Anda akan membuat mereka berperang sekeras yang mereka bisa? "

Tidak ada komentar:
Write komentar