|
Welcome To My Website Kebajikan (De 德)......KEBAJIKAN ( De 德 ) Mengucapkan Xin Nian Kuai Le (新年快乐) 2571 / 2020...Xīnnián kuàilè, zhù nǐ jiànkāng chángshòu, zhù nǐ hǎo yùn..Mohon Maaf Blog ini masih dalam perbaikan....Dalam era kebebasan informasi sekarang, hendaknya kita dapat lebih bijak memilah, mencerna dan memilih informasi yang akurat. Kami menempatkan kepentingan pembaca sebagai prioritas utama. Semangat kami adalah memberikan kontribusi bagi pembaca agar dapat meningkatkan Etika dan Moral dalam kehidupan serta meningkatkan Cinta kasih tanpa pamrih pada sesama baik dalam lingkup lingkungan sekitar maupun lingkup dunia dan menyajikan keberagaman pandangan kehidupan demi meningkatkan pemahaman dan penghargaan terhadap kehidupan. Tanpa dukungan Anda kami bukan siapa-siapa, Terima Kasih atas kunjungan Anda

Senin, 15 Juli 2013

Kisah Dibalik Pepatah Cina : Tiga Orang Membuat Harimau

 


Selama Periode Negara sejarah China, tidak hanya banyak terjadi pertempuran antara berbagai negara, tetapi aliansi antara negara-negara kecil di Cina terbentuk juga. 

Hal itu untuk mengejar kepentingan bersama dalam situasi seperti itu. Ketika itu Negara Wei (wei Guo (魏国) dan Negara Zhao (Zhao Guo (赵国) terus berusaha untuk menandatangani perjanjian aliansi.

Seperti kebiasaan pada saat itu, raja Wei harus mengirim anaknya Zhao sebagai sandera. Saat itu ada seorang menteri, Pang Cong (庞聪) yang akan pergi untuk menemani sang pangeran. 

Tetapi sebelum keberangkatan mereka, Pang Cong mengajukan pertanyaan aneh kepada raja, "Jika seseorang memberitahu Anda bahwa ada harimau di jalan, apakah Anda percaya?"
 
"Tidak, aku tidak percaya," jawab raja.
 
"Jika dua orang mengatakan, apakah Anda percaya?" sang menteri bertanya lebih lanjut.
 
"Dalam hal ini, saya akan berpikir dua kali tentang hal itu," jawab raja.
 
Menteri melanjutkan, "Jika tiga orang semua mengatakan bahwa ada harimau di jalan, apakah Anda percaya itu?"
 
"Tentu saja aku mulai percaya," jawab sang raja.
 
Lalu Pang Cong berkata, "Sungguh aneh, bahkan ketika sudah jelas tidak ada harimau di jalan, tapi Anda akan percaya jika ada hanya satu atau tiga orang yang mengatakan begitu. Sekarang, kami akan pergi menuju ke Negara Zhao yang jauh dari istana Mulia, Saya yakin akan ada banyak rumor tentang saya, ketika saya sudah pergi. Jadi saya harap Yang Mulia jangan menanggapinya."
 
Mendengar hal itu, raja berkata, "Saya tahu itu. Anda harus yakin bahwa saya sangat mempercayai dan menaruh kepercayaan penuh pada kamu. Jangan khawatir. Pergilah."
 
Setelah Pang Cong pergi dengan sang pangeran, tentu saja musuh-musuhnya berbicara tentang keburukan dirinya di depan raja. Satu demi satu, mereka menceritakan kisah mereka. 
 
Pada awalnya, raja tidak menghiraukan apa yang dikatakan mereka tentang keburukan sang menteri. Tapi setelah beberapa lama, karena sering mendengar desas-desus tentang sang menteri, maka raja mulai curiga pada Pang Cong.  

Ketika itu tak lama kemudian, pangeran dan menteri akhirnya kembali ke Negara Wei karena telah dibebaskan dari sandera. Tetapi sang Raja bahkan tidak pernah untuk memanggil Pang Cong ke istana ! 

Dari kisah dibalik pepatah San Ren Cheng Hu ( 三人成虎 ) yang artinya Tiga orang membuat harimau, memiliki makna yang menunjukkan bahwa gosip yang berlebihan akan berubah menjadi ganas seperti harimau.  

Hal ini juga menggambarkan bahwa semakin banyak orang yang bicara tentang sesuatu hal, walaupun hal itu suatu kebohongan dan tidak benar, tetapi jika sering diucapkan berulang kali, maka semakin besar kemungkinan orang untuk percaya dan menerimanya sebagai suatu kebenaran. 



Jika anda merasa artikel ini bermanfaat, maka anda dipersilahkan untuk mencetak dan mengedarkan semua artikel yang dipublikasikan pada Blog Kebajikan ( De 德 ) ini. Mengutip atau mengcopy artikel di Blog ini harus mencantumkan Kebajikan ( De 德 ) sebagai sumber artikel.

Tidak ada komentar:
Write komentar