|
Welcome To My Website Kebajikan (De 德)......KEBAJIKAN ( De 德 ) Mengucapkan Xin Nian Kuai Le (新年快乐) 2571 / 2020...Xīnnián kuàilè, zhù nǐ jiànkāng chángshòu, zhù nǐ hǎo yùn..Mohon Maaf Blog ini masih dalam perbaikan....Dalam era kebebasan informasi sekarang, hendaknya kita dapat lebih bijak memilah, mencerna dan memilih informasi yang akurat. Kami menempatkan kepentingan pembaca sebagai prioritas utama. Semangat kami adalah memberikan kontribusi bagi pembaca agar dapat meningkatkan Etika dan Moral dalam kehidupan serta meningkatkan Cinta kasih tanpa pamrih pada sesama baik dalam lingkup lingkungan sekitar maupun lingkup dunia dan menyajikan keberagaman pandangan kehidupan demi meningkatkan pemahaman dan penghargaan terhadap kehidupan. Tanpa dukungan Anda kami bukan siapa-siapa, Terima Kasih atas kunjungan Anda

Senin, 15 September 2014

Kisah Sopir Taipan Hong Kong Li Ka-shing

 


KEBAJIKAN ( De 德 ) -  Taipan Hong Kong Li Ka-shing (李嘉誠) usia 85 tahun merupakan orang terkaya di Hongkong dan Asia dan menurut majalah Forbes dia termasuk 10 orang terkaya di dunia (USD 31 Milyar). Dialah raja di antara sekitar 40 konglomerat di kota bekas koloni Inggris itu.

Taipan itu pemilik puluhan gedung pencakar langit di Hongkong, termasuk di Shenzhen dan Guangzhou. Orang China bahkan cukup hormat padanya karena dinilai sebagai salah satu orang yang ikut memajukan Shenzhen dan Guangzhou dengan cara menanamkan investasi di sana.

Li Ka-shing diketahui memulai bisnis dengan sederhana. Ia lahir pada 13 Juni 1928, di kota pesisir timur Chiu Chow, China. Setelah keluarganya melarikan diri di zaman perang, ayah Li meninggal dunia.

Kondisi itu memaksa Li menjadi tulang punggung keluarga saat usia 12 tahun. Diusia itu Li Ka Shing meninggalkan sekolah untuk bekerja di pabrik plastik guna mencukupi kebutuhan keluarganya. Ia juga sering bekerja 16 jam per hari.

Kerja keras Li Ka Shing terbayar ketika ia memulai bisnis industri plastik sendiri, perusahaan manufaktur yang diberi nama “Cheung Kong Industries”. Perusahaan ini tumbuh pesat, berkembang menjadi real estate, dan akhirnya terdaftar di Hong Kong Stock Exchange pada 1972.

Cheung Kong (perusahaan Holding) terus tumbuh melalui akuisisi perusahaan besar seperti “Hutchison Whampoa Limited” dan “Hongkong Electric Holdings Limited”. Perusahaan induknya tersebar lebih dari 40 negara di bidang penyediaan listrik, real estate, ritel, pengiriman terminal peti kemas, dan investasi besar. Nilai bisnis Li jika dihitung menguasai 10 persen Hongkong Stock Exchange.

Ketika Li Ka-shing memensiunkan supirnya setelah 30 tahun mengabdi bekerja padanya. Li Ka-shing menilai sopir pribadinya selama bekerja memiliki dedikasi yang cukup tinggi sehingga konglomerat yang ramah itu memberi selembar cheque senilai 2 juta Hong Kong Dollar (HKD) sebagai uang pensiun.

Supirnya mengatakan, "Tidak perlu, kalau 10-20 juta dollar HKD saya masih ada.

Li Ka-shing, "Bagaimana mungkin dengan gaji 5-6 ribu dolar HKD per bulan anda bisa memiliki simpanan begitu banyak? "

Supir, "Bapak duduk di belakang menelpon bicara properti mana bagus, saya ikut beli sedikit; saham mana bagus, saya juga invest sedikit, sampai sekarang saya sudah ada harta sebesar 10-20 juta HKD!"

Ibarat kangguru jika melompat jauh kedepan dengan dua kaki, bayangkan jika kangguru tersebut hanya punya satu kaki, maka tentu saja jangankan melompat untuk berjalan saja selalu memerlukan keseimbangan terus menerus. 


"Yang terpenting, Dengan dua kaki, Anda bukan bekerja sebagai apa, tetapi bersama siapa Anda bekerja? Juga bagaimana anda lihai mengolah kesempatan itu." Salam kebajikan

Tidak ada komentar:
Write komentar