|
Welcome To My Website Kebajikan (De 德)......KEBAJIKAN ( De 德 ) Mengucapkan Xin Nian Kuai Le (新年快乐) 2571 / 2020...Xīnnián kuàilè, zhù nǐ jiànkāng chángshòu, zhù nǐ hǎo yùn..Mohon Maaf Blog ini masih dalam perbaikan....Dalam era kebebasan informasi sekarang, hendaknya kita dapat lebih bijak memilah, mencerna dan memilih informasi yang akurat. Kami menempatkan kepentingan pembaca sebagai prioritas utama. Semangat kami adalah memberikan kontribusi bagi pembaca agar dapat meningkatkan Etika dan Moral dalam kehidupan serta meningkatkan Cinta kasih tanpa pamrih pada sesama baik dalam lingkup lingkungan sekitar maupun lingkup dunia dan menyajikan keberagaman pandangan kehidupan demi meningkatkan pemahaman dan penghargaan terhadap kehidupan. Tanpa dukungan Anda kami bukan siapa-siapa, Terima Kasih atas kunjungan Anda

Sabtu, 27 September 2014

Menerima Kritik Dengan Rendah Hati

 


KEBAJIKAN ( De 德 ) -  Tang Tai Zong (唐太宗) adalah seorang raja yang baik, berdedikasi penuh dan mencintai rakyat. Beliau terkenal sebagai seorang raja yang dapat menerima kritik/nasehat dengan rendah hati. 

Suatu ketika, Tang Tai Zong memerintahkan untuk merenovasi istana di daerah Luo Yang (洛阳). Istana tersebut sedianya digunakan sebagai tempat singgah bila datang berkunjung ke tempat tersebut. 

Salah seorang pejabat yang bernama Zhang Xuan Su (张玄素) memberikan nasehat, ”Membangun istana di Luo Yang bukanlah hal yang mendesak untuk dilaksanakan. Dulu ketika anda menghancurkan dinasti Sui (隋),bukankah menghancurkan seluruh perabotan mewah yang ada di dalam istana tersebut.

Kejadian itu masih belum ada 10 tahun. Mengapa hendak merenovasinya? Sekarang ini keuangan kerajaan belum sebanyak yang pernah dimiliki oleh dinasti Sui. Baginda merenovasi istana Luo Yang adalah untuk kepentingan pribadi. Bukankah hal ini sama dengan mengikuti kelaliman Sui Yang Di (隋炀帝), sehingga dinasti Sui mengalami kehancuran?”


Mendengar kritikan dari Zhang Xuan Su, baginda Tang Tai Zong tidak marah, justru merasa sependapat. Baginda Tang Tai Zong merasa berterimakasih atas kritik yang diberikan, segera mengumumkan pembatalan rencana renovasi istana Luo Yang. 

Pada kesempatan yang lain, baginda Tang Tai Zong mengunjungi daerah Luo Yang. Beliau merasa tidak senang dan murka karena perabot dan peralatan yang tersedia tidak lengkap-ala kadarnya. 

Pada saat itu, seorang pejabat yang bernama Wei Zheng (魏征) memberikan kritik,” Hanya karena masalah kecil, perabot dan peralatan yang tersedia kurang lengkap anda menjadi marah. Cobalah baginda sedikit tenang dan berpikir panjang. 

Kejadian hari ini bisa memicu para pejabat berbondong-bondong bersaing memberikan banyak hadiah berupa perabot untuk menyanjung dan menyenangkan anda. Pada akhirnya beban rakyat menjadi bertambah. 

Sui Yang Di menilai baik-buruknya kinerja seorang pejabat berdasarkan hadiah yang diberikan. Para pejabat melakukan korupsi besar-besaran untuk mengambil hati Sui Yang Di. Dari tahun ke tahun pemerintahan Sui Yang Di menjadi merosot, hancurlah dinasti Sui.”

Mendengar penjelasan dari Wei Zheng, Tang Tai Zong menjadi tersadar dan merasa dirinya bersalah.

Dalam kitab Di Zi Gui tertulis, "Wen yu kong, wen guo xin, Zhi liang shi, jian xiang qin, Wu xin fei, ming wei cuo, You xin fei, ming wei e
(闻誉恐,闻过欣, 直谅士,渐相亲, 无心非,名为错, 有心非,名为恶)."
 
Bila kita mendengarkan orang lain memberi pujian
sebaiknya menjadi merasa kuatir, namun senang hati ketika menerima kritik dari orang lain. Lambat laun orang yang tulus hati dan jujur akan senang untuk bergaul dengan kita. Tanpa sengaja berbuat salah dinamakan lalai. Kesalahan yang disengaja adalah wujud kejahatan. Salam kebajikan (Xie Zheng Ming)

Tidak ada komentar:
Write komentar