|
Welcome To My Website Kebajikan (De 德)......KEBAJIKAN ( De 德 ) Mengucapkan Xin Nian Kuai Le (新年快乐) 2571 / 2020...Xīnnián kuàilè, zhù nǐ jiànkāng chángshòu, zhù nǐ hǎo yùn..Mohon Maaf Blog ini masih dalam perbaikan....Dalam era kebebasan informasi sekarang, hendaknya kita dapat lebih bijak memilah, mencerna dan memilih informasi yang akurat. Kami menempatkan kepentingan pembaca sebagai prioritas utama. Semangat kami adalah memberikan kontribusi bagi pembaca agar dapat meningkatkan Etika dan Moral dalam kehidupan serta meningkatkan Cinta kasih tanpa pamrih pada sesama baik dalam lingkup lingkungan sekitar maupun lingkup dunia dan menyajikan keberagaman pandangan kehidupan demi meningkatkan pemahaman dan penghargaan terhadap kehidupan. Tanpa dukungan Anda kami bukan siapa-siapa, Terima Kasih atas kunjungan Anda

Rabu, 17 September 2014

Sheng yu you han, si yu an le (生于忧患,死于安乐)

 


KEBAJIKAN ( De 德 ) -  Tong bao xiong di de bu tong ming yun (同胞兄弟的不同命运) yang maknanya, Meski Saudara Sekandung, Kakak-Adik, tapi punya Jalan Hidup yang ber-Beda.

Alkisah hiduplah sepasang kakak-adik, mereka berdua pergi mengembara untuk mencari kehidupan yang bahagia. Di tengah perjalanan, mereka bertemu dengan 2 orang dewi. Seorang dari mereka adalah dewi yang rupawan akan tetapi berhati jahat, dewi yang lain berpenampilan sederhana-ramah namun berkebajikan.

Dewi yang jahat dengan congkak berkata kepada kedua kakak-beradik, "Kalian, ikutlah bersama dengan saya. Saya jamin kalian akan mendapatkan kedudukan tinggi dan kekayaan yang melimpah. Apa saja yang kalian inginkan dapat terwujud.”

Kakak-adik, masing-masing memiliki pendapat yang berbeda. Salah satu dari mereka memutuskan untuk mengikuti dewi yang jahat, sedangkan yang lain memilih untuk ikut dewi berkebajikan.

Diluar dugaan banyak orang, ternyata sang kakak dalam usia yang muda meninggal dalam kemuraman. Sebaliknya si adik memiliki vitalitas hidup yang tinggi, dapat menjadi seorang raja yang panjang umur, penuh kebahagiaan dan dihormati oleh rakyat. Apa yang sebenarnya telah terjadi?

Ternyata, sejak ikut dengan dewi yang jahat, sehari-hari sang kakak tidak perlu melakukan sesuatu, hidup santai dan gembira. Karena tidak berpikir panjang, sang kakak merasa kuatir, kuatir jika ajal tiba. 


Ia terus memikirkan tentang kematian, pada akhirnya belum genap berusia 30 tahun telah tiada. Sedangkan, si adik dibawah bimbingan dewi berkebajikan ikut berperang mempertahankan kerajaan. 

Setelah beberapa kali mengalami masa kritis, ia berhasil menjadi seorang pahlawan. Si adik tidak hanya dinikahkan dengan putri cantik, akan tetapi juga sangat dihormati oleh rakyat.

Meng Zi (孟子) mengatakan, "Sheng yu you han, si yu an le (生于忧患,死于安乐)", yang artinya Kehidupan yang nyaman dan santai tidak dapat dikatakan sebagai kebahagiaan, melainkan sebuah bahaya terselubung. Sebaliknya halangan-rintangan di depan mata seolah-olah membahayakan, akan tetapi justru merupakan cara terbaik untuk menempa tekat, kemampuan dan watak seseorang. Salam kebajikan

Tidak ada komentar:
Write komentar