|
Welcome To My Website Kebajikan (De 德)......KEBAJIKAN ( De 德 ) Mengucapkan Xin Nian Kuai Le (新年快乐) 2571 / 2020...Xīnnián kuàilè, zhù nǐ jiànkāng chángshòu, zhù nǐ hǎo yùn..Mohon Maaf Blog ini masih dalam perbaikan....Dalam era kebebasan informasi sekarang, hendaknya kita dapat lebih bijak memilah, mencerna dan memilih informasi yang akurat. Kami menempatkan kepentingan pembaca sebagai prioritas utama. Semangat kami adalah memberikan kontribusi bagi pembaca agar dapat meningkatkan Etika dan Moral dalam kehidupan serta meningkatkan Cinta kasih tanpa pamrih pada sesama baik dalam lingkup lingkungan sekitar maupun lingkup dunia dan menyajikan keberagaman pandangan kehidupan demi meningkatkan pemahaman dan penghargaan terhadap kehidupan. Tanpa dukungan Anda kami bukan siapa-siapa, Terima Kasih atas kunjungan Anda

Kamis, 18 September 2014

Zhao jian zi jin bu fei qin (赵简子禁捕飞禽) Zhao Jian Zi Melarang Menangkap Burung

 


KEBAJIKAN ( De 德 ) -  Setiap tahun baru imlek, penduduk ibu kota kerajaan Zhao (赵) kota Han Dan (邯郸) memiliki kebiasaan menangkap burung hidup-hidup untuk dipersembahkan kepada baginda Zhao Jian Zi. 

Zhao Jian Zi merasa sangat senang, sehingga Beliau membalas pemberian tersebut dengan hadiah-hadiah berupa barang-barang berharga. Salah seorang teman Zhao Jian Zi yang secara kebetulan mendapati kejadian tersebut merasa aneh. Ia bertanya kepada Zhao Jian Zi, ”Ada apa gerangan?”

Dengan bangga Zhao Jian Zi berkata, ”Setiap tahun baru imlek, saya melakukan kegiatan melepaskan makhluk hidup untuk menunjukkan jika saya mencintai semua makhluk hidup. Setelah mengetahui hal ini, para penduduk menjadi terbiasa menangkap burung-burung untuk diberikan kepada saya guna dilepaskan kembali.”


Setelah menyimak cerita dari Zhao Jian Zi, sang sahabat berkata, ”Karena para penduduk tahu jika Anda gemar melepaskan makhluk hidup barulah saling berlomba-lomba untuk menangkap burung. Hal ini justru akan menyakiti lebih banyak makhluk hidup. Jika Anda memiliki hati yang baik, lestarikan keberadaan mereka, buatlah perintah larangan bagi penduduk untuk menangkap burung. Kebajikan dari melepaskan makhluk hidup yang telah ditangkap tidak akan dapat menutup kesalahan karena telah menangkap mereka.”


Zhao Jian Zi merasa apa yang dikatakan oleh sang sahabat adalah benar, segera melepaskan semua burung yang ada, kemudian melarang para penduduk untuk menangkap atau membunuh burung. Zhao Jian Zi melepaskan makhluk hidup adalah untuk menunjukkan jika dirinya memiliki hati yang penuh kasih, hanya saja berujung pada tujuan mendapatkan reputasi dan pujian.


Tindakan semacam ini sebenarnya mencelakai makhluk hidup. Teman Zhao Jian Zi adalah seorang yang bijaksana, dapat menunjukkan kesalahan dan menganjurkan agar para penduduk dilarang menangkap-membunuh burung. Salam kebajikan (Xie Zheng Ming)

Tidak ada komentar:
Write komentar