|
Welcome To My Website Kebajikan (De 德)......KEBAJIKAN ( De 德 ) Mengucapkan Xin Nian Kuai Le (新年快乐) 2571 / 2020...Xīnnián kuàilè, zhù nǐ jiànkāng chángshòu, zhù nǐ hǎo yùn..Mohon Maaf Blog ini masih dalam perbaikan....Dalam era kebebasan informasi sekarang, hendaknya kita dapat lebih bijak memilah, mencerna dan memilih informasi yang akurat. Kami menempatkan kepentingan pembaca sebagai prioritas utama. Semangat kami adalah memberikan kontribusi bagi pembaca agar dapat meningkatkan Etika dan Moral dalam kehidupan serta meningkatkan Cinta kasih tanpa pamrih pada sesama baik dalam lingkup lingkungan sekitar maupun lingkup dunia dan menyajikan keberagaman pandangan kehidupan demi meningkatkan pemahaman dan penghargaan terhadap kehidupan. Tanpa dukungan Anda kami bukan siapa-siapa, Terima Kasih atas kunjungan Anda

Kamis, 02 Oktober 2014

Keajaiban Jam Biologis dan Sirkulasi Meridian Akupunktur

 


KEBAJIKAN ( De 德 ) -  Baru-baru ini sebuah riset dari Harvard University, AS, menemukan, perilaku seseorang ternyata berhubungan erat dengan jam biologis. Orang yang biasa bangun pada pagi hari tersebut akan berperilaku lebih bermoral dan jujur, sedangkan para pekerja malam, pada saat malam hari taraf kejujurannya juga lebih tinggi. 

Penemuan yang menarik ini sekali lagi membuat topik pengaruh "jam biologis" terhadap tubuh manusia kembali menjadi hangat.

Pada waktu yang berbeda dalam sehari, semua kegiatan biologis tubuh manusia tidaklah sama. Perubahan regular yang teratur ini disebut jam biologis. Penulis beruntung telah diterima wawancara oleh dr. Huang Qianfeng, peneliti ilmu pengobatan preventif dari Akademi Kesehatan Umum Universitas Taiwan, serta sinshe Lan Shizhe seputar masalah jam biologis.

Dr. Huang menyatakan, pengaruh periode durasi sinar Matahari terhadap tubuh manusia, yang paling menonjol dapat kita saksikan adalah perubahan kandungan melatonin (sejenis hormon) yang dikeluarkan oleh pineal body yang terletak di bagian tengah dalam kepala, ada ilmuwan yang menganggap ini merupakan salah satu unsur krusial yang menguasai perubahan jam biologis tersebut.

Dr. Huang mengatakan: "Setelah retina mata terangsang oleh sinar, melalui sinyal saraf diteruskan ke Suprachiasmaticnucleus, SCN, yang terletak di hipotalamus, kemudian mengoordinasi kegiatan biologis organ dalam yang dikendalikan oleh hipotalamus, ini merupakan penjelasan tentang mekanisme periode durasi jam biologis manusia dewasa ini." Ia lebih lanjut menjelaskan, kegiatan biologis tetap yang dilakukan orang pada setiap hari antara lain tidur, makan, minum, buang air kecil dan lain-lain, semua melalui model seperti ini dan bergerak mengikuti perubahan waktu siang dan malam.

Dr. Huang mengatakan, memelihara kebiasaan hidup teratur, bekerja dan beristirahat sesuai jam biologis yang telah ditentukan oleh alam jagad raya untuk manusia, baru dapat secara efektif memelihara kesehatan, mencegah penyakit dan lebih panjang umur. Misalnya sekresi hormon melatonin pada malam hari sewaktu tidur, dapat berfungsi menurunkan tekanan darah dan jantung berdebar, serta dapat meningkatkan daya imun, mencegah penyakit kanker, menunda proses penuaan dan lain-lain. 


Apabila lantaran sering tidur malam atau sedang melakukan penerbangan jarak jauh lantas terjadi perbedaan waktu dan lain sebagainya, membuat sekresi melatonin menurun, tidak hanya memengaruhi kualitas tidur yang mengakibatkan spirit menurun, dalam jangka panjang juga akan merugikan kesehatan.

Teori Pengobatan Tradisional Tiongkok tentang jam biologis

 
Pengobatan Tradisional Tiongkok (PTT) selalu memerhatikan "Langit dan manusia menyatu". Manusia seharusnya mengikuti hukum jam biologis alami baru dapat panjang umur dan mengurangi timbulnya penyakit. Sinshe Lan mengatakan, terori jam biologis secara sederhana dapat diartikan bahwa dalam tubuh makhluk hidup memiliki hukum biologis tertentu.

"Hukum jam biologis semacam itu pada umumnya adalah tetap dan tidak berubah, akan tetapi dapat juga dipengaruhi oleh lingkungan eksternal." Sinshe Lan melanjutkan, "Siklus jam biologis tidak hanya siang dan malam saja, masih ada siklus bulanan, seperti Menstruasi; ritme pasang-surut, seperti hewan garis pantai; siklus tahunan, seperti hewan hibernasi (tidur selama musim dingin) dan lain-lain." 


Misalnya juga suhu tubuh, denyut jantung dan tekanan darah manusia, sebelum bangun tidur sudah mulai meningkat naik, semangat pada pagi hari bagus, sampai jam 2 sore akan berubah menjadi lamban dan letih, mulai jam 3 sore berubah kembali kemampuan bekerjanya.

Agar sehat, bekerja dan istirahat mengikuti hukum alam dan tubuh manusia

 
Sinshe Lan mengatakan, bekerja, istirahat dan pemeliharaan kesehatan selain mengikuti siklus 12 meridian, juga harus menyesuaikan perubahan iklim (empat musim) mengatur kembali waktu bekerja dan istirahat, inilah yang disebut mengikuti hukum alam dengan tubuh manusia. Jika melanggar hukum tersebut akan timbul berbagai macam kekacauan dalam tubuh, sehingga akan terjadi banyak penyakit.

Ia mengusulkan pembaca memeriksa kembali kebiasaan hidup masing-masing dengan seksama, kurangi kegiatan yang tidak bermanfaat dan hiburan audiovisual yang terlalu merangsang, memelihara kondisi hati yang lapang, tenteram dan damai, berusahalah tidur dengan tenang sebelum jam 11 malam, bekerja dan istirahat secara teratur, supaya jiwa dan raga Anda lebih sehat.

Metode pemeliharaan kesehatan PTT "pengaliran 12 meridian"

 
Sinshe Lan Shizhe menyatakan, teori jam biologis yang dimiliki ilmu pengobatan modern, sesungguhnya pada dahulu kala PTT telah memiliki teori "Pengaliran 12 Meridian" semacam itu yang menghubungkan waktu dengan fungsi biologis tubuh manusia. 


Pengaliran 12 Meridian dari PTT memiliki urutan tertentu, dapat ditemukan bahwa mekanismenya sangat masuk akal, energi meridian mengalir masuk ke dalam suatu organ, maka waktu itu memang sangat aktif kegiatan organ tersebut, jika manusia bekerja dan istirahat mengikuti urutan pengaliran meridian, maka barulah merupakan kegiatan yang paling sesuai dengan aktivitas alamiah tubuh manusia.

Orang zaman dahulu mengatakan, "Bekerja pada saat Matahari mulai terbit, beristirahat saat Matahari terbenam", namun di masyarakat industri dan perdagangan yang sangat kompleks sekarang ini, jarang sekali ada orang yang bekerja dan beristirahat dalam hidupnya mengikuti hukum yang sederhana tersebut. Saat ini timbul banyak penyakit modern dan kanker telah membuat manusia mulai menyadari pentingnya bekerja dan beristirahat secara teratur.

Sinshe Lan mengatakan, urutan 12 meridian seperti 'Aliran Meridian' dari ilmu akupunktur: "12 meridian dimulai dari meridian paru-paru jam 04:00- 06:00, selanjutnya meridian usus besar jam 06:00 - 08:00, meridian lambung jam 08:00 -10:00, meridian limpa jam 10:00 - 12:00, meridian jantung jam 12:00 - 14:00, meridian usus kecil jam 14:00 - 16:00, meridian kandung kemih jam 16:00 - 18:00, meridian ginjal jam 18:00 - 20:00, meridian perikardium jam 20:00 - 22:00, meridian sanciao jam 22:00 - 24:00, meridian empedu jam 00:00 - 02:00, terakhir meridian hati jam 02:00 - 04:00."

1. Meridian paru merupakan permulaan dari 12 meridian, dimulai bergerak mengalir pada jam 04:00 - 06:00, waktu tersebut Matahari akan terbit, energi Yin paling kuat, sedangkan energi Yang paling lemah, pada saat Yin dan Yang akan bergantian, penderita sistem pernapasan, gejala batuk akan kambuh. Kaum manula sebaiknya setelah Matahari terbit baru keluar berolahraga, dan perhatikan kehangatan tubuh, lindungi energi Yang dalam tubuhnya.

2. Meridian usus besar, mulai mengalir dari jam 06:00 - 08:00, energi usus besar pada saat ini paling kuat, maka setelah bangun pagi pada saat ini meneguk segelas besar air hangat dan disaat ini paling mudah BAB, orang yang sembelit dapat dibiasakan BAB pada saat ini.

3. Meridian lambung pada jam 08:00 - 10:00 energinya paling kuat, daya penyerapan lambung - usus paling kuat, sehingga paling cocok untuk makan pagi.

4. Meridian limpa pada jam 10:00 - 12:00 energinya paling kuat, setelah makan pagi, melalui penyerapan dan metabolisme, melalui limpa disalurkan ke seluruh tubuh, adalah waktu semangat paling baik, daya konsentrasi dan daya ingat paling baik, merupakan waktu terbaik untuk bekerja dan belajar.

5. Meridian jantung pada jam 12:00 - 14:00 dilewati aliran energi dan darah. Jantung berfungsi menguasai darah dan api, pada saat ini Matahari persis berada di tengah, merupakan saat paling kuat bagi energi Yang, pembuluh darah teraliri penuh, maka tidak baik untuk berolahraga keras, dapat mengacaukan peredaran energi, darah dan kejiwaannya. Energi Yang mulai turun dari puncaknya, tubuh merasakan lelah dan ngantuk, maka setelah makan siang sebaiknya tidur sejenak, akan sangat bermanfaat bagi pemulihan fisik dan semangat.

6. Meridian usus kecil pada jam 14:00 - 16:00 dilewati aliran energi. Fungsi usus kecil adalah memisahkan zat gizi, menyerap gizi yang dibutuhkan oleh tubuh dan mendorong sampah-sampah masuk ke usus besar. Penyaluran energi meridian lambung dan usus sampai tahap ini selesai. Maka makan malam (pda hari sebelumnya) sebaiknya tidak terlalu banyak, hal itu untuk menghindari penyerapan berlebihan karbohidrat, lemak dan protein, juga meringankan beban lambung dan usus.

7. Meridian kandung kemih pada jam 16:00 - 18:00 dilewati aliran energi, pada saat ini banyak minum air dapat membantu metabolisme sistem saluran kemih (urologi).

8. Meridian ginjal pada jam 18:00 - 20:00 dilewati aliran energi, waktu Matahari terbenam, merupakan waktu pergantian energi Yin dan energi Yang (habis total), maka setelah bekerja seharian sebaiknya beristirahat, supaya energi Yin – Yang dapat mencapai keseimbangan kembali.

9. Meridian perikardium pada jam 20:00 - 22:00 dilewati aliran energi, setelah makan malam sebaiknya beristirahat dan berjalan santai, supaya aliran energi dan darah lancar, serta energi di jantung dan dada dapat terasa longgar dan lapang, tidak terjadi staknasi.

10. Meridian sanjiao pada jam 22:00 - 00:00 dilewati aliran energi, Sanjiao merupakan organ saluran energi, darah dan air, pada saat itu energi Jiao atas, Jiao tengah dan Jiao bawah secara menyeluruh merawat 12 meridian dan organ-organ, hingga aktivitas saraf sangat tajam, daya ingat meningkat, dapat digunakan untuk membaca dan berpikir.

11. Meridian empedu pada jam 00:00 - 02:00 dilewati aliran energi, pada saat itu aliran energi dan darahnya sangat kuat, sedangkan empedu berperan membangkitkan aktivitas setiap organ, maka, ia menyiapkan kemampuan tersebut untuk keesokan harinya, dan mulai memperbaiki sel-sel sehingga sebaiknya tidur beristirahat. Jika dipaksakan, mudah timbul api empedu membara naik, terjadi gejala sulit tidur, rasa cemas, sistem saraf otonom tidak serasi dan lain sebagainya.

12. Meridian hati pada jam 02:00 - 04:00 dilewati aliran energi, pada saat ini sebagian besar organ sedang beristirahat, hanya hati yang melakukan metabolisme menetralisir racun, ketika dalam keadaan tidur, darah baru dapat mengalir kembali masuk ke hati, maka pekerjaan hati membuang dan menetralisir racun akan berjalan lancar. Jika dalam jangka panjang malam tidak tidur, mudah menimbulkan api hati membara naik, dapat timbul jerawat. Saam kebajikan (epochtimes)

Tidak ada komentar:
Write komentar