|
Welcome To My Website Kebajikan (De 德)......KEBAJIKAN ( De 德 ) Mengucapkan Xin Nian Kuai Le (新年快乐) 2571 / 2020...Xīnnián kuàilè, zhù nǐ jiànkāng chángshòu, zhù nǐ hǎo yùn..Mohon Maaf Blog ini masih dalam perbaikan....Dalam era kebebasan informasi sekarang, hendaknya kita dapat lebih bijak memilah, mencerna dan memilih informasi yang akurat. Kami menempatkan kepentingan pembaca sebagai prioritas utama. Semangat kami adalah memberikan kontribusi bagi pembaca agar dapat meningkatkan Etika dan Moral dalam kehidupan serta meningkatkan Cinta kasih tanpa pamrih pada sesama baik dalam lingkup lingkungan sekitar maupun lingkup dunia dan menyajikan keberagaman pandangan kehidupan demi meningkatkan pemahaman dan penghargaan terhadap kehidupan. Tanpa dukungan Anda kami bukan siapa-siapa, Terima Kasih atas kunjungan Anda

Minggu, 14 Desember 2014

Hakka San Bun (客家散文) Prosa Hakka

 


KEBAJIKAN ( De 德 ) -  Sip kiu se ki chu jap, Jit bui Mi Kuet chon kau se miang to Robert Smith, ki sia jit pun su, su miang he " Cung Kuet Hakka " (中国客家)miau sia choi Cung Kuet kai fu ngin tong cung, cui chet tet can song he Hakka fu ngin, jin bui tong se choi Cung Kuet tan chiang Hakka fu ngin mo cat kiok.

Robert Smith sia ko jit phian SanBun, thi muk he " Ji Ko Kho Ji " kin ha ngai ten ngin khon khon ki sia kai he makai, ngai fan jit con Jinni bun pun thaika, hi mong nen kew liau kai chi ka Hakka Ngin kai jiu tiam.

Pada awal abad 19, seorang missonaris dari Amerika bernama Robert Smith dalam buku "Chinese Hakka" yang ditulisnya, melukiskan bahwa diantara wanita-wanita di Tiongkok, wanita Hakka lah patut dipuji, karena hanya satu-satunya wanita Hakka yang tidak melakuan foot-binding (mengikat telapak kaki hingga abnormal).


Robert Smith menulis sebuah prosa, yang diberi judul “ JIKA BISA " mari kita lihat apa yang ditulisnya mengenai wanita Hakka, supaya kita tahu bahwa sebagai wanita Hakka mempunyai kelebihan.


 

如果可以,我想娶一个客家姑娘 勤劳、俭朴、坚忍不拔 具备传统优良品德 我幸福 我的家一尘不染

Jika bisa, saya ingin memperisteri seorang gadis Hakka Rajin, hemat, tekun karakter moral yang baik saya bahagia rumah saya tak berdebu sedikit pun.

如果可以,我想娶一个客家姑娘 温柔如水、善良可爱 每一天早晨起来 我看见 她爽朗的笑容 和一杯温暖的豆浆

Jika bisa, saya ingin memperisteri seorang gadis Hakka lembut bagaikan air, jujur, baik hati dan manis di setiap pagi hari saya melihat senyumnya cerah dengan segelas susu kedelai hangat.

如果可以,我想娶一个客家姑娘 知书达理、善解人意 每当我情绪低落之时 我知道 身后还有她无限的精神支柱

Jika bisa, saya ingin memperisteri seorang gadis Hakka bernalar dan penuh pengertian setiap kali ketika aku patah semangat aku tahu di belakang ada pilar spiritual yang menopang ku.

如果可以,我想娶一个客家姑娘 有主见、有事业心 家里家外的一把好手 我懂得 女人也可以活得很精彩

Jika bisa, saya ingin memperisteri seorang gadis Hakka mempunyai pandangan sendiri dan dedikasi baik didalam maupun diluar rumah, aku mengerti hidup mereka luar biasa memikat

如果可以,我想娶一个客家姑娘 男神眼中的女神 和她一起漫游客家足迹 和她一起回望客家历史的悠久 这一切,我们都异常的喜爱

Jika bisa, saya ingin memperisteri seorang gadis Hakka dia adalah batari dalam mata pria
bersama-sama dia menjelajah di bumi Hakka menyaksikan kembali sejarah Hakka nan panjang kesemuaan ini membuat kami sangat bersuka cita.

如果可以,我想娶一个客家姑娘 这是我心中小小的期盼 也是大大的愿望 我期待有一个长发及腰的客家姑娘 出现在我身旁 牵着她的手,去吃我最爱的梅菜扣肉 她从不嫌弃

Jika bisa, saya ingin memperisteri seorang gadis Hakka ini adalah pengharapan kecil dihati saya namun adalah hasrat besar saya. Saya kepingin seorang gadis Hakka yang berambut panjang muncul di sisi ku, sembari berpegangan tangan mencari masakan Khiau Nyuk dia tidak pernah keberatan.

如果可以,我想娶一个客家姑娘 一起给我们的客家宝宝讲述客家那过去的故事 还有那无数的英雄人物、客家精英 待宝宝慢慢成长 也望他会爱上一个客家姑娘

Jika bisa, saya ingin memperisteri seorang gadis Hakka mendongengkan anak kita tentang masa lalu orang Hakka sejumlah pahlawan dan kaum elit. Tatkalah anak kita dewasa berharap dia akan jatuh cinta dengan seorang gadis Hakka jua.

如果可以,我想娶一个客家姑娘 她或许是我记忆中的样子 或许她还没有清晰的样貌 但是我知道 我只想娶一个客家姑娘!

Jika bisa, saya ingin memperisteri seorang gadis Hakka barangkali hanya merupakan suatu memori, mungkin belum memiliki tampang yang jelas. Tapi aku mafhum, hamba hanya ingin mempersunting seorang gadis Hakka!  Salam Kebajikan (Sumber/Zhuge Liang)

Tidak ada komentar:
Write komentar