|
Welcome To My Website Kebajikan (De 德)......KEBAJIKAN ( De 德 ) Mengucapkan Xin Nian Kuai Le (新年快乐) 2571 / 2020...Xīnnián kuàilè, zhù nǐ jiànkāng chángshòu, zhù nǐ hǎo yùn..Mohon Maaf Blog ini masih dalam perbaikan....Dalam era kebebasan informasi sekarang, hendaknya kita dapat lebih bijak memilah, mencerna dan memilih informasi yang akurat. Kami menempatkan kepentingan pembaca sebagai prioritas utama. Semangat kami adalah memberikan kontribusi bagi pembaca agar dapat meningkatkan Etika dan Moral dalam kehidupan serta meningkatkan Cinta kasih tanpa pamrih pada sesama baik dalam lingkup lingkungan sekitar maupun lingkup dunia dan menyajikan keberagaman pandangan kehidupan demi meningkatkan pemahaman dan penghargaan terhadap kehidupan. Tanpa dukungan Anda kami bukan siapa-siapa, Terima Kasih atas kunjungan Anda

Minggu, 14 Desember 2014

Mengertilah Orang Lain Terlebih Dahulu

 


KEBAJIKAN ( De 德 ) -   Semua orang pasti merasa senang jika ada orang yang bisa mengerti dirinya. Tetapi untuk bisa dimengerti oleh orang lain, itu tidak mudah. Karena itu, jika ada orang yang bisa mengerti diri kita, sebaiknya kita menghormatinya karena dia juga punya andil dalam membuat diri kita merasa berharga.

Pribadi yang baik adalah pribadi yang mampu memahami dan mengerti orang lain terlebih dahulu, bukan pribadi yang mengedepankan egoisme, memaksakan kehendak, atau merasa paling benar, yang hanya akan membuat terputusnya hubungan antar sesama sebagai akibat dari ego yang selalu ingin dimengerti dan dipahami terlebih dahulu, baru kemudian mau mengerti dan memahami. 

Namun kadang dalam kehidupan ini, banyak orang yang cuma mau DIMENGERTI dan DIPAHAMI dan tidak mau MENGERTI dan MEMAHAMI. Jadi, kalau kita mau DIMENGERTI dan DIFAHAMI, Maka MENGERTI dan MEMAHAMI lah terlebih dahulu.

Dengarkanlah terlebih dahulu orang lain, pahami kondisi dan posisi mereka. Pahami apa yang menjadi keinginan mereka, maka dengan sendirinya kita akan dipedulikan. Itulah sebabnya Orang bijak tidak hanya ingin dimengerti, tetapi juga mau berusaha mengerti orang lain. Hidup pasti terasa lebih indah jika orang mau saling mengerti.

Orang yang sudah membantu kita pada saat menghadapi masa-masa sulit sebaiknya terus diingat dan dihormati. Bahkan, jika kedudukan kita sudah jauh lebih tinggi dari orang yang pernah menoiong dan harta kita sudah jauh lebih banyak darinya, kita harus tetap menghormati dan jika perlu membalas jasa mereka, terutama saat ia membutuhkan pertolongan dalam hidup.

Menolong orang juga demikian, tidak perlu mengharapkan suatu saat orang yang telah ditolong; membalas jasa. Orang bijak tahu apa artinya berterima kasih dan jika memberi tak perlu mengharap balas jasa orang tersebut. Salam kebajikan

Tidak ada komentar:
Write komentar