|
Welcome To My Website Kebajikan (De 德)......KEBAJIKAN ( De 德 ) Mengucapkan Xin Nian Kuai Le (新年快乐) 2571 / 2020...Xīnnián kuàilè, zhù nǐ jiànkāng chángshòu, zhù nǐ hǎo yùn..Mohon Maaf Blog ini masih dalam perbaikan....Dalam era kebebasan informasi sekarang, hendaknya kita dapat lebih bijak memilah, mencerna dan memilih informasi yang akurat. Kami menempatkan kepentingan pembaca sebagai prioritas utama. Semangat kami adalah memberikan kontribusi bagi pembaca agar dapat meningkatkan Etika dan Moral dalam kehidupan serta meningkatkan Cinta kasih tanpa pamrih pada sesama baik dalam lingkup lingkungan sekitar maupun lingkup dunia dan menyajikan keberagaman pandangan kehidupan demi meningkatkan pemahaman dan penghargaan terhadap kehidupan. Tanpa dukungan Anda kami bukan siapa-siapa, Terima Kasih atas kunjungan Anda

Minggu, 21 Desember 2014

Perayaan Tang Cue atau Dongzhi Festival (冬至)

 


KEBAJIKAN (De 德) -  Perayaan Musim Dingin atau Dongzhi festival atau Tang Cue (Hokkian) adalah salah satu festival yang paling penting dirayakan oleh Tiongkok dan Asia Timur setiap tahunnya pada setiap bulan 11 kalender lunar, yang tahun ini jatuh pada tanggal 22 Desember 2014.

Karakter Tionghoa untuk Dong Zhi adalah 冬至. Dong (冬) berarti musim dingin, Zhi (至) berarti paling/sangat. Dongzhi adalah hari dengan siang terpendek (malam terpanjang) di bumi bagian utara.

Menurut kepercayaan orang Tionghoa, jika pada hari Dong Zhi cuaca cerah, maka berarti pada saat tahun baru Imlek nanti (SinJia) akan hujan. Namun jika pada hari tersebut hujan, berarti tahun baru Imlek nanti akan cerah.

Pada hari Dong Zhi, orang-orang Tionghoa akan membuat Tang Yuan (湯圓) atau Onde-onde (dari tepung ketan dengan/tanpa isi di dalamnya yang dimakan/disajikan dengan kuah) untuk sembahyang kepada Dewata dan leluhur.

Menurut tradisi, biasanya Tang Yuan atau onde dibuat pada malam harinya dan sebelum Onde direbus akan selalu memutar nampan yang berisi onde searah jarum jam sambil berkata kata seperti berpantun dengan kata kata pengharapan seperti sbb :

圆 哑 圆 , 一 家 年 年 都 团 年 (yuán yǎ yuán , yī jiā nián nián dōu tuán nián), yang artinya Setiap tahun keluarga selalu berkumpul, sehingga hubungan keluarga menjadi selalu harmonis.
 

Bola ketan yang dikenal sebagai "Tang yuan" (湯圓) atau kita sebut "Onde" melambangkan persatuan dan keharmonisan keluarga. Yuan yang artinya bulat melambangkan kesempurnaan. Tangyuan kadang disebut tuanyuan yang artinya adalah reuni keluarga.

Ada pepatah yang mengatakan, " Tidak memakan pil emas, tidak memakan pil perak, tidak bertambah satu tahun." Maksudnya adalah mereka yang makan onde akan bertambah umurnya satu tahun dan ini merupakan suatu doa atau harapan agar kita selalu berumur panjang.

Ada yang mengatakan apabila umur anda 20 maka makanlah 20 butir + 1 Onde (TangYuen) lucu juga seandainya kakek kakek atau nenek nenek yang umur 90th harus menelan 90 butir + 1 butir Onde, + 1 berarti umur kita bertambah satu. Setelah makan onde-onde, maka berarti telah terhitung melewati 1 tahun, dan setiap orang telah bertambah umurnya 1 tahun.

Secara turun - temurun, festival ini menjadi saat berkumpul bagi seluruh anggota keluarga dengan satu kegiatan utama yang dilakukan (terutama bagi keluarga - keluarga di tiongkok selatan dan perantauan), yaitu membuat dan menikmati Tang Yuan.

Oleh karena itu makna perayaan Tang Cue sendiri bersifat kekeluargaan, dimana seluruh kerabat keluarga berkumpul, dan menikmati makan onde bersama, sehingga dalam perayaan ini keharmonisan dalam keluarga sangat diutamakan, sehingga perayaan ini penuh dengan makna rasa syukur apa yang diberikan oleh Yang Kuasa.

Dalam perayaan ini kita belajar menghormati keluarga, dan menghargai keluarga, dimana yang senior diutamakan dahulu dalam pemberian onde dahulu, baru kepada saudara, dan kawan - kawan kita. Artinya warga senior diberi penghormatan agar kita, bisa belajar dari menghormati sesama kita.

Awal festival ini mulai dirayakan adalah pada masa dinasti Han (206 SM - 220 M) dan berlanjut hingga dinasti Tang dan Song (tahun 618 - 1279). Bangsa Han memperingati awal musim dingin ini sebagai Festival Musim Dingin dengan berbagai perayaan yang meriah. Hari pertama musim dingin menjadi hari libur nasional. Pada masa dinasti Tang dan Song, perayaan awal musim dingin ini dilengkapi dengan upacara penghormatan bagi para dewata dan leluhur.

Kaisar akan berdoa kepada para dewata, sementara rakyat umumnya berdoa bagi arwah para leluhur. Pada masa dinasti Qing (1644 - 1911) perayaan ini bahkan dianggap sama pentingnya dengan perayaan musim semi.

Resep sederhana untuk membuat Onde :

  

Bahan bahan :

Tepung ketan 1 gelas
Pewarna makanan (optional saja)
Air hangat secukupnya
Pandan atau jahe(sesuai selera)
Gula merah atau gula batu(sesuai selera)

Cara membuatnya :


Tuangkan tepung beras ketan dalam mangkuk dan tambahkan air perlahan-lahan sampai campuran menjadi tekstur adonan.

Uleni adonan selama sekitar 5 menit. Bagi adonan menjadi beberapa bagian untuk diwarnai, tambahkan pewarna makanan pada masing masing bagian tersebut. Gulung adonan menjadi bola-bola kecil dan rebus onde dalam air mendidih dan apabila onde sudah mengapung berarti sudah matang dan angkat.

Buatkan Kuah Gula batu atau gula merah(sesuai selera juga dengan campuran pandan atau jahe).  Masukkan Onde yang sudah direbus tadi ke kuah yang sudah dicampur gula dan siap di hidangkan. “Happy Festival Dongzhi and Tang yuan with your beloved family.” Salam kebajikan

Tidak ada komentar:
Write komentar