|
Welcome To My Website Kebajikan (De 德)......KEBAJIKAN ( De 德 ) Mengucapkan Xin Nian Kuai Le (新年快乐) 2571 / 2020...Xīnnián kuàilè, zhù nǐ jiànkāng chángshòu, zhù nǐ hǎo yùn..Mohon Maaf Blog ini masih dalam perbaikan....Dalam era kebebasan informasi sekarang, hendaknya kita dapat lebih bijak memilah, mencerna dan memilih informasi yang akurat. Kami menempatkan kepentingan pembaca sebagai prioritas utama. Semangat kami adalah memberikan kontribusi bagi pembaca agar dapat meningkatkan Etika dan Moral dalam kehidupan serta meningkatkan Cinta kasih tanpa pamrih pada sesama baik dalam lingkup lingkungan sekitar maupun lingkup dunia dan menyajikan keberagaman pandangan kehidupan demi meningkatkan pemahaman dan penghargaan terhadap kehidupan. Tanpa dukungan Anda kami bukan siapa-siapa, Terima Kasih atas kunjungan Anda

Selasa, 27 Januari 2015

Paling Sulit adalah Menasihati Diri Sendiri

 


KEBAJIKAN ( De 德 ) -  Banyak hal mudah dipikirkan namun sulit dilaksanakan, orang-orang sering mengatakan, “Matanya tinggi tangannya rendah”, yang dimaksud “mata” di sini acap kali bukan hanya mata fisik, melainkan juga pikiran.

Sering sekali menasihati orang lain mudah, namun sulit untuk menasihati diri sendiri. Selama ini tidak mengerti apa sebabnya, baru beberapa waktu yang lalu menjadi jelas, ketika menasihati orang lain, diri kita juga mengerti bahwa alasan-alasan kita banyak yang tidak benar, kita sedang menipu orang lain; namun ketika menasihati diri kita sendiri sangatlah berbeda, kita tahu bahwa alasan itu adalah palsu, menipu orang lain mudah, namun menipu diri sendiri sulit, seperti dilansir dari efochtimes.

Beberapa waktu yang lalu seorang teman memberitahukan suatu hal pada saya, bahwa di daerahnya Taiwan, ada seorang pimpinan kantor pencegahan bunuh diri ternyata telah bunuh diri. Hal yang menyedihkan adalah orang dapat membebaskan diri orang lain namun tidak dapat membebaskan diri sendiri.

Beberapa tahun belakangan ini terdapat banyak peristiwa semacam ini, di kantor ada teman kerja, bila ada perselisihan antar tetangga akan meminta bantuannya untuk memberikan nasihat, teman sekerja ini sangat ramah, setiap dihubungi selalu akan hadir, dia sering disebut sebagai ibu ramah. 

Beberapa hari yang lalu, karena telah terjadi perselisihan dengan menantunya, hampir saja terjun dari lantai atas. Teman-teman sekerja semuanya sangat terperanjat, mengapa dia dapat menasihati orang lain, namun tidak dapat menasihati diri sendiri?

Sebenarnya bila ada teman menghadapi masalah, juga sering kali bercerita pada saya untuk meminta nasihat. Teman-teman juga sangat menaruh kepercayaan kepada saya, pada suatu saat, ketika saya mengalami masalah, saya tidak dapat menasihati diri sendiri, metode nasihat dari teman-teman semuanya belajar dari saya, tentunya lebih tidak berhasil, akhirnya setelah berusaha keras baru dapat keluar dari permasalahan.

Belajar menasihati orang lain, terlebih harus belajar menasihati diri sendiri, rasanya sangat sulit. Salam kebajikan

Tidak ada komentar:
Write komentar