|
Welcome To My Website Kebajikan (De 德)......KEBAJIKAN ( De 德 ) Mengucapkan Xin Nian Kuai Le (新年快乐) 2571 / 2020...Xīnnián kuàilè, zhù nǐ jiànkāng chángshòu, zhù nǐ hǎo yùn..Mohon Maaf Blog ini masih dalam perbaikan....Dalam era kebebasan informasi sekarang, hendaknya kita dapat lebih bijak memilah, mencerna dan memilih informasi yang akurat. Kami menempatkan kepentingan pembaca sebagai prioritas utama. Semangat kami adalah memberikan kontribusi bagi pembaca agar dapat meningkatkan Etika dan Moral dalam kehidupan serta meningkatkan Cinta kasih tanpa pamrih pada sesama baik dalam lingkup lingkungan sekitar maupun lingkup dunia dan menyajikan keberagaman pandangan kehidupan demi meningkatkan pemahaman dan penghargaan terhadap kehidupan. Tanpa dukungan Anda kami bukan siapa-siapa, Terima Kasih atas kunjungan Anda

Minggu, 01 Februari 2015

Etika Dalam Pergaulan

 


KEBAJIKAN ( De 德 ) -   知人远祸 (zhi ren yuan huo) yang artinya Dengan mengenal baik kepribadian seseorang dapat menghindarkan diri dari musibah

Pada jaman pemerintahan baginda Tang Su Zong (唐肃宗), hiduplah seorang pejabat yang bernama Guo Zi Yi (郭子仪). Beliau berhasil membantu baginda raja memadamkan pemberontakan dan memulihkan stabilitas nasional. Atas jasanya yang besar, baginda raja menganugerahi beliau gelar: Fen Yang Wang (汾阳王). Selain itu Guo Zi Yi, juga dipercaya oleh baginda Tang Su Zong untuk menduduki jabatan penting dan strategis.

Suatu ketika, Guo Zi Yi jatuh sakit dan tidak dapat menghadap ke baginda raja di istana. Mengetahui bahwa Guo Zi Yi sedang sakit, semua teman-teman sejawatnya menyempatkan diri untuk menengok beliau di kediamannya. 

Saat rombongan pejabat datang menengok, Guo Zi Yi berbaring di atas pembaringan, dengan santai bercakap-cakap dengan para tamu. Beliau tidak memerintahkan para pembantu yang melayaninya untuk keluar ruangan, sehingga dapat dengan jelas mendengar apa yang dicakapkan dan diperbincangkan.

Sewaktu penjaga melaporkan jika seorang pejabat yang bernama Lu Ji datang berkunjung. Guo Zi Yi segera memerintahkan para pelayan untuk keluar dari ruangan. Ia sendiri duduk di atas pembaringan, dengan sangat berhati-hati menerima kunjungan Lu Ji.

Setelah Lu Ji pamit untuk pulang, dengan penuh rasa heran orang rumah bertanya, ”Mengapa ada perbedaan sikap dalam menyambut kedatangan tamu?”

Guo Zi Yi berkata, ”Lu Ji adalah seorang yang buruk rupa dan berhati jahat, suka menyimpan dan membalas dendam. Ketika ia datang menengok saya, jika kalian berada di samping mendampingi pasti tidak akan bisa menahan tawa.”

Lu Ji akan merasa dihina dan direndahkan, kelak ia menjadi berkuasa pasti menuntut balas. Waktu itu mungkin tidak akan ada anak cucu dari keluarga Guo Zi Yi yang bisa lolos dari maut.
Apa yang diperkirakan oleh Guo Zi Yi memang tidak salah, berkat kepandaian Lu Ji berbicara, menyenangkan hati baginda raja, pada masa pemerintahan Tang De Zong (唐德宗) ia menjadi orang yang sangat dipercaya. 

Semua teman sejawat baik yang berkedudukan sama/lebih rendah mendapatkan pembalasan dendam dari Lu Ji, tak satu pun bisa selamat, satu-satunya yang selamat adalah keluarga Guo Zi Yi, karena mereka tidak pernah menyalahi Lu Ji.

一个人在世上一定会结交许多朋友,交朋友时千万要多多了解对方的人品个性, 以免交到不好的朋友,不但有吃亏上当的一天,还可以能惹来杀身大祸呢
Yi ge ren zai shi shang yi ding huo jie jiao xu duo peng you, jiao peng you shi qian wan yao duo duo liao jie dui fang de ren pin ge xing, yi mian jiao dao bu hao de peng you, bu dan you chi kui shang dang de yi tian, hai ke yi neng re lai sha sheng da huo ne

Di dalam kehidupan ini, seseorang akan bergaul dengan banyak orang. Dalam bergaul kita harus bisa mengenal dengan baik perangai/tabiat orang lain. Dengan demikian bila bertemu dengan orang yang tidak baik, kita tidak akan terpedaya dan bisa menghindarkan diri dari kemalangan. Salam kebajikan (Xie Zheng Ming)

Tidak ada komentar:
Write komentar