|
Welcome To My Website Kebajikan (De 德)......KEBAJIKAN ( De 德 ) Mengucapkan Xin Nian Kuai Le (新年快乐) 2571 / 2020...Xīnnián kuàilè, zhù nǐ jiànkāng chángshòu, zhù nǐ hǎo yùn..Mohon Maaf Blog ini masih dalam perbaikan....Dalam era kebebasan informasi sekarang, hendaknya kita dapat lebih bijak memilah, mencerna dan memilih informasi yang akurat. Kami menempatkan kepentingan pembaca sebagai prioritas utama. Semangat kami adalah memberikan kontribusi bagi pembaca agar dapat meningkatkan Etika dan Moral dalam kehidupan serta meningkatkan Cinta kasih tanpa pamrih pada sesama baik dalam lingkup lingkungan sekitar maupun lingkup dunia dan menyajikan keberagaman pandangan kehidupan demi meningkatkan pemahaman dan penghargaan terhadap kehidupan. Tanpa dukungan Anda kami bukan siapa-siapa, Terima Kasih atas kunjungan Anda

Selasa, 31 Maret 2015

8 Langkah Menjadi Pembicara yang Menarik

 


KEBAJIKAN ( De 德 ) Bagaimana cara berbicara secara efektif dan persuasif telah menjadi kemampuan penting dalam kehidupan modern. Meskipun untuk menjadi pembicara yang baik, Anda mungkin menghadapi beberapa kesulitan jika Anda adalah seorang yang pemalu atau introvert. 

Berbicara di depan orang banyak tidak pernah mudah, terutama ketika Anda perlu menjelaskan atau membuktikan sesuatu. Anda harus belajar bagaimana untuk menyampaikan pikiran dan informasi dengan cara yang lebih profesional dan kredibel sehingga audiens bisa mengerti dan mendukung pendapat Anda.

Dilansir dari efochtimes, Jangan mengharapkan hasil yang cepat. Anda harus banyak berlatih, mengembangkan beberapa kebiasaan, melawan rasa takut dan meningkatkan rasa percaya diri Anda. Apakah Anda memiliki pertemuan bisnis, presentasi, konferensi penting atau caramah. Mengutip dari womanitely.com, ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk menjadi pembicara yang sangat persuasif.

1. Membaca

Sebagian besar orang umumnya akan berhenti membaca buku, setelah mereka lulus dari sekolah /tingkat pendidikannya. Hal ini karena mereka berpikir itu sudah tidak diperlukan lagi.Padahal itu adalah konsep yang keliru.

Sebenarnya, membaca buku adalah sangat penting dalam meraih kesuksesan karier Anda. Kebanyakan orang sukses memiliki kebiasaan membaca buku selama 30 menit sehari. Ketika Anda membaca buku setiap hari, dapat meningkatkan pengetahuan, memori dan menambah kosa kata Anda. Dengan demikian , dapat membantu kelancaran pembicaraan Anda secara profesional dan meyakinkan dalam kehidupan sehari-hari.

2. Persiapan
 

Untuk menjadi seorang pembicara yang profesional dan menarik ,Anda hendaknya dapat melakukan beberapa persiapan. Diantaranya mempersiapkan sebuah naskah pidato yang singkat dan padat , juga tidak membosankan bagi para pendengar.

Anda dapat menambahkan beberapa referensi dan bahkan kutipan – kutipan, yang dapat membantu dalam mengekspresikan pikiran dan ide-ide Anda.

Anda juga harus membaca beberapa informasi tambahan, sebagai persiapan Anda untuk menjawab pertanyaan yang mungkin diajukan oleh para pendengar.

3. Praktek

Salah satu kunci keberhasilan seorang pembicara yang sukses adalah sering latihan berpidato sendiri Praktek atau latihan dapat membantu dan mengidentifikasi kesalahan Anda, meningkatkan cara berbicara serta bahasa tubuh Anda.

Anda dapat berlatih di depan keluarga , teman-teman atau di depan cermin dengan percaya diri dan nada suara yang jelas dan mudah dimengerti. Anda jangan berhenti juga jangan menyerah saat melakukan kesalahan. Kesalahan yang ada adalah awal dari pidato Anda yang sukses ,jadi jangan takut pada para pendengar di rumah Anda

4. Awali pidato dengan pembukaan yang menarik

Hal yang paling sulit dilakukan pada awal pidato adalah dapat menarik perhatian dari para pendengar. Pembicara yang sukses tahu bagaimana caranya menarik perhatian para audiens, dengan kata pembuka mereka.

Siapkan kata–kata pembuka yang menarik, sehingga dapat membuat semua orang mendengarkan Anda dengan penuh perhatian .

5. Dengan nada yang jelas dan kuat
 

Kemampuan ini memerlukan waktu berlatih dan usaha yang keras setiap harinya. Bahkan bila Anda tidak melakukan pertemuan dan presentasi sekarang, Anda juga akan menggunakan kemampuan ini di lain waktu, sehingga Anda akan semakin mahir dan profesional berpidato nantinya.

6. Gunakan bahasa tubuh

Bahasa tubuh memiliki kekuatan dan pengaruh yang sangat besar. Bila menggunakannya dengan benar, maka Anda dapat terlihat lebih percaya diri dan para pendengar lebih mudah untuk memahami isi pidato Anda.

Hal yang juga perlu diperhatikan adalah cara Anda berbicara, ekspresi wajah Anda, postur tubuh dan gerakan fisik Anda.

Mengembangkan cara berjabat tangan yang baik dengan ekspresi wajah yang ramah dan bersahabat, juga belajar tentang cara menjaga kontak mata Anda, mendengarkan orang lain, memperbaiki postur tubuh Anda dan jangan menyilangkan tangan Anda dan tersenyumlah bila diperlukan. Semua hal ini dapat membantu Anda menjadi pembicara yang sangat persuasif dan menarik.

7. Terlibat dalam apa yang Anda katakan
 

Anda harus menfokuskan pikiran pada isi pidato yang Anda sampaikan dan mengesampingkan dulu semua masalah pribadi Anda. Dan sebaiknya Anda juga fokus pada semua pertanyaan yang disampaikan oleh para audiens / pendengar Anda.

Bila Anda tidak tertarik pada apa yang Anda bicarakan, bagaimana dengan orang lain?

8. Meningkatkan rasa percaya diri
 

Jika Anda merasa tidak percaya diri di depan audiens, maka Anda tidak akan pernah dapat berbicara secara persuasif dan menarik, karena orang lain tidak akan percaya pada kata-kata Anda. Tanamkan konsep pada diri Anda bahwa Anda adalah seorang yang cerdas, profesional dan sukses.

Jika Anda dipilih untuk memberikan sambutan atau memimpin suatu rapat , maka pimpinan dapat percaya pada kemampuan Anda.

Berbicara dengan jelas, melakukan kontak mata, tersenyum dan bersikap ramah. Tampil dengan percaya diri, bahkan, ketika Anda merasa tidak dapat seperti itu dan Anda pasti akan menjadi salah satu pembicara terbaik di kantor Anda.

Berpidato di depan orang adalah tidak selalu mudah untuk dilakukan. Anda harus banyak berlatih dan meningkatkan kemampuan serta mengembangkan cara baru yang lebih baik lagi. Salam kebajikan

2 komentar:
Write komentar