|
Welcome To My Website Kebajikan (De 德)......KEBAJIKAN ( De 德 ) Mengucapkan Xin Nian Kuai Le (新年快乐) 2571 / 2020...Xīnnián kuàilè, zhù nǐ jiànkāng chángshòu, zhù nǐ hǎo yùn..Mohon Maaf Blog ini masih dalam perbaikan....Dalam era kebebasan informasi sekarang, hendaknya kita dapat lebih bijak memilah, mencerna dan memilih informasi yang akurat. Kami menempatkan kepentingan pembaca sebagai prioritas utama. Semangat kami adalah memberikan kontribusi bagi pembaca agar dapat meningkatkan Etika dan Moral dalam kehidupan serta meningkatkan Cinta kasih tanpa pamrih pada sesama baik dalam lingkup lingkungan sekitar maupun lingkup dunia dan menyajikan keberagaman pandangan kehidupan demi meningkatkan pemahaman dan penghargaan terhadap kehidupan. Tanpa dukungan Anda kami bukan siapa-siapa, Terima Kasih atas kunjungan Anda

Rabu, 04 Maret 2015

Gerakan Sederhana Pelihara Kesehatan

 


KEBAJIKAN ( De 德 ) Untuk mendapatkan tubuh yang sehat tidak harus melakukan olahraga yang berat ataupun mengonsumsi makanan yang mahal. Dengan gerakan yang ringan dan sederhana pun kita bisa mendapatkan tubuh sehat, juga tidak harus pergi ke gym. Beberapa gerakan sehari-hari tanpa kita sadari juga merupakan terapi alami untuk kesehetan tubuh kita, seperti dilansir dari efochtimes.

1. Menyisir rambut

Menyisir rambut dapat merangsang titik-titik akupunktur di bagian kepala sehingga dapat memperlancar aliran energi meridian, menyelaraskan fungsi saraf, memperkuat aktivitas sekresi kelenjar, memperbaiki sirkulasi darah, serta meningkatkan fungsi metabolisme.

Sering menyisir rambut dapat membuat wajah kita sehat kemerahan dengan semangat menyala. Selain itu menyisir rambut juga dapat menyembuhkan insomnia (susah tidur), kepala pening, palpitasi (denyut jantung tidak teratur), kelainan akibat penyakit pitam (pembuluh yang menuju ke otak tersumbat oleh gumpalan darah atau kotoran yang terdapat pada darah), dan tindakan tambahan untuk penanganan anak muda yang rambutnya memutih.

Setiap hari menyisir rambut 3-5 kali dan tiap kali menyisir tidak kurang dari 3-5 menit. Menjelang tidur malam paling baik menyisir rambut satu kali.

2. Menggeliat

Menggeliat dapat membuat sebagian besar otot-otot tubuh mengerut, sehingga darah yang mengendap “diusir” kembali ke dalam jantung. Dengan demikian dapat meningkatkan jumlah aliran darah dan memperbaiki sirkulasi darah.

Karena itu, sering menggeliat ke samping dapat meningkatkan pengembangan dan pengerutan otot serta meningkatkan sirkulasi darah, juga membuang produk-produk hasil metabolisme otot-otot tubuh, sehingga dapat berfungsi menghilangkan kelelahan. Hasilnya seluruh tubuh terasa nyaman dan segar bersemangat.

3. Berjinjit

Dalam kegiatan sehari-hari, terutama setelah duduk atau berdiri dalam waktu yang lama, anggota badan bagian bawah akan terasa ngilu dan letih. Untuk menyegarkan kembali, lakukan jinjit di ujung jari kaki.

Pada saat berjinjit, tekanan dari otot betis mengarah ke kedua kaki. Gerakan ini dapat meningkatkan aliran darah balik pada anggota tubuh bagian bawah dan meningkatkan sirkulasi darah, sehingga mengurangi ngilu anggota tubuh bagian bawah dan mencegah terjadinya varises vena dan pengendapan pigmen kulit anggota tubuh bagian bawah.

Caranya: sepasang kaki berdiri rapat menempel lantai, kemudian berjinjit sekuatnya. Pertahankan 2-3 detik. Gerakan ini dapat diulang berkali-kali.

4. Menghirup nafas dalam-dalam

 
Menghirup nafas dalam-dalam dapat meningkatkan pengeluaran udara kotor dari paru-paru, meningkatkan kapasitas vital paru-paru dan kandungan oksigen dalam darah, serta mempercepat sirkulasi darah.

5. Mengetukkan gigi

 
Setiap hari menjelang makan pertahankan seluruh tubuh dalam keadaan santai, bibir terkatup ringan. Kemudian ketuk-ketukkan gigi atas dengan gigi bawah secara berirama dan ringan. Lakukan setiap kali dengan mengetukkan 4-8 kali. Hal ini dapat memperkokoh gigi dan mencegah terjadinya penyakit gigi.

6. Memutar bola mata

 
Kedua bola mata diputar dari kiri ke kanan sebanyak 14 kali. Selanjutnya putar dari kanan ke kiri 14 kali. Kemudian pejamkan mata rapat-rapat, lantas buka dengan cepat. Jika dilakukan dengan giat sepanjang tahun, dapat membuat mata bergerak lincah. Mengurangi pengaruh katarak dan memperbaiki kondisi penglihatan rabun dekat maupun jauh.

7. Menggosok-gosok telapak kaki dengan tangan

 
Setiap malam setelah mencuci kaki, sebelum tidur menggosok-gosokkan telapak kaki selama 20 menit, sangat bagus untuk menyehatkan dan menguatkan kaki serta tubuh. Karena menggosok-gosok titik akupunktur Yong Quan yang terletak di tengah-tengah telapak kaki dapat memperbaiki kondisi fisik dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.  Salam kebajikan

Tidak ada komentar:
Write komentar