|
Welcome To My Website Kebajikan (De 德)......KEBAJIKAN ( De 德 ) Mengucapkan Xin Nian Kuai Le (新年快乐) 2571 / 2020...Xīnnián kuàilè, zhù nǐ jiànkāng chángshòu, zhù nǐ hǎo yùn..Mohon Maaf Blog ini masih dalam perbaikan....Dalam era kebebasan informasi sekarang, hendaknya kita dapat lebih bijak memilah, mencerna dan memilih informasi yang akurat. Kami menempatkan kepentingan pembaca sebagai prioritas utama. Semangat kami adalah memberikan kontribusi bagi pembaca agar dapat meningkatkan Etika dan Moral dalam kehidupan serta meningkatkan Cinta kasih tanpa pamrih pada sesama baik dalam lingkup lingkungan sekitar maupun lingkup dunia dan menyajikan keberagaman pandangan kehidupan demi meningkatkan pemahaman dan penghargaan terhadap kehidupan. Tanpa dukungan Anda kami bukan siapa-siapa, Terima Kasih atas kunjungan Anda

Kamis, 05 Maret 2015

Kemangi: Rajanya Herbal

 


KEBAJIKAN (De 德)Kemangi (basil) yang dalam bahasa latin disebut Ocinumbassilum ferina citratum . Daun kemangi sering digunakan sebagai penyedap masakan karena aromanya yang khas dan juga sebagai lalap. Selain itu, daun kemangi ternyata juga berkhasiat sebagai tanaman obat yang bisa mengatasi berbagai masalah kesehatan, seperti dikutip dari Secretchina.

Nama “basil” berasal dari kata “basileus” dalam bahasa Yunani yang berarti “raja” dan dengan sendirinya dianggap sebagai raja herbal oleh banyak koki.

Daun kemangi segar melengkapi berbagai macam makanan, termasuk telur, ikan (terutama salmon), lobster, terung, zucchini, capsicum dan, tentu saja, tomat. Ini juga tambahan yang bagus untuk hidangan berupa rebusan, jus-jusan, maupun sup-supan.

Rasa kemangi menjadi lebih kuat pada musim panas saat matahari meningkat intensitasnya. Untuk rasa terbaik, pilih daun sebelum tanaman berbunga karena mereka akan lebih berminyak yang memberikan aroma lezat.

Daun yang lebih tua cenderung memiliki rasa lebih tajam. Kemangi memiliki rasa yang kuat jadi jangan terlalu banyak digunakan dalam memasak. Dia akan cenderung kehilangan aroma ketika dimasak, bagaimanapun, jadi tambahkan di piring sesaat sebelum disajikan.

Anda dapat menggunakan daun kemangi kering atau segar, meskipun daun kering memiliki lebih sedikit rasa. Simpan daun segar dalam kantong kertas cokelat di kulkas dan simpan daun kering di botol kaca.

Ahli herbal sering merekomendasikan kemangi untuk keluhan pencernaan dan secangkir teh kemangi setelah makan membantu pencernaan dan menghalau perut kembung. Dia juga membantu kram perut, muntah dan sembelit. Herbal ini juga dapat digunakan sebagai obat penenang ringan dan kadang-kadang dianjurkan untuk sakit kepala dan kegelisahan.

Daun kemangi juga mengandung komponen nongizi antara lain senyawa flavonoid dan eugenol, arginin, anetol, boron, dan minyak atsiri. Flavonoid dan eugenol berperan sebagai antioksidan, yang dapat menetralkan radikal bebas, menetralkan kolesterol dan bersifat antikanker.

Senyawa ini juga bersifat antimikroba yang mampu mencegah masuknya bakteri, virus, atau jamur yang membahayakan tubuh. Daun kemangi sangat bagus dikonsumsi wanita karena eugenolnya dapat membunuh jamur penyebab keputihan.

Selain itu kemangi juga untuk menghalau lalat dan nyamuk, yang membuatnya menjadi tanaman pot terbaik di dapur Anda, atau dekat dengan panggangan (barbeque). Buang bunga untuk mendorong pertumbuhan daun dan petik daun teratas karena dia akan bertambah tinggi. Ini akan melepaskan aroma untuk menangkal lalat dan juga membantu pertumbuhannya. Letakkan dalam posisi terkena matahari, namun terlindung dari cahaya hingga tanah berpasir.  Salam kebajkan

Tidak ada komentar:
Write komentar