|
Welcome To My Website Kebajikan (De 德)......KEBAJIKAN ( De 德 ) Mengucapkan Xin Nian Kuai Le (新年快乐) 2571 / 2020...Xīnnián kuàilè, zhù nǐ jiànkāng chángshòu, zhù nǐ hǎo yùn..Mohon Maaf Blog ini masih dalam perbaikan....Dalam era kebebasan informasi sekarang, hendaknya kita dapat lebih bijak memilah, mencerna dan memilih informasi yang akurat. Kami menempatkan kepentingan pembaca sebagai prioritas utama. Semangat kami adalah memberikan kontribusi bagi pembaca agar dapat meningkatkan Etika dan Moral dalam kehidupan serta meningkatkan Cinta kasih tanpa pamrih pada sesama baik dalam lingkup lingkungan sekitar maupun lingkup dunia dan menyajikan keberagaman pandangan kehidupan demi meningkatkan pemahaman dan penghargaan terhadap kehidupan. Tanpa dukungan Anda kami bukan siapa-siapa, Terima Kasih atas kunjungan Anda

Senin, 30 Maret 2015

Khasiat Pisang untuk Kesehatan

 


KEBAJIKAN ( De 德 ) -  Dengan menggunakan hewan sebagai percobaan, profesor Yamazaki dari University of Tokyo, Jepang membandingkan imunokompeten (kemampuan tubuh untuk mengembangkan respon kekebalan terhadap infeksi atau penyakit) dari buah pisang, anggur, apel, semangka, nanas, pir, kesemek atau buah-buahan lainnya, dan hasilnya membuktikan bahwa pisang adalah yang terbaik di antara buah tersebut.

Pisang juga dapat meningkatkan sel darah putih, memperbaiki fungsi sistem kekebalan tubuh, bahkan dapat menyerang zat TNF (tumor necrosis factor) dari sel-sel abnormal.  Profesor Yamazaki mengatakan, bahwa pisang yang berbintik hitam di permukaan kulitnya itu lebih kuat 8 kali lipat dalam meningkatkan kemampuan sel darah putih dibanding pisang matang berkulit hijau.

Hasil penelitian lain menyebutkan, bahwa cukup dengan dua buah pisang, dapat memberikan energi yang cukup dalam menjaga aktivitas olahraga berat selama  90 menit. Selain itu, pisang tidak hanya dapat menyediakan energi, tetapi juga dapat membantu kita mengatasi atau mengobati banyak penyakit dan kondisi fisik.


Dilutip dari Bayvoice, Berikut manfaat dari buah pisang untuk tubuh.

1. Mengurangi depresi

 
Karena pisang mengandung asam amino, yang dapat diubah menjadi serotonin, sehingga membuat rileks sekaligus memperbaiki suasana hati.

2. Anemia

Pisang mengandung zat besi yang relatif tinggi, yang dapat merangsang hemoglobin dalam darah.

3. Tekanan darah tinggi

Pisang mengandung kalium yang sangat tinggi, namun sangat rendah sodium, adalah makanan yang ideal untuk menurunkan tekanan darah. FDA(BPOM-nya AS)  mengumumkan, mengizinkan industri pisang mempromosikan bahwa “pisang dapat menurunkan tekanan darah dan risiko stroke”.

4. Kekuatan otak

Demi meningkatkan kekuatan otak, sebanyak 200 siswa di Twickenha, Inggris, dimana sejak awal semester, mulai makan pisang secukupnya saat sarapan, makan siang dan istirahat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pisang yang kaya potasium, yang dapat meningkatkan konsentrasi siswa dan membantu mereka dalam proses belajar.

5. Sembelit

Pisang tinggi akan serat, dapat membantu memulihkan aktivitas normal usus dan lambung! Tidak perlu obat pencahar untuk mengatasi sembelit.

6. Mabuk minuman keras

Pisang dicampur dengan madu dapat meredakan mabuk sepanjang waktu. Pisang melegakan lambung, sementara madu meninggikan kadar gula darah, menenangkan mental dan memproduksi karbohidrat.

7. Angina pektoris atau angin duduk (rasa kejang kantung)


Pisang memiliki suatu kadar keasaman alami yang berkhasiat sebagai analgesik atau pereda sakit.

8. Lesu pada pagi hari

 
Seusai sarapan dan sebelum makan siang, makan pisang dalam jumlah kecil untuk menjaga kestabilan kadar gula darah.

9. Bekas gigitan nyamuk / serangga


Gosok perlahan pada bekas gigitan dengan kulit pisang bagian dalam, dapat memudarkan pembengkakan dan menghilangkan radang.

10.  Saraf tegang

Pisang kaya dengan vitamin B, dapat membantu mengendurkan sistem saraf.

11.Tukak lambung

Pisang adalah terapi makanan yang mengatur ketidak selarasan gastrointestinal, sebab pisang mengandung serat yang lembut dan halus. Pisang juga dapat menetralkan asam lambung dan mengurangi rasa sakit.

12. Mengontrol suhu

Di Thailand, supaya sang bayi memiliki suasana yang nyaman saat lahir, para ibu hamil akan mengonsumsi pisang menjelang melahirkan.

13. Menghentikan kebiasaan merokok

Pisang dapat membantu menghentikan kebiasaan merokok. Pisang mengandung vitamin B6 dan B12, kalium dan magnesium yang juga dapat membantu mereka yang hendak menghentikan kebiasaan merokok, karena tidak ada efek rangsangan nikotin.

14. Stres

Potasium atau kalium yang terdapat pada pisang, dapat mengatur denyut jantung berdetak secara normal, untuk kelancaran oksigen ke otak, dan mengatur cairan tubuh. saat mengalami tekanan karena tegang, metabolisme kita akan bertambah cepat, sehingga akan menurunkan kadar kalium. Sementara kandungan kalium yang tinggi pada pisang, kebetulan dapat dijadikan sebagai suplemen

15. Poplexia atau penyakit pitam

 
Menurut hasil studi dari “The New England Journal of Medicine” , bahwa dengan mengonsumsi pisang dalam jangka waktu panjang, rasio kematian akibat stroke atau penyakit pitam menurun drastis sebesar 40% . Jika dibandingkan dengan apel,  protein dalam pisang lebih banyak 4 kali lipat, dua kali kandungan karbohidrat, tiga kali fosfor, lima kali lipat vitamin A dan zat besi, lebih dari dua kali vitamin dan mineral lainnya.

Pisang juga kaya akan kalium, merupakan makanan yang paling bermanfaat. Jadi, seharusnya merevisi kalimat “sehari satu apel, dokter pun akan menjauhi kita” itu diubah menjadi “Sehari sebuah pisang, dokter pun akan menjauhi kita”.

16. Meringankan mata kering dan mencegah penuaan dini pada mata

Mereka yang bekerja di depan komputer, kerap akan merasakan mata kering atau kemerahan, nyeri. Jika setiap hari makan satu buah pisang, berkhasiat mengatasi kondisi seperti itu. Pisang memiliki khasiat melindungi mata.

Fungsi pisang dalam melindungi mata terutama karena kandungan kaliumnya yang melimpah. Jika tubuh kita berlebihan menyerap kadar garam dapat menyebabkan sejumlah besar cairan tertinggal di dalam sel, sehingga terjadi iritasi mata. Kalium dalam pisang dapat membantu tubuh mengeluarkan garam-garam yang berlebihan ini, agar tubuh mencapai keseimbangan kalium dan natrium, meredakan gejala ketidaknyamanan pada mata. Selain itu, pisang juga kaya akan karoten, ketika tubuh seseorang kekurangan zat ini, mata akan menjadi nyeri, kering, mata kusam tidak bercahaya, dehidrasi dan kurang semangat.

Dengan mengonsumsi pisang tidak hanya bisa mengurangi gejala-gejala tersebut di atas, tetapi juga dapat mengurangi kelelahan mata dalam batas tertentu dan mencegah penuaan dini pada mata. Salam kebajikan

Tidak ada komentar:
Write komentar