|
Welcome To My Website Kebajikan (De 德)......KEBAJIKAN ( De 德 ) Mengucapkan Xin Nian Kuai Le (新年快乐) 2571 / 2020...Xīnnián kuàilè, zhù nǐ jiànkāng chángshòu, zhù nǐ hǎo yùn..Mohon Maaf Blog ini masih dalam perbaikan....Dalam era kebebasan informasi sekarang, hendaknya kita dapat lebih bijak memilah, mencerna dan memilih informasi yang akurat. Kami menempatkan kepentingan pembaca sebagai prioritas utama. Semangat kami adalah memberikan kontribusi bagi pembaca agar dapat meningkatkan Etika dan Moral dalam kehidupan serta meningkatkan Cinta kasih tanpa pamrih pada sesama baik dalam lingkup lingkungan sekitar maupun lingkup dunia dan menyajikan keberagaman pandangan kehidupan demi meningkatkan pemahaman dan penghargaan terhadap kehidupan. Tanpa dukungan Anda kami bukan siapa-siapa, Terima Kasih atas kunjungan Anda

Rabu, 15 April 2015

Kisah Dibalik Pepatah Tiongkok Kuno, Jǔ Qi Bu Ding (舉棋不定)

 


KEBAJIKAN ( De 德 ) Pepatah Tiongkok, "Jǔ Qi Bu Ding (舉棋不定)," yang secara harfiah diterjemahkan sebagai,"Memegang bidak catur, namun ragu-ragu untuk membuat langkah selanjutnya." Hal ini menggambarkan,  pikiran seseorang yang tidak dapat membuat atau memutuskan sesuatu hal. Ini berasal dari sebuah cerita yang tercatat dalam buku Zuo Zhuan (1), dikutip dari efochtimes.

Selama Musim Semi dan Gugur (770-476 SM), Raja Xian dari negara Wei adalah seorang tirani. Pada 559 SM, ia digulingkan dan diusir dari negaranya oleh para menteri Sun dan Ning, maka saudara Xian menjadi raja.

Bertahun-tahun telah berlalu. Ning menyesal telah mengusir Xian keluar dari negaranya dan dia mengatakan kepada anaknya Diaozi, yang saat itu sebagai menteri yang kuat, untuk membantu Xian kembali ke Wei.

Xian sebenarnya sudah bersiap-siap untuk membalas dendam, sehingga ia mengambil kesempatan ini dan mengirimkan Diaozi sebuah pesan yang menjanjikan bahwa dia tidak akan menjadi ancaman baginya.

Diaozi membicarakan hal ini dengan menteri lainnya. Salah satu menteri menasihatinya untuk tidak mempercayai Xian, dengan mengatakan, "Dia adalah seorang tirani. Ayahmu telah mengantarnya ke luar negeri dan sekarang Anda ingin dia kembali? Bukankah hal ini seperti bermain catur dan tidak memiliki rencana yang konsisten. Jika Anda hanya memegang bidak catur dan ragu-ragu tentang langkah selanjutnya, maka Anda pasti akan kalah."

Namun, Diaozi tetap bersikeras untuk memulangkan Xian kembali ke negara Wei. Pada 546 SM, Xian membunuh Diaozi dan semua orang dalam yang terlibat memaksa dia untuk meninggalkan negara itu 12 tahun yang lalu.

Kemudian, orang menggunakan pepatah ini untuk menggambarkan seseorang yang ragu-ragu, atau tidak
konsisten, atau orang-orang yang sering mengubah pikiran mereka.

Sebuah Pepatah Tiongkok yang sama yaitu,"
Anda Yu bu Jue (猶豫不決), yang secara harfiah bermakna sebagai "Ragu-ragu dan tidak memutuskan." Ini berarti seseorang yang pikirannya tidak konsisten atau sering ragu-ragu.

The "Anda" (猶) dalam pepatah ini adalah semacam binatang legendaris yang sangat pemalu dan mencurigakan. Setiap kali dia mendengar suara, maka dia segera ketakutan dan  menyembunyikan dirinya karena mencurigai bahwa ada pemburu di dekatnya yang akan mencoba menangkapnya atau ada hewan lain.

"Anda" biasanya akan melompat ke sebuah pohon dan bersembunyi, menusuk kepalanya untuk mengintip dan melihat sekelilingnya. Anda akan mengulangi perilaku ini
secara berulang-ulang, yang akan menghabiskan waktunya setengah hari dengan berjalan naik dan turun pohon dan membuang banyak energi.

Catatan:

"Zuo Zhuan" ( 左 傳 ), juga disebut "Chunqiu Zuo Zhuan," adalah salah satu sumber yang paling penting untuk memahami sejarah Musim Semi dan Gugur (770-476 SM). Hal ini disebabkan Zuo Qiuming sebelum 389 SM dianggap sebagai komentar ke " Chun Qiu ." Salam kebajikan

Tidak ada komentar:
Write komentar