|
Welcome To My Website Kebajikan (De 德)......KEBAJIKAN ( De 德 ) Mengucapkan Xin Nian Kuai Le (新年快乐) 2571 / 2020...Xīnnián kuàilè, zhù nǐ jiànkāng chángshòu, zhù nǐ hǎo yùn..Mohon Maaf Blog ini masih dalam perbaikan....Dalam era kebebasan informasi sekarang, hendaknya kita dapat lebih bijak memilah, mencerna dan memilih informasi yang akurat. Kami menempatkan kepentingan pembaca sebagai prioritas utama. Semangat kami adalah memberikan kontribusi bagi pembaca agar dapat meningkatkan Etika dan Moral dalam kehidupan serta meningkatkan Cinta kasih tanpa pamrih pada sesama baik dalam lingkup lingkungan sekitar maupun lingkup dunia dan menyajikan keberagaman pandangan kehidupan demi meningkatkan pemahaman dan penghargaan terhadap kehidupan. Tanpa dukungan Anda kami bukan siapa-siapa, Terima Kasih atas kunjungan Anda

Selasa, 21 April 2015

Wéi rén zǐ fāng shǎo shí qīn shī yǒu xí lǐ yí (為人子, 方少時; 親師友, 習禮儀).

 


KEBAJIKAN (De 德) Wéi rén zǐ fāng shǎo shí qīn shī yǒu xí lǐ yí (為人子, 方少時; 親師友, 習禮儀). Sebagai anak manusia, sejak dari usia dini seharusnya belajar dari berhubungan dekat dengan guru yang tepat dan teman yang benar. Dari mereka pelajari norma-norma kehidupan dan praktekkan tata susila.

Kongzi sepanjang sejarah tionghua sangatlah dijunjung sebagai seorang suci dan jaman dinasti Ming tahun ke 9 periode Jiajing diberi gelar “至聖先師, Zhìshèngxiānshī” artinya kurang lebih “orang suci teragung, sang guru utama”.


Semua penghargaan itu bukanlah datang begitu saja, akan tetapi datang dari usaha yang giat. Kongzi pada usia 3 tahun telah kehilangan ayahnya yang meninggal karena sakit. Ibunya walau hidup dalam kemiskinan, tetap mendidik Kongzi agar bisa menjadi orang.
 

Di masa Kongzi, upacara penghormatan terhadap langit dan bumi adalah suatu ritual yang sangat tinggi derajatnya dan bersifat sangat suci nan agung. Maka dari itu sejak kecil Kongzi telah belajar dan berlatih diri dalam tata susila berbagai upacara. 

Beliau juga belajar norma-norma sosial, dengan tekun di sekolah dan sangat menghormati guru. Sampai dewasa, beliau kemudian memulai karya agung. Begitulah sekelumit kisah Kongzi sehingga beliau kemudian juga dijuluk i萬世師表,Wànshìshībiǎo, “suri teladan bagi para guru sepanjang masa”.(Sumber)

Tidak ada komentar:
Write komentar