|
Welcome To My Website Kebajikan (De 德)......KEBAJIKAN ( De 德 ) Mengucapkan Xin Nian Kuai Le (新年快乐) 2571 / 2020...Xīnnián kuàilè, zhù nǐ jiànkāng chángshòu, zhù nǐ hǎo yùn..Mohon Maaf Blog ini masih dalam perbaikan....Dalam era kebebasan informasi sekarang, hendaknya kita dapat lebih bijak memilah, mencerna dan memilih informasi yang akurat. Kami menempatkan kepentingan pembaca sebagai prioritas utama. Semangat kami adalah memberikan kontribusi bagi pembaca agar dapat meningkatkan Etika dan Moral dalam kehidupan serta meningkatkan Cinta kasih tanpa pamrih pada sesama baik dalam lingkup lingkungan sekitar maupun lingkup dunia dan menyajikan keberagaman pandangan kehidupan demi meningkatkan pemahaman dan penghargaan terhadap kehidupan. Tanpa dukungan Anda kami bukan siapa-siapa, Terima Kasih atas kunjungan Anda

Minggu, 18 Oktober 2015

Ahli Saraf Mencoba Mengukur Manfaat Bermeditasi

 


KEBAJIKAN ( De 德 ) -  Kualitas kesadaran selalu bersifat personal dan sering kali menyangkut hal spiritual, tapi pengalaman tersebut tidaklah harus subjektif. Metode coding mediasi terbaru mencoba membuka pelatihan ini untuk uji klinis.

“Di dalam ilmu saraf dari kesadaran dan meditasi, salah satu masalah yang kami miliki adalah tidak memahami pelatihan ini secara luar dalam,” kata Catherine Kerr, asisten profesor (penelitian) pengobatan keluarga di Brown University, AS. “Apa yang kita benar-benar dibutuhkan adalah mekanisme yang lebih baik untuk menghasilkan hipotesis klinis teruji dan pengalaman hipotesis yang relevan.”

Sekarang peneliti mendapatkan alat yang bisa digunakan untuk melacak pengalaman yang dibabarkan oleh para meditator atas aktivitas tertentu di otak. Sebuah tim peneliti Brown University yang dipimpin oleh Juan Santoyo Junior, mempresentasikan pendekatan penelitian mereka di Konferensi Tahunan ke-12 International Scientific dari Pusat Kesadaran di Sekolah Medis University of Massachusetts, As.

“Kami akan ‘membahas’ bagaimana hal ini berlaku sebagai alat umum untuk pengembangan dari perawatan kesehatan mental yang ditargetkan,” ujar Juan Santoyo. “Kami dapat menjelajahi bagaimana pengalaman tertentu berbaris dengan pola-pola tertentu dari aktivitas otak. Kita tahu pola-pola tertentu dari aktivitas otak yang terkait dengan gangguan kejiwaan tertentu.”

Penataan spiritual

Dalam konferensi tersebut, tim ini akan membingkai implikasi yang luas dengan apa yang mungkin tampak seperti perbedaan kecil, yakni: apakah para meditator terfokus pada sensasi pernapasan di hidung atau di perut mereka. Kedua teknik meditasi ini berasal dari tradisi Asia Timur yang berbeda. Data pengalaman yang dikodekan dengan cermat dikumpulkan oleh Juan Santoyo, Catherine Kerr, dan Harold Roth, seorang profesor studi agama, menunjukkan bahwa kedua teknik menghasilkan keadaan mental yang berbeda secara signifikan dari para meditator.

“Kami menemukan bahwa ketika siswa (meditator) berfokus pada pernapasan perut, deskripsi pengalaman mereka terfokus pada perhatian khusus daerah somatik dan sensasi tubuh”, tulis para peneliti dalam ringkasan konferensi mereka. “Ketika siswa menceritakan pengalaman pelatihannya yang berkaitan dengan fokus pada hidung selama meditasi, mereka cenderung untuk menggambarkan kualitas pikiran, khususnya bagaimana perhatian mereka ‘merasakan’ ketika mereka mengindranya”.

Kemampuan untuk menyaring perbedaan ketat antara pengalaman yang datang, bukan hanya dari menugaskan siswa bermeditasi untuk dua kelompok secara acak -satu difokuskan pada hidung dan satu difokuskan pada perut- akan tetapi juga dengan menggunakan dua coder independen untuk melakukan analisis standar catatan jurnal yang siswa dibuat segera setelah bermeditasi.

Hal semacam coding terstruktur ini berasal dari pengalaman pribadi yang dilaporkan sendiri yang disebut “Teori metodologi membumi”.

Misalnya, Catherine Kerr mengatakan, “Berdasarkan uraian didominasi somatik dari pengalaman kesadaran yang ditawarkan oleh kelompok fokus pernapasan perut, kita akan mengharapkan ada yang menjadi lebih berkelanjutan, kondisi istirahat konektivitas fungsional dalam kelompok ini di bagian yang berbeda dari daerah otak besar yang disebut insula yang mengkodekan visceral, sensasi somatik dan juga menyediakan pembacaan aspek emosional dari apa yang disebut ‘perasaan- usus’.”

Pengalaman penyatuan dan otak


Langkah berikutnya adalah untuk mengorelasikan data pengalaman yang dikodekan dengan data dari otak itu sendiri. Sebuah tim peneliti yang dipimpin oleh Kathleen Garrison di Universitas Yale, AS, termasuk Juan Santoyo dan Catherine Kerr, melakukannya di Frontiers in Human Neuroscience pada bulan Agustus 2013. Tim tersebut bekerja dengan para meditator berpengalaman untuk mengkorelasikan keadaan mental mereka seperti yang digambarkan selama kesadaran dengan aktivitas simultan di korteks cingulate posterior (PCC). Mereka mengukur bahwa pencitraan resonansi magnetik fungsional dengan waktu sebenarnya.

Mereka menemukan bahwa ketika meditator dari beberapa aliran yang berbeda melaporkan perasaan “mudah melakukan” dan “kesadaran tanpa gangguan” selama meditasi mereka, PCC mereka menunjukkan aktivitas sedikit, tetapi ketika mereka melaporkan bahwa mereka merasa terganggu dan harus berupaya untuk perhatian, PCC mereka secara signifikan lebih aktif. Diberi kesempatan untuk mengamati umpan balik realtime pada aktivitas PCC mereka, beberapa medi¬tator bahkan mampu mengendalikan tingkat aktivitas di sana.

“Anda dapat mengamati kedua fenomena ini bersama-sama dan menemukan bagaimana mereka bekerja menentukan satu sama lain,” kata Juan Santoyo. “Dalam 10 sesi satu menit mereka mampu mengembangkan strategi tertentu untuk membangkitkan pengalaman tertentu dan menggunakannya untuk mendorong sinyal.”

Menuju terapi

Tema konferensi, dan motivator utama dalam penelitian Juan Santoyo dan Catherine Kerr, menghubungkan penelitian tersebut untuk manfaat kesehatan yang nyata. Para meditator telah lama mendukung manfaat tersebut, tetapi dukungan dari ilmu saraf dan psikiatri baru ada akhir-akhir ini.

Dalam makalah di Frontiers in Human Neuroscience edisi Februari 2013 lalu, Catherine Kerr dan rekan mengusulkan bahwa seperti kebanyakan para meditator bisa mengendalikan aktivitas di PCC, praktisi kesadaran mungkin mendapatkan peningkatan kontrol atas sensorik irama alpha kortikal. Gelombang otak mereka membantu mengatur bagaimana otak memproses dan menyaring sensasi, termasuk nyeri, dan kenangan seperti kognisi depresi. Salam kebajikan (Sumber)

Tidak ada komentar:
Write komentar