|
Welcome To My Website Kebajikan (De 德)......KEBAJIKAN ( De 德 ) Mengucapkan Xin Nian Kuai Le (新年快乐) 2571 / 2020...Xīnnián kuàilè, zhù nǐ jiànkāng chángshòu, zhù nǐ hǎo yùn..Mohon Maaf Blog ini masih dalam perbaikan....Dalam era kebebasan informasi sekarang, hendaknya kita dapat lebih bijak memilah, mencerna dan memilih informasi yang akurat. Kami menempatkan kepentingan pembaca sebagai prioritas utama. Semangat kami adalah memberikan kontribusi bagi pembaca agar dapat meningkatkan Etika dan Moral dalam kehidupan serta meningkatkan Cinta kasih tanpa pamrih pada sesama baik dalam lingkup lingkungan sekitar maupun lingkup dunia dan menyajikan keberagaman pandangan kehidupan demi meningkatkan pemahaman dan penghargaan terhadap kehidupan. Tanpa dukungan Anda kami bukan siapa-siapa, Terima Kasih atas kunjungan Anda

Kamis, 04 Februari 2016

Kesombongan Diri yang Berbahaya

 

   

KEBAJIKAN ( De 德 )Dulu sekali (entah kapan, dan saya pun lupa tahun kejadiannya), Seorang bernama Lahab dari golongan kasta tinggi tenggelam ketika mandi di pantai. Lalu ada seorang berkasta rendah mengetahuinya dan kemudian menolong Lahab.

Lahab dibawa ke pantai dengan selamat. Setelah Lahab pulih kesadarannya, dia menanyakan nama sang penolong itu. Setelah mengetahui bahwa sang penolong itu dari kasta rendah, dia menjadi murka.

Dan memerintahkan anak buahnya untuk menyiksa orang yang berkasta rendah itu, karena telah mengotori Lahab dengan sentuhan najisnya. Sang penolong tersebut disiksa dengan kejamnya, agar menjadi contoh bagi yang lain.

Entah kebetulan atau memang takdir Tuhan atau mungkin karena Lahab doyan mandi di pantai, peristiwa seperti diatas terjadi lagi. Tapi malang bagi Lahab untuk kejadian yang kedua ini. Kenapa? Lah wong si penolong pertama disiksa, sekarang mana mau orang nolongin Lahab.

Alhasil Lahab menjadi tontonan orang-orang. Ada yang sedih, ada yang ingin rasanya menolong namun takut dengan siksaan, ada juga yang melihat Lahab melawan maut dan ombak.

Nah sobat, Sombong adalah salah satu dari sekian banyak penyakit hati yang sangat berbahaya bagi kita, janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan dimuka bumi dengan angkuh.

Sesungguhnya Tuhan tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri.
Maka sudah semestinya kita untuk memeriksa hati apakah sudah tercemar penyakit sombong ini??? Jika ada setitik saja noda ini dihati kita maka cepat-cepatlah bersihkan.

Semoga Bermanfaat..
Tetaplah bersemangat!
Teruslah bertumbuh!
Teruslah belajar!
Salam kebajikan (Lily)

Tidak ada komentar:
Write komentar