|
Welcome To My Website Kebajikan (De 德)......KEBAJIKAN ( De 德 ) Mengucapkan Xin Nian Kuai Le (新年快乐) 2571 / 2020...Xīnnián kuàilè, zhù nǐ jiànkāng chángshòu, zhù nǐ hǎo yùn..Mohon Maaf Blog ini masih dalam perbaikan....Dalam era kebebasan informasi sekarang, hendaknya kita dapat lebih bijak memilah, mencerna dan memilih informasi yang akurat. Kami menempatkan kepentingan pembaca sebagai prioritas utama. Semangat kami adalah memberikan kontribusi bagi pembaca agar dapat meningkatkan Etika dan Moral dalam kehidupan serta meningkatkan Cinta kasih tanpa pamrih pada sesama baik dalam lingkup lingkungan sekitar maupun lingkup dunia dan menyajikan keberagaman pandangan kehidupan demi meningkatkan pemahaman dan penghargaan terhadap kehidupan. Tanpa dukungan Anda kami bukan siapa-siapa, Terima Kasih atas kunjungan Anda

Sabtu, 28 Desember 2013

Kisah Dibalik Pepatah Cina, Nan Neng Ke Gui ( 难能可贵 )

 


Zi Lu (子路) adalah orang yang sangat berani. Pada usia 63 tahun, Zi Lu bekerja untuk Kong Kui, seorang pejabat tinggi negara Wei. Pada tahun kelima belas dari pemerintahan Adipati Aigong negara Lu, perang saudara pecah di negara Wei dan Kong Kui diculik. 

Begitu Zi Lu mendapat kabar itu, dia segera bergegas pergi ke ibukota negara Wei untuk menyelamatkan Kong Kui. Dia bertanya ke Gao Chai, pejabat tinggi negara Wei yang berada di luar ibu kota untuk menghindari perang saudara. Gao Chai menyarankan Zi Lu untuk tidak pergi ke kota.  

Zi Lu mengatakan, "Saya menerima gaji dari Kong Kui, jadi saya harus memenuhi tugas saya dan mencoba untuk menyelamatkannya dari bahaya." Zi Lu akhirnya dibunuh setelah dia memasuki ibu kota.
 
Zi Gong sangat mengartikulasikan. Tidak ada yang bisa dibandingkan dengan bakatnya dalam sambutannya, Sunshu Wushu pernah membuat pernyataan, "Zi Gong lebih berbakat dan berbudi luhur daripada Konfusius."  

Ketika Zi Gong mendengar tentang komentar itu, ia menjawab,"Saya akan menggunakan dinding sebagai analogi dinding rumah saya dari ketinggian bahu. Seorang pria yang berdiri di luar dinding dapat memandang dengan jelas dan melihat isi rumah saya.

Namun, dinding Konfusius jauh lebih tinggi daripada saya yang hanya beberapa meter. Ketika seseorang berdiri di luar dinding, maka tidak akan mampu untuk melihat kebesaran rumah megahnya, kecuali ia masuk ke dalam pintu rumahnya. Namun ada beberapa orang di dunia ini yang memiliki hak istimewa untuk memasuki pintu. Jadi cukup dimengerti mengapa Tuan Shusun membuat komentar itu."

Ran Anda, adalah seorang administrator yang berbakat. Seorang pejabat tinggi dari negara Lu, Ji Kang pernah berkonsultasi pada Konfusius, "Menurut pendapat Anda, apakah Ran Anda mampu dalam administrasi pemerintahan?"  

Konfusius berkata, "Ran Anda, adalah seorang yang serbaguna dan memiliki banyak bakat, keterampilan dan banyak pengalaman, tetapi saya heran melihatnya mengapa ia tidak berhasil dalam administrasi pemerintahan."
 
Kang Ji mengundang Ran Anda untuk menjadi penasehat pribadinya dan untuk membantu dirinya dalam mengatur negara Lu. Pada tahun kelima belas dari Duke Aigong negara Lu, negara Qi menyerang negara Lu. Ran Anda, bersikeras untuk memerangi tentara Qi dan usulannya mendapat tanggapan dari semua pandangan orang. Dia lalu memimpin pasukan untuk melawan tentara Qi yang kuat dan memenangkan pertempuran.
 
Para penyair terkenal seperti Su Dongpo dari Dinasti Song pernah berkata, "Keberanian Zi Lu, kefasihan Zi Gong, dan kebijaksanaan Ran Anda adalah sesuatu yang langka dan terpuji."
 
Ungkapan Pepatah Cina, Nan Neng Ke Gui ( 难能可贵 ) yang bermakna, "Langka dan terpuji," digunakan untuk memuji seseorang yang telah berhasil mencapai kualitas yang sangat berjasa dan menantang. (Diterjemahkan dari Zhengjian)


Jika anda merasa artikel ini bermanfaat dan menurut Anda bisa mengilhami orang untuk menjadi baik dan berbuat kebajikan, maka anda dipersilahkan untuk mencetak dan mengedarkan semua artikel yang dipublikasikan pada Blog Kebajikan ( De 德 ) ini. Mengutip atau mengcopy artikel di Blog ini harus mencantumkan Kebajikan ( De 德 ) sebagai sumber artikel.

Tidak ada komentar:
Write komentar