|
Welcome To My Website Kebajikan (De 德)......KEBAJIKAN ( De 德 ) Mengucapkan Xin Nian Kuai Le (新年快乐) 2571 / 2020...Xīnnián kuàilè, zhù nǐ jiànkāng chángshòu, zhù nǐ hǎo yùn..Mohon Maaf Blog ini masih dalam perbaikan....Dalam era kebebasan informasi sekarang, hendaknya kita dapat lebih bijak memilah, mencerna dan memilih informasi yang akurat. Kami menempatkan kepentingan pembaca sebagai prioritas utama. Semangat kami adalah memberikan kontribusi bagi pembaca agar dapat meningkatkan Etika dan Moral dalam kehidupan serta meningkatkan Cinta kasih tanpa pamrih pada sesama baik dalam lingkup lingkungan sekitar maupun lingkup dunia dan menyajikan keberagaman pandangan kehidupan demi meningkatkan pemahaman dan penghargaan terhadap kehidupan. Tanpa dukungan Anda kami bukan siapa-siapa, Terima Kasih atas kunjungan Anda

Senin, 30 Desember 2013

"Zhong Yong" Teori Pendidikan yang Penting pada Zaman Purba China

 


"Zhong Yong" adalah suatu karya tentang teori pendidikan pada zaman purba China. Confusius menjelaskan tentang Kesederhanaan dan mengemukakan tentang pembangunan sifat kemanusiaan dalam karya tersebut. 

Dalam hal ini Confucius menegaskan bahwa kehidupan manusia tidak bisa dilepaskan daripada pengaruh Zhong Yong. Karena Nilai karya ini terletak pada pembangunan konsep Kesederhanaan dengan pembangunan sifat manusia dan kelakuan. 

Tema utama Kesederhanaan adalah untuk mengajarkan manusia agar membangun sifat kemanusiaan, mengawal diri, mendidik diri dan menyempurnakan diri untuk menjadi orang yang mempunyai diri sendiri yang ideal. Pendidikan diri harus diteruskan sepanjang hayat karena memegang peranan penting dalam kehidupan. Itulah sebabnya kita perlu kekuatan untuk mengawal dan mengawasi diri sendiri.

Ahli fikir yang terkenal pada zaman purba China ini menjelaskan bahwa asas teori Kesederhanaan adalah keharmonian antara manusia dengan alam yang melibatkan ajaran Wu Da Dao dan Jiu Jing.  Wu Da Dao berarti menggunakan Kesederhanaan untuk menyeimbangkan lima jenis hubungan antara individu, yaitu hubungan antara Raja dengan pegawai, Ayah dengan anaknya, Suami dengan isteri, Abang dengan adik lelaki, dan hubungan dengan teman-teman. 

Jiu Jing bermaksud menggunakan Kesederhanaan itu untuk melaksanakan 9 cara kerja, yaitu membangun sifat kemanusiaan diri, menghormati orang lain, menyayangi keluarga dan saudara, menghormati pegawai, prihatin terhadap rakyat, menggalakkan pekerja, menghormati para tamu dan menenangkan jabatan gubernur. 

Sebagai salah satu teori yang penting dalam ilmu falsafah klasik China, maka saat itu Zhong Yong sangat  mempengaruhi diri orang China secara meluas. Sebagai karya klasik dari zaman purba, Zhong Yong mencerminkan perkembangan kebudayaan China. 

Beberapa penjelasan di dalamnya masih membawa makna yang positif bagi manusia untuk membangun sifat kemanusiaan dan menyesuaikan pergaulan pada zaman sekarang. (Sumber)
 

Jika anda merasa artikel ini bermanfaat dan menurut Anda bisa mengilhami orang untuk menjadi baik dan berbuat kebajikan, maka anda dipersilahkan untuk mencetak dan mengedarkan semua artikel yang dipublikasikan pada Blog Kebajikan ( De 德 ) ini. Mengutip atau mengcopy artikel di Blog ini harus mencantumkan Kebajikan ( De 德 ) sebagai sumber artikel.

Tidak ada komentar:
Write komentar