|
Welcome To My Website Kebajikan (De 德)......KEBAJIKAN ( De 德 ) Mengucapkan Xin Nian Kuai Le (新年快乐) 2571 / 2020...Xīnnián kuàilè, zhù nǐ jiànkāng chángshòu, zhù nǐ hǎo yùn..Mohon Maaf Blog ini masih dalam perbaikan....Dalam era kebebasan informasi sekarang, hendaknya kita dapat lebih bijak memilah, mencerna dan memilih informasi yang akurat. Kami menempatkan kepentingan pembaca sebagai prioritas utama. Semangat kami adalah memberikan kontribusi bagi pembaca agar dapat meningkatkan Etika dan Moral dalam kehidupan serta meningkatkan Cinta kasih tanpa pamrih pada sesama baik dalam lingkup lingkungan sekitar maupun lingkup dunia dan menyajikan keberagaman pandangan kehidupan demi meningkatkan pemahaman dan penghargaan terhadap kehidupan. Tanpa dukungan Anda kami bukan siapa-siapa, Terima Kasih atas kunjungan Anda

Sabtu, 16 Juli 2011

Asosiasi Seorang Pria Adalah Sejelas air, Asosiasi Orang Kecil Adalah Semanis Anggur

 

Asosiasi Seorang pria adalah sejelas air, asosiasi orang kecil adalah semanis anggur." Ini pepatah kuno merupakan bagian dari kebudayaan tradisional China.  

Dalam beberapa tahun terakhir, dengan moralitas menurun sekarang ini telah mencemari pikiran orang, orang Cina telah berangsur-angsur melupakan nilai-nilai tradisional. Beberapa bahkan memutar makna asli dari nilai-nilai tradisional.

Yang dimaksud dengan "Asosiasi Seorang pria adalah sejelas air" adalah bahwa ketika orang-orang dengan moral yang tinggi menjadi teman, mereka memperlakukan satu sama lain "sejelas air," tidak mencari ketenaran atau kepentingan pribadi. 

"Seorang pria kecil asosiasi adalah sebagai semanis anggur" berarti bahwa ketika orang moral rendah menjadi teman, mereka memperlakukan satu sama lain seperti anggur manis, mencari ketenaran dan kepentingan pribadi. Mereka mengharapkan kepentingan bisnis dan nikmat pribadi dari satu sama lain.

Persahabatan Seorang pria adalah murni seperti air, terang dan jelas, dan bisa bertahan selamanya tanpa mengubah cita rasanya. "Seperti biasa sebagai air" berarti tanpa mengandung komplikasi tambahan ketenaran dan kepentingan pribadi. Persahabatan pria adalah polos belum sepenuh hati. Persahabatan pria kecil adalah manis tapi dengan mudah bisa pergi asam dan menyebabkannya jatuh setelah mengejar ketenaran dan kepentingan pribadi menyebabkan konflik.
 
Pepatah lain, "Li shang wang lai," di permukaan, berarti pertukaran hadiah saat bertemu teman. Jika satu sisi gagal untuk memberikan hadiah, orang akan mengatakan orang ini tidak memperhatikan persahabatan. Sebenarnya, dalam budaya tradisional, "li" berarti ritual yang didasari pada konsep-konsep moral tertentu, sikap, dan kebiasaan, seperti upacara pernikahan dan upacara resmi. Ini bisa ditafsirkan sebagai niat baik dan rasa hormat.

Dalam pemahaman saya, budaya tradisional menekankan penghormatan, yang berarti menunjukkan kebaikan kepada orang lain, bukan pertukaran kepentingan berdasarkan makna yang dangkal. Hubungan antara orang-orang harus didasarkan pada rasa hormat dan kasih sayang, bukan pada kepentingan materi atau sentimen manusia.

Sebuah pertukaran hadiah didasarkan pada kepentingan materi tepat dan sentimen manusia. Misalnya, "Jika Anda memberi saya sesuatu, saya akan senang, jika Anda tidak membawa saya hadiah, saya tidak akan peduli lagi." Jika salah satu tidak melihat ini, kita harus menggali lebih dalam motivasi sendiri. 

Ketika Anda menerima hadiah lain, bagaimana perasaan Anda? Bukankah keinginan untuk mendukung materi? Ketika Anda memberi hadiah lain, apa motivasi Anda? Apakah kau tidak melindungi sentimen manusia Anda? Tentu saja ada pengecualian, tetapi sebagian besar waktu, tidak pihak memiliki niat yang murni. Ketika salah satu pihak membutuhkan lebih dari dia memberi, dia berutang bantuan orang lain. Ini sebenarnya adalah bentuk kecil dari penyuapan, meskipun tidak mungkin melibatkan sebesar jumlah sebagai penyuapan yang sebenarnya.
 
Anda mungkin berkata, "Kami adalah teman baik dan kami seperti keluarga; tidak ada yang melacak berapa banyak kita berhutang satu sama lain." Saya akan mengatakan Anda menggunakan sentimentalitas manusia untuk menilai ini. Prinsip-prinsip universal tidak mengijinkan ini terjadi. Jika Anda berutang orang lain, Anda harus membayar mereka kembali, satu atau lain cara. Hal ini sentimentalitas yang memberitahu Anda bahwa Anda tidak perlu membayar orang lain kembali.

Apakah kau tidak ditipu oleh sentimentalitas itu? Jika seorang pria bangkrut dan sangat membutuhkan bantuan, atau ia berada dalam bahaya dan Anda memberinya tangan untuk membantunya, pria ini pasti akan membayar kembali kebaikan Anda. Jika dia tidak membayar Anda kembali dalam kehidupan ini, ia akan membayar Anda dalam kehidupan masa depan dalam cara apa pun yang mungkin. Membantu orang yang membutuhkan berbeda dari pertukaran hadiah dalam kehidupan sehari-hari, dan perbedaan terletak pada motivasi seseorang.
 
Kita harus sadar perilaku kita. Kita harus berperilaku seperti yang telah diajarkan Guru kita, "... dia penuh aspirasi besar sementara mengurus detail-detail kecil." ("Sage" dalam Penting Untuk Gigih Maju) Kami datang untuk bersama-sama sebagai murid dan tujuan kita yang sesungguhnya menjadi manusia adalah untuk kembali ke rumah kita yang asli dan benar. Kita seharusnya tidak terlibat dalam jaringan biasa antara diri kita sendiri. Jika Anda setuju dengan saya, kita teman, jika Anda tidak, maka kita tidak memiliki kesamaan. Beberapa orang bahkan menjelek-jelekkan orang lain.

Perilaku seperti itu tidak tepat untuk praktisi. Kita harus jelas bahwa misi kita adalah untuk memenuhi janji kuno kita. Menyelamatkan orang adalah tujuan sebenarnya kita untuk datang ke dunia. Kita tidak harus mendapatkan terjerat dalam kegiatan manusia biasa.

Tentu saja, budidaya kita dalam masyarakat manusia tidak bisa memotong koneksi kepada orang-orang. Tapi selama kita menggunakan Fa untuk membimbing diri kita dalam hidup dan basis memotivasi tindakan kita pada egois, kita harus dapat memiliki hubungan yang sehat dengan orang lain dan mempertahankan prinsip-prinsip moral kita dalam dunia yang penuh godaan. Dan hasil dari tindakan kita akan benar dan adil.

Tidak ada komentar:
Write komentar