|
Welcome To My Website Kebajikan (De 德)......KEBAJIKAN ( De 德 ) Mengucapkan Xin Nian Kuai Le (新年快乐) 2571 / 2020...Xīnnián kuàilè, zhù nǐ jiànkāng chángshòu, zhù nǐ hǎo yùn..Mohon Maaf Blog ini masih dalam perbaikan....Dalam era kebebasan informasi sekarang, hendaknya kita dapat lebih bijak memilah, mencerna dan memilih informasi yang akurat. Kami menempatkan kepentingan pembaca sebagai prioritas utama. Semangat kami adalah memberikan kontribusi bagi pembaca agar dapat meningkatkan Etika dan Moral dalam kehidupan serta meningkatkan Cinta kasih tanpa pamrih pada sesama baik dalam lingkup lingkungan sekitar maupun lingkup dunia dan menyajikan keberagaman pandangan kehidupan demi meningkatkan pemahaman dan penghargaan terhadap kehidupan. Tanpa dukungan Anda kami bukan siapa-siapa, Terima Kasih atas kunjungan Anda

Jumat, 04 Mei 2012

Jeruk di Selatan dan Zhi di Utara

 

Dalam 5000 tahun kebudayaan tradisional Tiongkok, pepatah Tiongkok adalah mutiara kata dari bahasa Tionghoa. Ini adalah ringkasan, hidup, ekspresif dan akumulasi fakta sejarah dan kaya etnis budaya.
Pembentukan setiap frase mencerminkan kebenaran sejarah, yang mencerminkan politik, militer, budaya, tradisi rakyat, etika dan idealisme. Pepatah ini membuat kita lebih memahami sejarah panjang Tiongkok, kebijaksanaan yang luar biasa dan bahasa abadi.

南橘北枳
南(nan) - selatan, 橘 (ju) - jeruk 北 (bei) -
utara,  枳(zhi) - zhi

Yan Zi, seorang diplomat dari negara Qi, berencana pergi ke negara Chu. Raja Chu mendengar berita kunjungan Yan Zi dan berkata kepada menterinya, "Yan Zi orang yang pandai bicara. Sekarang dia akan datang ke Chu, dan saya ingin mempermalukan dia. Beritahu saya jika Anda punya ide bagus."

Seorang menteri berkata, "Ketika ia ada di sini, kami akan membawa seseorang ke hadapan Anda yang Mulia. Yang Mulia dapat bertanya, ' Dia berasal dari mana?' Maka saya akan berkata,
"Dari negara Qi”. Yang Mulia akan bertanya lagi, “Apa yang dilakukannya?" maka saya akan mengatakan bahwa ia adalah pencuri." Raja Chu berpikir bahwa ini ide yang cukup bagus.

Ketika Yan Zi datang, Raja Chu menyambutnya dengan pesta. Ketika semua orang menikmati pestanya, dua penjaga membawa pria diikat kepada Raja.

Raja bertanya, "Siapakah orang ini?"

Penjaga itu menjawab, "Dia dari negara Qi, tapi dia adalah pencuri."

Raja menoleh dan bertanya kepada Yan Zi, "Apakah orang-orang Qi suka mencuri?"

Yan Zi berdiri dari kursinya dan berjalan menghadap Raja. Dia berkata, "Saya mendengar bahwa pohon-pohon jeruk dari selatan Sungai Huai akan menghasilkan jeruk, tetapi jika mereka tumbuh di sebelah utara Sungai Huai, mereka akan menghasilkan zhi."

"Daun jeruk dan zhi tampak mirip tetapi rasa buah mereka sangat berbeda. Mengapa demikian? Hal ini karena mereka tumbuh di tanah yang berbeda. Sekarang orang ini dari Qi. Ketika ia tinggal di negara Qi, dia tidak mencuri. Setelah ia pindah ke negara Chu, ia telah menjadi pencuri. Apakah Anda pikir air dan tanah di Chu yang membuatnya berubah?."

Setelah mendengar itu, Raja Chu berkata dengan malu, "Seseorang tidak bisa mengolok-olok orang saleh. Saya telah mempermalukan diri sendiri."

"Jeruk di Selatan dan Zhi di Utara" berarti lingkungan yang seseorang memainkan peran penting dalam menentukan karakter seseorang.

Tidak ada komentar:
Write komentar