|
Welcome To My Website Kebajikan (De 德)......KEBAJIKAN ( De 德 ) Mengucapkan Xin Nian Kuai Le (新年快乐) 2571 / 2020...Xīnnián kuàilè, zhù nǐ jiànkāng chángshòu, zhù nǐ hǎo yùn..Mohon Maaf Blog ini masih dalam perbaikan....Dalam era kebebasan informasi sekarang, hendaknya kita dapat lebih bijak memilah, mencerna dan memilih informasi yang akurat. Kami menempatkan kepentingan pembaca sebagai prioritas utama. Semangat kami adalah memberikan kontribusi bagi pembaca agar dapat meningkatkan Etika dan Moral dalam kehidupan serta meningkatkan Cinta kasih tanpa pamrih pada sesama baik dalam lingkup lingkungan sekitar maupun lingkup dunia dan menyajikan keberagaman pandangan kehidupan demi meningkatkan pemahaman dan penghargaan terhadap kehidupan. Tanpa dukungan Anda kami bukan siapa-siapa, Terima Kasih atas kunjungan Anda

Jumat, 10 Mei 2013

Zhuang Zi, Boddidarma Utama Taoisme Bersama Lao Zi

 

Zhuang Zi (莊子) 369-286 SM atau Chuang Tse, pernah menjabat sebagai pejabat pemerintah yang menonjol selama hidupnya. Namun, untuk waktu singkat, dia adalah seorang pejabat kecil di kampung halamannya. Dia pernah ditawari posisi perdana menteri oleh raja suatu negara, tapi dia menolaknya.


Zhuang Zi, daripada memperdagangkan kebebasannya untuk berperan sebagai seorang pejabat pemerintah, lebih baik menjadi kura-kura ilahi yang menjual kulitnya untuk disembah.


Karena melihat dari sesuatu yang  eksentrik , Zhuang Zi menjalani kehidupan yang sangat miskin tapi tidak pernah pesimis. Dia menjaga jarak dari para pejabat pemerintah yang menikmati kemewahan, dan ia tidak memiliki ketidaknyamanan dengan pakaian ditambal, mangkok nasi yang kosong, atau bahkan kadang-kadang hidup atas kebaikan orang lain.


Dia menganjurkan pencerahan melalui melepaskan kekhawatiran duniawi dan mengikuti jalan  Tao. Ia dikenal  sebagai Boddidarma utama ajaran Tao bersama dengan Lao Zi.


Karena ajaranTao tidak mengejar ketenaran, kekayaan, atau karier, atau ketertarikan pada pengakuan publik, sedikit yang diketahui dari kehidupan Zhuang Zi. Namun, buku yang mencantumkan  namanya, "Zhuang Zi" (juga dikenal sebagai "The Classic Murni Nan-hua"), selama generasi itu telah banyak dikagumi , dan telah mendorong ribuan penelitian dan interprestasi literatur.


Diakui sebagai orang bijak dan imajinatif, Zhuang Zi menggunakan banyak kiasan dan sindiran lucu dalam tulisan-tulisannya. Dia percaya bahwa alam harus dibiarkan tidak terganggu, dan  manusia harus berusaha untuk menjadi selaras dengan lingkungan.


“Zhuang Zi telah menarik banyak orang dari lapisan masyarakat luas, dan penulis filsafat (philosophy) telah menemukan pengaruh yang mendalam terhadap kehidupan sehari-hari. Bukunya telah diterjemahkan ke dalam banyak bahasa di seluruh dunia.


Pada diri "Zhuang Zi", ia mencerminkankan efek negatif sebagai apa yang disebut peradaban, dan mengekspresikannya sebagai aspirasi kebebasan spiritual. Istilah ini kemudian dianut di leteratur duniawi dan karya seni visual. Dia menganjurkan bebas dari keterikatan duniawi, dan  sangat bertolak belakang terhadap orang-orang yang mengejar kemuliaan diniawi atau kesenangan materi.  


Zhuang Zi percaya bahwa kesuksesan terbesar di masyarakat yaitu “berbuat tanpa melakukan, mengatur dengan tidak menggerakkan apapun (wu-wei).” Ini mendorong tindakan yang sangat sempurna bahwa segala sesuatu mengikuti secara wajar,  dan tidak ada jejak yang nyata dari pengarang; dan itu sepenuhnya selaras dari sifat hati dari dunia Tao.


Oleh karena itu di dalam masyarakat, penguasa harus memerintah tanpa intervensi yang disengaja. Tanpa tekanan dari penguasa, setiap orang mengikuti hatinya dengan kebebasan spiritualnya dan masyarakat  akan berjalan dengan harmois.


Tidak seperti institusi ajaran Kongfucu, yang berkenaan dengan tanggung jawab social pengikutnya,  filsafat Zhuang Zi  lebih memfokuskan pada kehidupan pribadi seseorang serta kebijaksanaan spiritual. Kemudian banyak intelektual Tionghoa berpaling pada filsafat ini dalam turbulensi  perubahan dinasti. (EpochTimes)


Jika anda merasa artikel ini bermanfaat, maka anda dipersilahkan untuk mencetak dan mengedarkan semua artikel yang dipublikasikan pada Blog Kebajikan ( De 德 ) ini. Mengutip atau mengcopy artikel di Blog ini harus mencantumkan Kebajikan ( De 德 ) sebagai sumber artikel. 

Tidak ada komentar:
Write komentar