|
Welcome To My Website Kebajikan (De 德)......KEBAJIKAN ( De 德 ) Mengucapkan Xin Nian Kuai Le (新年快乐) 2571 / 2020...Xīnnián kuàilè, zhù nǐ jiànkāng chángshòu, zhù nǐ hǎo yùn..Mohon Maaf Blog ini masih dalam perbaikan....Dalam era kebebasan informasi sekarang, hendaknya kita dapat lebih bijak memilah, mencerna dan memilih informasi yang akurat. Kami menempatkan kepentingan pembaca sebagai prioritas utama. Semangat kami adalah memberikan kontribusi bagi pembaca agar dapat meningkatkan Etika dan Moral dalam kehidupan serta meningkatkan Cinta kasih tanpa pamrih pada sesama baik dalam lingkup lingkungan sekitar maupun lingkup dunia dan menyajikan keberagaman pandangan kehidupan demi meningkatkan pemahaman dan penghargaan terhadap kehidupan. Tanpa dukungan Anda kami bukan siapa-siapa, Terima Kasih atas kunjungan Anda

Senin, 26 Agustus 2013

Berkearifan dan Tidak Tamak Harta

 

U Yen Pu adalah orang dari dinasti Ching, sewaktu masih kecil, dia sering kali suka pergi ke rumah sebelah yakni kedai pegadaian untuk bermain di sana.
 

Suatu hari, pemilik dari rumah pegadaian itu ingin mencoba hatinya, sehingga dengan sengaja dia menaburkan serpihan emas di lantai, lalu dirinya pergi bersembunyi di dalam untuk mengintipnya

Tak lama kemudian U Yen Pu masuk ke dalam dan melihat di lantai berserakan sedemikian banyaknya emas. Dia segera menghentikan gerak langkahnya dan dengan suara lantang dia berkata, “Bos, emas kalian jatuh berserakkan di lantai, kenapa tidak segera memungutnya !”

Pemilik rumah pegadaian yang melihat dia tidak berani masuk, lalu keluar bertanya kepadanya “Kamu kenapa berteriak dan tak masuk ke dalam ?”

Dia menjawab, “Di lantai banyak emas yang berserakan, tapi tidak ada orang di dalam rumah, kalaulah saya berjalan masuk ke dalam rumah dan saya bilang saya tak mengambil emas, maka siapapun tak akan mempercayainya !”

Setelah pemilik pegadaian mendengarkan perkataannya, dia sangat memuji kearifan dan kejujurannya yang sedikit pun tidak menimbulkan ketamakan dalam hatinya ketika melihat emas yang berserakan itu. 



Jika anda merasa artikel ini bermanfaat, maka anda dipersilahkan untuk mencetak dan mengedarkan semua artikel yang dipublikasikan pada Blog Kebajikan ( De 德 ) ini. Mengutip atau mengcopy artikel di Blog ini harus mencantumkan Kebajikan ( De 德 ) sebagai sumber artikel.

Tidak ada komentar:
Write komentar