|
Welcome To My Website Kebajikan (De 德)......KEBAJIKAN ( De 德 ) Mengucapkan Xin Nian Kuai Le (新年快乐) 2571 / 2020...Xīnnián kuàilè, zhù nǐ jiànkāng chángshòu, zhù nǐ hǎo yùn..Mohon Maaf Blog ini masih dalam perbaikan....Dalam era kebebasan informasi sekarang, hendaknya kita dapat lebih bijak memilah, mencerna dan memilih informasi yang akurat. Kami menempatkan kepentingan pembaca sebagai prioritas utama. Semangat kami adalah memberikan kontribusi bagi pembaca agar dapat meningkatkan Etika dan Moral dalam kehidupan serta meningkatkan Cinta kasih tanpa pamrih pada sesama baik dalam lingkup lingkungan sekitar maupun lingkup dunia dan menyajikan keberagaman pandangan kehidupan demi meningkatkan pemahaman dan penghargaan terhadap kehidupan. Tanpa dukungan Anda kami bukan siapa-siapa, Terima Kasih atas kunjungan Anda

Senin, 20 Oktober 2014

Moment Lengkap Upacara Lepas Sambut Joko Widodo dan SBY di Istana Negara, Pertama dalam Sejarah Kepresidenan Indonesia

 


KEBAJIKAN ( De 德 ) -  Tinggal beberapa jam lagi, penghuni istana kepresidenan akan berganti. Presiden Joko Widodo dan wakilnya, Jusuf Kalla akan menjalani upacara lepas sambut dengan mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Istana Merdeka, dengan diawali prosesi upacara kemiliteran.

Sementara itu di Istana Negara tampil sebuah big screen yang letaknya persis di samping Istana Negara menampilkan tulisan, "Selamat Datang Presiden dan Wakil Presiden Jokowi-JK."

Di bawah tulisan itu ada juga gambar kepala Jokowi-JK yang biasanya digunakan selama masa kampanye Pilpres terdahulu. Beberapa saat kemudian, layar kembali berganti. Kali ini ucapan terima kasih kepada SBY dan Boediono.

"Terima Kasih Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Wakil Presiden Boediono Atas Dharma Bakti untuk Indonesia," tulis big screen ini lagim seperti dikutip dari detikcom, Senin (20/10/2014).

Saat tulisan itu tampil, ada foto SBY-Boediono yang kompak mengenakan baju lengan panjang warna merah. Mereka melambaikan tangan, seperti mengucapkan selamat tinggal, dengan latar belakang bendera merah putih yang tengah berkibar serta Istana Negara.

SBY hadir kembali di Istana Merdeka untuk mengikuti upacara lepas sambut dengan presiden Jokowi-JK.
 
Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) kembali datang ke Istana Merdeka, namun dalam kapasitasnya bukan lagi sebagai Presiden RI. Sedikit berbeda, SBY dan Ibu Ani Yudhoyono masuk ke Istana Merdeka melalui pintu samping, atau jalur yang biasanya digunakan warga biasa.

SBY tiba di Istana Merdeka sekitar pukul 13.50 WIB dengan mengenakan mobil golf. SBY dan Ibu Ani tampak tersenyum dan melambaikan tangan ke arah jurnalis yang menanti mereka.

Keduanya turun dari mobil golf tersebut dan masuk melalui pintu samping Istana Merdeka. Saat turun, keduanya mendapat tepuk tangan dari staf Setneg yang sejak tadi menunggu mereka.

Di dalam Istana, saat ini sudah hadir seluruh anggota Kabinet Indonesia Bersatu semasa pemerintahan SBY terdahulu. Rencananya mereka semua akan menunggu Presiden dan Wakil Presiden baru, Jokowi-JK yang saat ini masih dalam perjalanan menuju Istana Merdeka, Senin (20/10/2014).

Sementara itu, kondisi di dalam kompleks Istana Merdeka makin ramai. Para warga, relawan serta panitia dari ucapan syukur terlihat menyemut di setiap sisi halaman, terutama di bagian samping. Namun demikian, penjagaan terasa begitu longgar dan tidak ketat.

Upacara Militer Lepas Sambut ini merupakan yang pertama kalinya dalam sejarah kepresidenan Indonesia.

 

Jokowi-JK hadir di Istana Merdeka untuk mengikuti upacara lepas sambut dengan presiden sebelumnya, setelah Presiden Jokowi dilantik di gedung MPR/DPR Jakarta Senin pagi tadi. Dia akan menjabat untuk periode 2014-2019. Acara ini dihadiri Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono, para menteri Kabinet Indonesia Bersatu II, dan ratusan relawan Jokowi-JK.

Meski Jokowi sempat kelelahan setelah menempuh perjalanan menggunakan andong dari Bundaran Hotel Indonesia ke Istana Negara, namun dia tetap semangat mengikuti prosesi lepas sambut.
 
Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla tiba di Istana Merdeka Jakarta, Senin (20/10/2014) sekitar pukul 14.30 WIB.  Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Ani Yudhoyono tampak menyambut Presiden Joko Widodo dengan ramah dan penuh senyum.di depan halaman Istana Merdeka.  

Kedatangan mereka dimulai dengan paduan suara berbusana tradisional betawi untuk menghibur para undangan di dalam Istana, sementara musik dari marching band anggota TNI dengan seragam merah-putih berbaris dan memainkan alat musik di halaman Istana dan 21 dentuman meriam salvo.

SBY dan Jokowi kemudian bersama-sama menuju tempat upacara. Saat menuruni tangga Istana untuk menuju halaman Istana, SBY nampak menggandeng telapak tangan Presiden Jokowi. SBY menggandeng sepanjang mereka berdua menuruni tangga. Di belakangnya mantan Ibu Negara Ani Yudhoyono, dan Ibu Negara Iriana Jokowi.

Presiden Jokowi Jadi Irup Pertama Kali di Istana, Didampingi SBY


Presiden Joko Widodo (Jokowi) berjalan bersama Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dalam lepas sambut Presiden di Istana Merdeka. Presiden Jokowi berada di sisi kiri SBY saat berjalan bersama di atas karpet merah yang berbentuk segi tiga sama kaki. Jokowi yang berada sekitar 1 langkah di depan SBY berjalan agak cepat. 

Saat sampai di ujung karpet, Jokowi dan SBY memberi hormat dahulu kepada pasukan yang sudah bersiaga sebelum berbelok ke kanan dan meneruskan langkahnya di atas karpet merah untuk melakukan inspeksi pasukan hingga kembali tiba ke podium.

Setelah itu, Jokowi dan SBY naik ke podium di lapangan depan istana. Keduanya memberikan hormat setelah mendengarkan lagu Indonesia Raya. Suasana penuh khidmat. Kemudian keduanya turun dari panggung dan berjalan ke arah pasukan.

Jokowi bersama SBY mengecek pasukan yang berbaris di halaman Istana Merdeka selama kurang lebih lima menit. Tak lama setelah itu, keduanya meninggalkan podium. Upacara pelepasan pun selesai.
 
Pidato SBY, Ucapkan Selamat Datang pada Presiden Jokowi dan Minta Jajaran Kepresidenan Mendukung dan Melayaninya

 
. 
Akrab, ceria dan penuh khidmat. Begitulah suasana lepas sambut antara mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara hari ini, Senin (20/10/2014).

Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam pidato sambutannya, mengucapkan selamat datang kepada Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi. SBY juga berpesan kepada jajaran pegawai di Istana Kepresidenan memberikan dukungan, bantuan dan pelayanan yang sebaik-baiknya kepada Presiden Jokowi dan keluarga. 

"Sebagaimana (pelayanan) kepada yang diberikan kepada saya dan Ibu Ani," kata SBY saat berpidato di samping Presiden Jokowi, Senin (20/10/2014) pukul 14.50 WIB.

Kepada Jokowi dan seluruh rakyat Indonesia, SBY mohon diri dan minta pamit dari kantor Kepresidenan tempat yang selama sepuluh tahun ini menjadi kantornya. "Kami semua mendoakan Bapak (Jokowi) berhasil menjalankan tugas negara dan bangsa dalam lima tahun ke depan," kata SBY.

Menurut SBY pemimpin boleh berganti, datang dan pergi. Namun tujuan mereka tentu sama yakni ingin melakukan yang terbaik bagi bangsa dan negara.

Setalah acara lepas sambut ini, SBY akan kembali ke rumah pribadinya di Cikeas, Bogor, Jawa Barat. SBY telah menjabat sebagai presiden selama dua periode yakni 2004-2009 dan 2009-2014.

Setelah SBY berpidato, giliran Jokowi memberikan sambutan. Mereka didampingi istri masing-masing.

Pidato Pertama di Istana, Jokowi Ucapkan Terima kasih dan Doakan SBY Selalu Sehat dan Berumur Panjang 


Presiden Joko Widodo memberikan sambutan di acara lepas sambut di Istana Negara, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta. Dalam sambutannya Jokowi mengucapkan terima kasih kepada Susilo Bambang Yudhoyono atas pengabdiannnya pada bangsa dan negara selama menjabat sebagai presiden.

"Saya atas nama pribadi dan atas nama seluruh rakyat Indonesia mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas pengabdian Bapak SBY beserta Ibu dan Pak Boediono beserta Ibu dan kabinetnya yang ada," kata Jokowi.

Jokowi juga berterima kasih sudah diajak berkeliling Istana oleh SBY, Minggu (19/10/2014) kemarin. "Saya sudah diantarkan, ditunjukkan dari ruang ke ruang di Istana ini, dari ruang tamu, ruang tidur, ruang meeting kemudian berkeliling di kebun yang kebetulan banyak burungnya merrka berkicau semuanya," ujar mantan Wali Kota Solo ini.

Jokowi juga menyampaikan penghargaan yang tinggi kepada SBY. Jokowi berharap SBY dan keluarga selalu diberi kesehatan.

"Kami mengucapkan selamat kepada Bapak, semoga selalu diberikan barokah, kesehatan dan umur panjang," ucap Jokowi yang langsung disambut kata amin oleh para tamu undangan.

SBY pun menjawab 'amin' dengan tangan terangkat setinggi dada sebagai apresiasi terhadap doa Jokowi.

Usai memberikan pidato sambutan, Jokowi dan SBY masuk ke ruangan untuk beramah tamah.pidato, acara dilanjutkan ramah tamah di istana. Sementara di luar istana, sekitar pukul 15.10 WIB, ratusan warga berkerumun. Mereka ingin menyaksikan 'penghuni baru' istana dan melepaskan SBY dan keluarga kembali menjadi warga biasa.

Mengharukan! Jokowi Lepas SBY Diiringi Lagu 'Pantang Mundur'   

 

Upacara lepas sambut Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Istana Merdeka sudah selesai. Presiden Jokowi lalu mengantar mantan Presiden SBY berjalan keluar gerbang Istana Merdeka. Suasana haru terasa menyengat tatkala lagu Pantang Mundur yang dipopulerkan Titiek Puspa mengiringi momen bersejarah itu.

Dalam momen mengantar itu, Jokowi dan SBY berjalan bersama di atas karpet merah menuju gerbang keluar Istana Merdeka, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta, Senin (20/10/2014) pukul 15.00 WIB. Keduanya didampingi istri masing-masing, Ibu Iriana dan Ibu Ani Yudhoyono.

SBY berjalan melewati menteri KIB jilid II serta pasukan TNI dan Polri yang berjajar di kiri kanan halaman Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Senin (20/10/2014). Mereka berdiri tegap. Sedangkan sejumlah jurnalis foto mengikuti ke mana mereka berjalan.

Beberapa menteri Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II juga tak bisa menahan haru. Salah satunya adalah Roy Suryo yang tampak berkaca-kaca mengantarkan SBY.

Jokowi mengantar hingga 50 meter dari lobi Istana Merdeka. Begitu tiba di gerbang keluar, Jokowi kembali menyalami SBY. Ribuan warga yang sudah menunggu di luar Istana menyaksikan perpisahan kedua pemimpin negara tersebut.

Keluar dari Kompleks Istana, Mata SBY Berkaca-kaca dan Menahan Tangis
 
Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berjalan kaki meninggalkan Istana Merdeka bersama sang istri Kristiani Herawati Yudhoyono. Beberapa langkah terakhir menuju gerbang, SBY tampak menahan tangis haru.

SBY dan Ani Yudhoyono berjalan menembus kerumunan warga. Ani tampak memegang rangkaian bunga dan SBY berjalan di depannya. Paspampres tampak kewalahan mengawal keduanya.

Di gerbang keluar, 10 Paspampres memberikan hormat kepada SBY dan Ani. Lagu "Pantang Mundur" ciptaan Titiek Puspa terus mengiringi langkah keduanya keluar dari Istana.

Suasana siang itu begitu panas terik, ditambah haru. Tepat saat SBY melangkahkan kaki keluar halaman Istana Merdeka, mata dan wajah SBY tampak memerah. Dia juga terlihat menahan tangis dengan menggigit bibirnya.

Warga yang mengerubutinya berteriak-teriak, "Terima kasih Pak SBY! Terima kasih Pak SBY!"

Saat berjalan menuju mobilnya, SBY sempat menyalami warga. Rombongan SBY kemudian berjalan ke arah kiri atau ke arah Gedung MA. Di sana, terdapat paduan suara yang juga menyanyikan lagu-lagu perjuangan. Raut wajah SBY tampak terharu sambil terus berjalan menuju pertigaan Jalan Veteran.

SBY dan Ani lalu menuju mobil Mercy hitam berpelat B 1285 RFT yang terparkir tidak jauh dari depan gerbang keluar. Kemudian SBY dan Ibu Ani pulang ke Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat, dengan naik mobil.

Setelah iring-iringan kendaraan SBY meluncur, Jokowi dan Ibu Iriana kembali berjalan masuk ke dalam Istana. Dia menyalami mantan menteri KIB II sebelum naik tangga Istana dan masuk ke dalam ruang Jepara.

Beberapa relawan Jokowi sudah berada di lingkungan Istana. Karena kapasitas di dalam Istana sudah penuh, para relawan menunggu di luar gedung. Mereka memanfaatkan moment dengan foto-foto. Sementara ribuan masyarakat berkerumun di jalur hijau di depan Istana.

Pelepasan itu terasa mengharukan dan berlangsung khidmat karena lagu Pantang Mundur yang membahana. Ini lirik lagu tersebut :

Kulepas dikau pahlawan
Kurelakan dikau berjuang
Demi keagungan negara
Kanda pergi ke medan jaya

Bila kanda teringat
Ingatlah adik seorang
Jadikan daku semangat
Terus maju pantang mundur

Air mataku berlinang
Karena bahagia
Putra permata lahir sudah
Kupinta nama padamu pahlawan

Sembah sujud ananda
Dirgahayulah kakanda
Jayalah dikau pahlawan
 
Tinggalkan Istana Wapres, Boediono Dilepas JK dengan Lagu 'Sayonara'
 
Sama seperti SBY dan Jokowi, Wakil Presiden ke-6 Boediono juga mengadakan acara lepas sambut di Istana Wapres di Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat. Boediono dilepas Jusuf Kalla dengan diiringi lagu 'Sayonara'.

Pantauan detikcom di depan halaman Istana Wapres, Senin (20/10/2014) pukul 16.10 WIB, Boediono terlihat keluar Istana bersama istri Herawati Boediono. Keduanya diantar oleh Wapres Jusuf Kalla dan istri Mufidah Kalla. Mereka tampak mengobrol santai.

Wajah Boediono yang mengenakan kemeja putih itu tampak tenang, tak ada raut sedih di wajahnya. Dia berjalan sambil menyalami JK dan melambaikan tangan kepada para staf Istana Wapres. Boediono lantas masuk ke dalam mobil Toyota hitam B 2287 EF bersama istri.

Mobil lalu melaju meninggalkan Istana Wapres dengan diiringi lantunan lagu Sayonara yang terus mengalun. Sementara JK dan istri saat ini masih berada di tempat yang menjadi kantornya saat menjabat sebagai wapres SBY pada 2004-2009.

Sayonara, sayonara, sampai berjumpa pula....Selamat bertugas Pak Joko Widodo dan Terima Kasih Pak SBY....Salam kebajikan

Tidak ada komentar:
Write komentar