|
Welcome To My Website Kebajikan (De 德)......KEBAJIKAN ( De 德 ) Mengucapkan Xin Nian Kuai Le (新年快乐) 2571 / 2020...Xīnnián kuàilè, zhù nǐ jiànkāng chángshòu, zhù nǐ hǎo yùn..Mohon Maaf Blog ini masih dalam perbaikan....Dalam era kebebasan informasi sekarang, hendaknya kita dapat lebih bijak memilah, mencerna dan memilih informasi yang akurat. Kami menempatkan kepentingan pembaca sebagai prioritas utama. Semangat kami adalah memberikan kontribusi bagi pembaca agar dapat meningkatkan Etika dan Moral dalam kehidupan serta meningkatkan Cinta kasih tanpa pamrih pada sesama baik dalam lingkup lingkungan sekitar maupun lingkup dunia dan menyajikan keberagaman pandangan kehidupan demi meningkatkan pemahaman dan penghargaan terhadap kehidupan. Tanpa dukungan Anda kami bukan siapa-siapa, Terima Kasih atas kunjungan Anda

Selasa, 16 Desember 2014

Duo Ting Shao Shuo (多听少说) Banyak Mendengar Sedikit Bicara

 


KEBAJIKAN ( De 德 ) -  Wang Xi (王羲) adalah seorang seniman kaligrafi terkenal yang hidup pada jaman dinasti Jin (晋朝). Beliau memiliki 3 orang putra, si sulung bernama Wang Hui (王徽), putra kedua bernama Wang Cao (王操), si bungsu bernama Wang Xian (王献). 

Pada sebuah kesempatan, mereka bertiga bersama-sama berkunjung ke tempat sang perdana menteri Xie An (谢安). Wang Hui dan Wang Cao selalu bercakap-cakap dengan Xie An, membicarakan gosip hangat yang terjadi. Sedangkan Wang Xian sedikit berbicara, hanya sesekali menimpali pembicaraan. 

Setelah mereka bertiga pamit pulang, salah seorang tamu yang masih tinggak bertanya kepada sang perdana menteri, ”Diantara mereka bertiga, siapa yang paling menonjol?”
 
Xie An menjawab, ”Si bungsu, Wang Xian adalah orang yang paling hebat.”
 
”Mengapa bisa demikian?”tanya sang tamu.
 
”Seseorang yang bijaksana dan cakap sedikit bicara,”jelas Xie An.

“Banyak berbicara di tempat umum dan banyak orang untuk menunjukkan kemampuan diri agar tidak diremehkan orang lain adalah cara yang bodoh. Terus berbicara tanpa memberikan kesempatan kepada orang lain untuk berkomentar mengakibatkan diri sendiri tidak bisa mengalami kemajuan. 

Di samping itu banyak bicara, mudah menimbulkan gosip, berkata salah dan melukai hati orang lain. Pepatah mandarin mengatakan, "Nong qiao cheng zhuo, huo cong kou chu mau sok (弄巧成拙,祸从口出)," yang artinya, Pintar tapi yang nampak justru kebodohannya, celaka datangnya dari ucapan yang salah, berselisih paham dengan orang lain menyebabkan diri sendiri rugi," lanjut Xie An.

一言为重,千言无用, 言重则信重,信重则有大用
Yi yan wei zhong, qian yan wu yong, Yan zhong ze xin zhong, xin zhong ze you da yong
 
Sepatah kata yang tepat lebih berbobot daripada kata-kata bualan. Tutur kata yang berbobot adalah modal untuk mendapatkan kepercayaan. Kepercayaan sangat diperlukan untuk melakukan banyak hal. Salam kebajikan (Xie Zheng Ming)

Tidak ada komentar:
Write komentar