|
Welcome To My Website Kebajikan (De 德)..Selamat Hari Raya Idul Fitri 1439 H....Dalam era kebebasan informasi sekarang, hendaknya kita dapat lebih bijak memilah, mencerna dan memilih informasi yang akurat. Kami menempatkan kepentingan pembaca sebagai prioritas utama. Semangat kami adalah memberikan kontribusi bagi pembaca agar dapat meningkatkan Etika dan Moral dalam kehidupan serta meningkatkan Cinta kasih tanpa pamrih pada sesama baik dalam lingkup lingkungan sekitar maupun lingkup dunia dan menyajikan keberagaman pandangan kehidupan demi meningkatkan pemahaman dan penghargaan terhadap kehidupan. Tanpa dukungan Anda kami bukan siapa-siapa, Terima Kasih atas kunjungan Anda
Home » » Tentang Anak dan Remaja Berbakat

Tentang Anak dan Remaja Berbakat

Written By Kebajikan ( De 德 ) on Sabtu, 01 Oktober 2016 | 12.42


KEBAJIKAN ( De 德 )Jika anak Anda memiliki berbakat, ia akan memiliki kecakapan alami yang luar biasa dibandingkan dengan rekan sebayanya. Jika anak Anda memiliki bakat alam yang tinggi, ia akan mencapai tingkat yang tinggi dalam beberapa bidang (pengetahuan). Kejeniusan dan bakat istimewa akan membawa sukacita dan tantangan kepada orang tua dan Anak-anak.

Tentang anak berbakat

Kemampuan alami dari anak berbakat jauh lebih tinggi dari rata-rata anak seusianya. Bakat alaminya mungkin dari sisi kecerdasan, kreativitas interaksi sosial atau dari aspek fisik. Jika anak Anda memiliki bakat, mungkin Anda akan memerhatikan bagaimana cara ia belajar dan mengembangkan bakatnya dibanding dengan Anak-anak lain seusianya.

Anak-anak bisa memiliki satu atau lebih bakat alaminya. Misalnya, mereka mungkin lebih dominan dalam hal kreativitas dan intelektual.

Bakat anak-anak dapat dimanifestasikan pada tingkat yang berbeda. Anak-anak dengan bakat alami yang tinggi mungkin jauh lebih banyak belajar dari anak-anak berbakat menengah.

Meskipun semua anak-anak itu sangat istimewa, namun, ada bakat anak-anak yang memang sudah dimilikinya sejak lahir.

Jika anak Anda yang berbakat itu jauh lebih menonjol di sisi intelektual, hal ini mungkin dapat memengaruhi perkembangan perilaku, sosial dan emosionalnya. Anak Anda mungkin jauh lebih sensitif dibandingkan dengan anak-anak lain seusianya, punya emosi (perasaan) yang lebih kuat. Sebagai contoh, ketika seekor serangga mati, anak berbakat yang lebih belia mungkin akan merasa gelisah. Sementara anak yang lebih besar (usia) mungkin akan khawatir tidak akan harmonis bergaul dengan temannya jika ia menunjukkan bakatnya.

“Jenius” adalah kata yang sering Anda dengar. Istilah lainnya adalah “Children of High Intellectual Potential”-CHIP. Beberapa orang tua dari anak-anak berbakat mungkin akan menyebutnya sebagai anak yang berbakat atau anak yang potensial ber-IQ tinggi, sementara ada juga orang tua yang memilih untuk tidak menggunakan istilah-istilah ini.

Jenius : Apa kandungan maknanya ?

Jika anak Anda adalah seorang jenius, ia memiliki tingkat yang sangat tinggi dalam satu atau lebih dari satu bidang, seperti belajar akademik, kepemimpinan, teknologi, seni, permainan, olahraga. Anak Anda mencapai tingkat yang tinggi karena ia menggunakan bakatnya untuk belajar dan berlatih.

Biasanya sejak usia enam tahun, Anda akan melihat bakat anak. Kadang-kadang jenius akan terlihat pada anak-anak yang lebih besar (usia) dan remaja.

Ketika mereka mengembangkan dan membina bakatnya, akan membuat mereka menjadi jenius. Misalnya, jika anak Anda memiliki bakat musik, coba Anda berikan kesempatan untuk belajar alat musik, niscaya dia akan mengembangkan ketrampilannya bermain musik.

Tidak hanya mata pelajaran dan latihan yang bisa sepenuhnya memperlihatkan bakat anak. Banyak hal lain yang juga memberi sebagian kecil pengaruhnya. Pengaruh kecil ini termasuk lingkungan keluarga, tempat penitipan kanak-kanak, taman kanak-kanak atau sekolah, selain itu kepribadian dan antusiasme anak itu sendiri, kondisi kesehatan atau bahkan peluang juga berpengaruh, meski kecil sekalipun.

Apa saja tanda-tanda seorang anak mungkin memiliki bakat

Perkembangan lebih awal dibanding teman seusianya adalah salah satu tanda si anak mungkin berbakat. Biasanya mungkin Anda akan menyadari apakah perkembangan anak Anda itu jauh lebih awal dari Anak-anak lain seusianya. Sebagai contoh, anak-anak yang berbakat mengajar diri sendiri untuk membaca, misalnya, dimulai sejak usia tiga tahun.

Tanda lainnya adalah, si anak mungkin lebih suka ngobrol dengan anak yang lebih senior atau orang dewasa. Misalnya, anak usia empat tahun mungkin lebih suka ngobrol dengan bocah usia 6 tahun, bukan dengan anak seusianya.

Pola belajar anak yang berbakat tidak sama dengan anak-anak lain. Misalnya, anak yang berbakat acapkali :

1. Mampu berkonsentrasi sepenuhnya, fokus pada pekerjaan.
2. Memiliki rasa ingin tahu yang kuat dan mengajukan pertanyaan yang tajam (sulit dijawab).
3. Cepat dan tanggap dalam mempelajari sesuatu.
4. Memiliki memori atau daya ingat yang sangat baik.
5. Sangat imajinatif dan kreatif.

Sanak saudara, teman-teman, guru atau anggota masyarakat lainnya mungkin akan memberikan komentar terhadap kemampuan anak Anda.

Ketika anak-anak dan remaja yang berbakat mulai menuju ke target baru, mungkin akan memperlihatkan kejeniusan mereka. Misalnya, anak Anda mungkin mulai belajar kimia dan ide-ide baru ketika di bangku SMP, jauh lebih cepat daripada siswa lain. Atau ketika si anak memenangkan lomba, mungkin Anda akan melihat bakatnya. Misalnya, ia mungkin terpilih untuk berpartisipasi dalam kejuaraan renang nasional atau berpartisipasi dalam kompetisi matematika nasional dan mendapatkan penghargaan.

Anda paling memahami anak Anda. Jika Anda pikir anak Anda mungkin memiliki bakat atau anak Anda telah diidentifikasi sebagai anak jenius, Anda bisa menghubungi asosiasi setempat yang membina anak-anak berbakat. Salam kebajikan (Sumber)
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011 - 2018. Kebajikan (De 德) - All Rights Reserved
Template Created by Kebajikan (De 德) Published by Kebajikan ( De 德 )
Proudly powered by Blogger