|
Welcome To My Website Kebajikan (De 德)......KEBAJIKAN ( De 德 ) Mengucapkan Xin Nian Kuai Le (新年快乐) 2571 / 2020...Xīnnián kuàilè, zhù nǐ jiànkāng chángshòu, zhù nǐ hǎo yùn..Mohon Maaf Blog ini masih dalam perbaikan....Dalam era kebebasan informasi sekarang, hendaknya kita dapat lebih bijak memilah, mencerna dan memilih informasi yang akurat. Kami menempatkan kepentingan pembaca sebagai prioritas utama. Semangat kami adalah memberikan kontribusi bagi pembaca agar dapat meningkatkan Etika dan Moral dalam kehidupan serta meningkatkan Cinta kasih tanpa pamrih pada sesama baik dalam lingkup lingkungan sekitar maupun lingkup dunia dan menyajikan keberagaman pandangan kehidupan demi meningkatkan pemahaman dan penghargaan terhadap kehidupan. Tanpa dukungan Anda kami bukan siapa-siapa, Terima Kasih atas kunjungan Anda

Minggu, 04 Februari 2018

Memasuki Pintu Tahun Anjing Tanah (戊戌) 2569 / 2018

 


KEBAJIKAN ( De 德 ) -  Seluruh orang Tionghoa di dunia akan meninggalkan Tahun Ayam Api 2568 untuk memasuki pintu Tahun Anjing Tanah 2569 dalam penanggalan Tionghoa yang akan dimulai dari tanggal 04 Februari 2018 dan berakhir pada tanggal 04 Februari 2019 

Memasuki pintu Tahun Anjing 2569 ini, tentunya banyak harapan yang digantungkan oleh masyarakat Tionghoa pada Tahun ini. Walaupun kita sebagai manusia belum tau peristiwa apa yang kita akan lalui. Kita ibaratnya berada dalam suatu ruangan yang gelap gulita. Kita tidak tau apa yang akan terjadi, apakah sesuatu hal menyenangkan atau menyedihkan dalam kehidupan tahun yang akan kita lalui nanti

Dalam kebudayaan Tionghoa, keseimbangan Yin Yang sangat penting, karena mempengaruhi segala aspek kehidupan, termasuk kesehatan, kesuksesan, rumah tangga dan keturunan. Maka tidak heran jika kata “Hao” ( 好 ) yang artinya “Baik” sebenarnya terdiri dari gabungan dua huruf yaitu ” 女 ” (anak perempuan) dan ” 子 ” (anak laki). 

Yin Yang dilambangkan dengan lingkaran yang terbagi dalam dua bagian hitam dan putih dimana pada bagian hitam ada titik putih dan bagian putih ada titik hitam. Kedua titik itu menggambarkan ketidaksempurnaan. Manusia bisa mencapai harmoni, tetapi tidak bisa sempurna, karena kesempurnaan adalah milik Tuhan.

Sebagai salah satu dari enam hewan piaraan, anjing adalah anjing peliharaan paling awal yang memiliki sejarah panjang 7000 tahun. Di antara 12 hewan zodiak, anjing menikmati reputasi tinggi di Tiongkok yang tercermin jelas dalam budaya tradisional Tiongkok. Anjing mengandalkan pendengarannya yang baik dan memiliki indra penciuman yang tajam, sehingga Anjing termasuk hewan peliharaan yang paling dekat dengan manusia karena kesetiaannya yang teguh kepada manusia. 

Oleh karena itu Anjing memiliki banyak makna budaya simbolis dari perspektif cerita rakyat Tionghoa. Dalam budaya tradisional Tionghoa, Anjing melambangkan Enam hal di Tiongkok yaitu. 

1. Melambangkan keberuntungan

Anjing dianggap sebagai hewan yang beruntung oleh orang Tionghoa. Pemilik rumah akan sangat senang jika bisa mengadopsi seekor anjing liar yang tiba-tiba masuk ke rumahnya, karena hal ini menunjukkan bahwa keberuntungan akan datang.
 
Jika Anjing itu selalu menempel bersama tuannya, maka hal ini memberi peringatan kepada tuannya jika ada sesuatu yang buruk (seperti pencuri yang tersembunyi di rumah) yang akan terjadi. Anjing suka menggonggong karena suatu alasan; oleh karena itu, orang-orang kuno mampu memprediksi nasib baik atau buruk menurut suara gonggongan anjing yang berbeda-beda.

2. Warna Anjing dan Peruntungan
 
Anjing ada yang berwarna kuning, merah, putih, hitam, coklat atau memiliki kombinasi dua warna atau lebih. Menurut perspektif orang Tionghoa kuno, warna anjing yang berbeda menandakan kualitas yang berbeda.

Diyakini bahwa anjing warna hitam dengan alis kuning sangat ideal untuk menjaga rumah, karena anjing hitam akan membawa keberuntungan dalam keuangan, sementara anjing dengan keledai putih dan belakang akan membawa bencana.

Anjing poodle secara luas dianggap beruntung, karena akan membawa keberuntungan besar bagi tuannya. Anjing berwarna kuning dengan alis ringan dianggap beruntung, sementara jika alisnya gelap maka dianggap sial.
 
Anjing berwarna hitam dan putih, memiliki makna budaya simbolik yang berbeda. Hal ini umumnya dipercaya bahwa anjing putih dengan kepala hitam membawa keberuntungan ke tuannya, dan anjing putih dengan ekor hitam akan membawa kehormatan kepada tuannya.
 
Anjing dengan telinga putih sangat dipercaya dapat membawa kekayaan bagi tuannya, dan Anjing dengan satu kaki depan putih akan membawa tuannya banyak anak. Anjing kuning dengan ekor putih akan menjaga tuannya dari kekhawatiran tentang makanan dan pakaian.
 
3. Anjing dan Teori Yin-Yang

Selain menunjukkan nasib baik atau buruk, Anjing juga berperan dalam mengusir bencana sesuai dengan kepercayaan orang Tionghoa kuno.
 
Anjing memiliki esensi dari Yang (satu setengah dari dua polaritas simbolis dalam filsafat Tionghoa, dengan Yin sebagai rekannya) sesuai dengan Teori Yin-Yang. Energi Yang akan berkembang jika Anjing berada di arah timur, karena hal itu berarti akan memberi makan segala sesuatu yang ada di bumi.
 
4. Anjing dan Teori Lima Elemen

Menurut Teori Lima Elemen Teori (Emas, Kayu, Air, Api, dan Bumi) Anjing menandakan hubungan generasi dan batasan, yang terus berubah dan bergerak. Anjing berkenaan dengan unsur Emas dan menangkal unsur Kayu, yang juga sesuai dengan arah barat dan melawan arah timur; oleh karena itu, secara luas dipertimbangkan oleh orang-orang Tionghoa kuno sehingga membunuh anjing pada musim semi akan membuat segalanya tumbuh.
 
Di zaman kuno, anjing digunakan sebagai persembahan kurban. Li Shizhen, ilmuwan medis terkenal dari Dinasti Ming (1368-1644), menulis dalam karyanya An Outline Treatise of Medical Herbs: "Dipercaya oleh astrolog bahwa Anjing dapat mengusir semua roh jahat, oleh karena itu, telah menjadi kebiasaan untuk mencat darah anjing putih di gerbang sejak zaman kuno, dan anjing-anjing dengan sangat menyedihkan harus menjadi korban manusia sebagai pengorbanan yang paling umum karena efek magis mereka."

5. Anjing dan Astrologi Tionghoa Tradisional

Anjing adalah pasangan yang baik untuk manusia, sementara Tengou (Anjing Surgawi, nama binatang buas dalam mitos) adalah setan yang ditakutkan orang.
 
Peramal biasanya memberi daftar lengkap hal-hal yang harus dihindari bagi mereka yang memilih hari keberuntungan mereka untuk menikah, termasuk tidak pernah menyinggung Tengou. Ada hal lain yang harus dihindari yang juga terkait dengan Tengou.
 
Dikatakan bahwa Tengou dapat membuat wanita tidak subur, meskipun akan memiliki nasib buruk jika bertemu dengan Zhang Xian. Zhang Xian adalah seorang pria tampan legendaris yang memegang sebuah katap dan pelet di tangannya, yang melihat ke atas dan membidik Tengou.
 
Akibatnya, wanita tidak subur sering memberikan pengorbanan kepada Zhang Xian untuk mendapatkan keturunan. Mereka juga percaya bahwa Tengoucan menelan bulan, menghasilkan gerhana bulan. Saat gerhana bulan terjadi, gong dipukul untuk menjaga agar Tengou tidak menelan bulan. Dikatakan bahwa Tengou akan meninggalkan bulan karena takut akan suara nyaring, sehingga bulan menjadi penuh lagi.
 
6. Anjing dan Mitos Tradisional Tionghoa

Tidak hanya manusia yang memelihara anjing, tapi keabadian di surga juga membesarkan mereka sesuai dengan mitos tradisional Tionghoa. Legenda mengatakan bahwa Yang Jian (dewa Er Lang yang legendaris) memelihara anjing yang didewakan (disebut Anjing Langit), dan selalu mengikuti Yang Jian untuk membantunya dalam mengusir setan dan monster.
 
Arti budaya simbolik dan legenda Anjing adalah kristalisasi kebijaksanaan kolektif orang-orang kuno. Mereka merupakan kombinasi dari unsur-unsur alam dan unsur mitos, dan tidak disarankan untuk menyangkal atau menerima sepenuhnya. Adalah bijaksana untuk memahami sikap orang terhadap Anjing yang penuh misterius ini.

Kepribadian Anjing

Bagi orang yang lahir di tahun anjing, mereka selalu terkesan dengan kejujuran, loyalitas, ketekunan, dan karakter tegak. Orang seperti itu memiliki banyak kualitas bagus yang paling dihargai oleh teman mereka, seperti rasa integritas dan fair, penolong dan setia. Orang-orang yang shio anjing cenderung menawan dan populer karena gaya mereka yang mudah dan bersahaja.  

Mereka memiliki perasaan yang paling mendalam dan sinis dalam banyak kasus. Apalagi saat seseorang mengalami ketidakadilan, orang-orang yang berada di bawah tanda shio anjing akan selalu siap mengulurkan tangan dan membantu orang-orang yang membutuhkannya. Dalam arti lain, orang shio anjing bisa Anda andalkan dan mereka tidak akan mengecewakan Anda.

Anjing setia dan jujur, ramah dan baik hati, berhati-hati dan bijaksana. Karena memiliki rasa kesetiaan dan ketulusan yang kuat, Anjing akan melakukan segalanya untuk orang yang menurut mereka paling penting.

Karena Anjing tidak pandai berkomunikasi, sehingga sulit bagi mereka untuk menyampaikan pemikiran mereka kepada orang lain. Oleh karena itu, Anjing cenderung menimbulkan kesan bagi orang lain bahwa mereka memiliki kepribadian yang keras kepala.

1. Terlahir dengan sifat baik 

Anjing tidak cenderung menjadi penjahat atau mencari keuntungan yang tidak jujur. Mereka hanya membutuhkan kehidupan yang tenang dan keluarga yang baik dan, oleh karena itu mereka melupakan keburukan dan kejahatan di Bumi.
 
2. Anjing selalu siap untuk membantu orang lain 

Anjing tidak peduli dengan kepentingan mereka sendiri, tapi jika mereka merasa dikhianati oleh orang-orang licik maka akan membuat mereka merasa kecewa dan terluka.
 
3. Saat diliputi keraguan 

Anjing akan mengira bahwa dunia itu jahat dan rumit. Kemudian mereka mengkritik tajam saat memberi komentar tentang sesuatu, dan menyimpulkan semua hal sesuai sudut pandang pesimis mereka.
 
Mereka lebih suka menderita kerugian daripada membuat masalah bagi orang lain, dan tidak pernah melawan hati mereka untuk melakukan hal yang tidak bermoral.
 
4. Saat membuat teman dekat 

Anjing akan meluangkan waktu untuk mendapatkan pengetahuan menyeluruh tentang teman mereka, karena sifatnya konservatif dan hati-hati. Begitu mereka menjadi teman dekat, Anjing akan setia menjaga hubungan.
 
5. Dalam hubungan cinta 

Anjing tidak akan mudah jatuh cinta pada seseorang. Tapi begitu mereka jatuh cinta pada seseorang, mereka akan memiliki kesetiaan yang besar untuk menjaga hubungan cinta dan setia kepada kekasihnya. Namun, emosi mereka mengalami pasang surut dalam menghadapi hubungan cinta.

Karakteristik Pria Shio Anjing 

  • Kepribadian anjing sangat sederhana, bersahaja. Mereka suka membela diri dari ketidakadilan dan memberikan dukungan terhadap keadilan. Seorang pria yang lahir di tahun anjing akan aktif dan mudah mendapatkan bantuan lawan jenis. Dia mungkin terlihat bergairah, namun dia cenderung sentimental dalam hatinya.
  • Pria yang lahir di tahun anjing ini memiliki rasa benar dan salah serta memiliki toleransi terhadap ambiguitas. Jika menurutnya dia benar, dia tidak akan berkompromi, jadi dia mungkin terlihat serius di mata orang lain.
  • Bintang anjing anjing bersinar: Setiap hari saat dia mulai bekerja, dia akan ingat untuk menelepon keluarganya dan memberi tahu keluarganya apakah dia akan pulang untuk makan malam. Dan itu kebiasaan yang biasa dia lakukan.
  • Anjing pria kaget buat kamu: Manusia yang bershio anjing memiliki kemampuan kerja dan kemampuan manajemen yang baik. Anda bisa memintanya untuk memberi saran, atau memintanya untuk memberi Anda tumpangan di perusahaannya. Menjadi istrinya akan menjadi kebahagiaan besar, dia tidak akan membiarkan Anda mengalami kehidupan yang sulit sedikit pun.
  • Jika Anda jatuh cinta padanya secara tidak sengaja, ingatlah bahwa nilai keluarganya sangat berarti dan sebaiknya Anda bersikap ramah terhadap keluarganya. Setelah dia menunjukkan sikapnya, Anda mungkin ingin mengumumkan hubungan Anda dengan orang-orang di sekitar Anda.

Karakteristik Wanita Shio Anjing

  • Seorang wanita yang lahir di tahun anjing sangat waspada dan tidak mempercayai siapapun dengan mudah. Begitu Anda mendapatkan kepercayaannya, dia akan memperlakukan Anda sebagai teman sejati. Jika Anda menemukan masalah yang sulit atau seseorang menyinggung perasaan Anda, maka teman wanita Anda yang berada dalam shio anjing akan membantu Anda tanpa ragu-ragu.
  • Wanita yang lahir di tahun anjing selalu melakukan yang terbaik dalam pekerjaannya. dan dia akan melakukan yang terbaik jika dia berpikir itu sangat berharga.
  • Wanita yang termasuk dalam tahun anjing akan menganggap praktik itu penting, sehingga akan membuat perbedaan yang jelas antara benar dan salah serta cinta dan kebencian. Tidak ada ambiguitas untuk wanita anjing, dia akan acuh tak acuh terhadap orang-orang yang tidak dia minati.
  • Seorang wanita shio anjing akan hangat dan cantik dengan pemikiran yang independen. Dia tidak mengejar mode, tapi memiliki selera unik tersendiri untuk seni, yang membuat wajah ekspresif anjing lebih hidup. Wanita yang lahir di tahun anjing itu emosional saat marah, tapi sebagian besar waktu mereka perhatian, kooperatif dan blak-blakan.
  • Gadis-gadis anjing antusias untuk kegiatan di luar ruangan dan suka mendekati alam. Seorang gadis anjing adalah teman baik bagi suami dan anak-anaknya. Dia bisa menjadi pendengar yang baik.
Memasuki Pintu Tahun Anjing 2569 ini, tentu saja kita berharap semoga di sepanjang tahun ini hidup kita jauh lebih baik, lebih sukses, lebih damai dan lebih menyenangkan. Kita tidak berharap ada duka, ada kegagalan, kesedihan dan air mata. 

Oleh sebab itu, selain berdoa dengan mendekatkan diri dengan Tuhan, maka dalam menjalani hidup ini kita harus berhati-hati, banyak beramal dan berbuat kebajikan. Hindari sifat-sifat yang merugikan sesama atau sifat-sifat yang bertentangan agar harapan dan cita-cita kita bisa tercapai.

Marilah kita songsong kehadiran Tahun Anjing tanah 2569 / 2018 ini dengan harapan agar dapat menggapai sukses dan harmoni dalam keseimbangan antara kerja keras dan kesehatan jiwa raga.  

"Tahun baru 2569 Anjing tanah tiba membawa harapan baru.
Menghempaskan kesal dan jengkel di Tahun Ayam, 
Nasib berubah menjadi baik.
Bila mengerti hakekat Tahun Baru,
Selamat dan keberuntungan mudah diperoleh.”  Salam kebajikan

Tidak ada komentar:
Write komentar